Minggu, 08 Januari 2012

CIRI-CIRI SEKOLAH UNGGUL

CIRI-CIRI SEKOLAH UNGGUL

Oleh:
Adi Saputra, M.Pd

            Beberapa bulan ke depan orang tua akan disibukkan dengan mencari sekolah untuk anak tercintanya. Maka seharusnya lah orang tua mencari sekolah yang baik demi masa depan anak-anaknya. Saat ini banyak sekolah yang menyatakan mereka adalah sekolah-sekolah yang baik (unggul), namun jangan sampai orang tua tertipu dengan publikasi mereka. Sekolah yang baik atau unggul seharusnya mengutamakan proses pembelajaran dari pada hasil belajar.
Saat ini banyak sekolah unggul atau sekolah yang diunggul-unggulkan. Sekolah unggul memang unggul dalam prosesnya tanpa melihat hasil dulu, hasil merupakan produk iringan dari proses. Kalau proses baik seharusnyalah hasil juga baik. Sedangkan sekolah yang diunggul-unggulkan hanya melihat hasil tanpa memikirkan proses. Sekolah ini melakukan berbagai cara agar kelihatannya bagus atau dengan istilah lain melakukan pencitraan. Disamping itu juga dari ciri-ciri sekolah unggul yang dihasil dari berbagai penelitian menunjukkan tidak ada secara jelas menunjukkan harus dengan sarana yang serba wah dan dengan dana yang besar. Jadi sekarang sekolah Anda termasuk yang mana? Atau bagi orang tua apakah ciri-ciri sekolah unggul itu? Agar lebih mudah melakukan penilaian maka dapat Anda lihat pada  rangkuman ciri-ciri sekolah unggul berikut yang berasal dari berbagai penelitian para ahli seperti di bawah ini:
1.    Staf profesional yang berkomitmen dan mempunyai keyakinan bahwa semua siswa bisa    belajar. Waktu yang dibutuhkan oleh siswa untuk mempelajari materi yang sama mungkin sangat bervariasi tergantung pada potensi yang dimiliki siswa tersebut.
2.     Para guru memiliki harapan tinggi terhadap siswa mereka. Guru juga percaya dalam upaya     mereka untuk membuat perbedaan dalam kehidupan para siswanya.
3.   Siswa percaya bahwa kesuksesan mereka di sekolah terkait dengan berapa keras mereka berusaha dan bukan kepada hanya kemampuan bawaan.
4.      Fungsi utama sebagai pemimpin sekolah adalah mensosialisasikan visi dan misi sekolah serta mengispirasi semua staf untuk bergerak menuju tujuan tersebut.
5.        Lingkungan sekolah yang aman dan tertib.
6.        Melanjutkan program pengembangan profesional dengan memberikan motivasi dan fasilitas.
7.       Tegas, konsisten dan jelas dalam menegakkan aturan. Perilaku mengganggu dan berbahaya tidak ditolerir. Aturan dan harapan secara jelas dikomunikasikan kepada semua komponen yang ada di sekolah.
8.     Iklim kerjasama terlihat di antara staf. Mereka bekerja sebagai sebuah tim. Kerjasama menjadi bagian dari budaya sekolah. Hubungan yang saling mendukung ada di antara pimpinan dengan staf.
9.      Siswa bersekolah dengan menunjukkan semangat tingkat tinggi. Mereka mengenali dengan baik sekolah mereka dan merasa nyaman berada di sekolah.
10.    Efektivitas pembelajaran dijaga. Gangguan dalam kegiatan pembelajaran diminimalkan.
11.    Orang tua merasa diterima di sekolah. Masyarakat mendukung progam sekolah.
12.    Kemajuan siswa secara sistematis dipantau.
13.    Dihimbau agar staf memberikan masukan dalam mengambil suatu keputusan.
14.    Sikap siswa terhadap penyelesaian tugas tinggi.
15.    Penekanan pada pengembangan keterampilan dasar akademik siswa.
16.    Penekanan pada kontinuitas pembelajaran dari satu kelas ke kelas berikutnya.


.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar