Minggu, 14 April 2024

Bagaimana Cara Menggunakan Papan Pilihan (Choice Boards) di Kelas Berdiferensiasi?

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang berdasarkan kepada preferensi siswa baik kesiapan belajar, minat, dan profil belajarnya. Maka guru harus kreatif untuk memilih metode atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan preferensi siswa tersebut. Pada tahap awal penerapan pembelajaran berdiferensiasi pasti membuat guru menjadi bingung dan stress apalagi dengan jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas. Maka papan pilihan (Choice Boards) baik berupa papan Tic-Tac-Toe dan papan menu dapat dijadikan strategi alternatif dalam pembelajaran berdiferensiasi. Tulisan di bawah ini memaparkan secara ringkas dengan papan pilihan termasuk dengan cara membuat dan contohnya dalam beberapa kelompok mata pelajaran.

Apa itu Papan Pilihan?

Papan pilihan adalah pengatur grafis yang terdiri dari jumlah kotak yang berbeda-beda. Setiap kotak adalah sebuah aktivitas. Kegiatan ini membantu siswa mempelajari atau mempraktikkan konsep utama, sekaligus memberi mereka pilihan. Siswa dapat diinstruksikan untuk memilih satu atau lebih kegiatan ini untuk diselesaikan. Mereka dapat berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya baik secara terorganisir atau acak.

Papan dan menu pilihan menawarkan kepada siswa menu tugas atau proyek pembelajaran yang dapat mereka pilih berdasarkan minat dan preferensi pembelajaran mereka. Ini seperti memberi mereka kesempatan untuk merancang jalur pembelajaran mereka sendiri.

Papan Pilihan meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa di kelas sambil menggunakan pembelajaran berdiferensiasi untuk mendorong aktivitas dalam pembelajaran.

Mengapa menggunakan Papan Pilihan di Kelas?

Yang terbaik adalah memberi siswa banyak kesempatan untuk berlatih dan menguasai konsep-konsep yang diajarkan di kelas. Namun, menyusun kegiatan-kegiatan tersebut bukanlah tugas yang mudah, karena guru perlu mempertimbangkan perlunya pengajaran yang berbeda dan gaya belajar yang bervariasi; sambil memastikan bahwa itu menarik dan menantang bagi siswa. Penggunaan Papan Pilihan adalah strategi yang dapat membantu menyederhanakan perencanaan pembelajaran dan memenuhi kebutuhan pembelajaran. Mudah dan sederhana untuk dirancang dan diterapkan di kelas dan dapat membantu mendorong pembelajaran, serta merangsang motivasi dan keterlibatan siswa.

Di sini kita akan mempelajari lebih lanjut tentang Papan Pilihan dan bagaimana papan tersebut dapat digunakan untuk membedakan pengajaran.

Papan pilihan adalah pengatur grafis yang memungkinkan siswa memilih cara berbeda untuk mempelajari konsep tertentu. Papan pilihan disusun dalam kotak, umumnya dengan 9 kotak. Anda dapat memasukkan lebih banyak atau lebih sedikit aktivitas, tetapi menurut saya 9 adalah angka yang bagus.

Selain itu, Anda dapat meminta siswa menyelesaikan item dari papan pilihan dengan cara tertentu, seperti memilih tiga pilihan berturut-turut, atau Anda dapat membiarkan siswa memilih secara acak. Tingkat kesulitan kegiatan dapat berbeda-beda atau tetap.

Papan pilihan adalah pengatur grafis yang memungkinkan siswa Anda bergerak sesuai kecepatan mereka sendiri dan memiliki pilihan atas apa yang mereka pelajari dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten. Siswa mampu memilih aktivitas mana yang paling nyaman untuk diselesaikan terlebih dahulu, menguasai aktivitas tersebut, dan kemudian dapat berpindah ke aktivitas lain di papan pilihan. Papan pilihan dapat menggunakan beberapa format berbeda, namun semua papan pilihan difokuskan pada kebutuhan belajar, minat, dan keterampilan khusus siswa. Papan pilihan dapat dengan mudah diadaptasi di semua tingkatan kelas dan bidang konten. Strategi papan pilihan dapat digunakan untuk menyajikan informasi baru kepada siswa Anda, agar siswa Anda berlatih dan menguasai konten akademik, untuk menilai penguasaan siswa, atau sebagai kombinasi ketiganya. Papan pilihan meningkatkan kepemilikan siswa dan memberi Anda peluang untuk membedakan dan mendukung siswa pada tingkat pembelajaran masing-masing.

Apa Manfaat menggunakan Papan Pilihan?

Papan Pilihan memberi siswa kemampuan untuk memilih “bagaimana” mempelajari mata pelajaran atau konsep tertentu. Kebebasan ini mendorong mereka untuk lebih bertanggung jawab, akuntabel, dan mandiri dalam pembelajarannya. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk mengerjakan aktivitas sesuai kecepatan mereka sendiri. Papan ini berguna bagi guru karena memungkinkan mereka mengidentifikasi dan menggunakan minat dan preferensi siswa untuk merangsang pembelajaran aktif dan keterlibatan siswa.

Papan pilihan adalah kumpulan kegiatan yang dapat dipilih siswa untuk memperoleh pengetahuan isi yang sama, dengan memanfaatkan keterampilan yang berbeda. Ini dapat ditugaskan untuk satu periode kelas, atau untuk beberapa periode kelas. Misalnya, jika mencoba mengajarkan proses bagaimana sebuah RUU menjadi undang-undang, siswa dapat memilih untuk membaca artikel, menonton video, atau mengikuti simulasi yang Anda adakan dalam kelompok kecil. Dari sana, siswa kemudian dapat membuktikan bahwa mereka telah mempelajari konten tersebut dengan menulis ringkasan terperinci, membuat ilustrasi atau infografis, atau membuat pertunjukan untuk mendemonstrasikan prosesnya. Tentu saja, siswa dengan minat yang berbeda akan tertarik pada aktivitas yang berbeda, dan setiap siswa akan sangat senang jika mereka dapat menggunakan keterampilan yang mereka inginkan, atau setidaknya, dapat mengatakan bahwa mereka memilih aktivitasnya.

Saat membuat papan pilihan Anda sendiri, ada dua tipe yang perlu dipertimbangkan: tic-tac-toe dan menu.

Apa Jenis Papan Pilihan?

Papan pilihan tipe menu sangat cocok untuk siswa yang level atas. Dengan papan pilihan semacam ini, siswa diberikan beberapa bagian di mana mereka memilih satu aktivitas dalam setiap bagian, sama seperti Anda memesan dari menu satu hidangan pembuka, satu hidangan utama, dan satu hidangan penutup.

Papan pilihan tipe tic-tac-toe sangat bagus untuk siswa level bawah, tetapi juga dapat digunakan di tingkat kelas mana pun. Premisnya sederhana. Buat papan berukuran 3×3 dengan aktivitas berbeda di setiap ruang. Seorang siswa akan memilih tiga kegiatan berturut-turut untuk diselesaikan.

Bagimana Merancang Papan Pilihan?

Sebelum menerapkan papan pilihan, penting bagi Anda untuk merencanakan implementasi secara strategis dengan menyelesaikan hal berikut:

1. Identifikasi tujuan pembelajaran atau hasil pembelajaran untuk papan pilihan Anda. Kompetensi apa yang Anda ingin siswa praktikkan atau kuasai?

2. Tentukan jenis papan pilihan yang akan Anda gunakan (Contoh: 3x3, menu, Tic-Tac-Toe, campuran (aktivitas kertas dan pensil dan digital), Digital, dll.)

3. Tentukan modifikasi apa yang mungkin diperlukan siswa agar berhasil dengan papan pilihan. 

4. Buat sejumlah tugas berbeda yang sesuai berdasarkan kesiapan siswa, gaya belajar, minat, jenis kecerdasan, dan kebutuhan pengajaran. 

5. Susun tugas pada templat papan pilihan berdasarkan penggunaan Anda. Lihat contoh templat di bagian sumber daya di bawah untuk kecerdasan ganda.

Tips Membuat Papan Pilihan

  • Setiap papan pilihan harus disatukan berdasarkan mata pelajaran, konsep atau standar pembelajaran.
  • Variasikan jenis kegiatan di papan tulis untuk mencakup semua gaya belajar. Ada yang mungkin menggunakan teknologi, ada yang menggambar, ada pula yang mempresentasikan sesuatu secara lisan.
  • Mayoritas kegiatan harus dapat diselesaikan secara individu. (Ingat semua siswa akan mengerjakan aktivitas yang berbeda pada waktu yang sama sehingga Anda sebagai guru tidak akan dapat membantu semua orang sekaligus). 
  • Jika Anda ingin siswa menyelesaikan beberapa aktivitas di papan pilihan, suruh mereka menyelesaikan tiga aktivitas berturut-turut seperti dalam permainan BINGO.
  • Anda dapat menggunakan papan pilihan sebagai pembelajaran di rumah, kegiatan untuk menyelesaikan dengan cepat, kerja pagi, atau bahkan sebagai pusat pembelajaran. 

Bagaimana Mempraktekkan Papan Pilihan?

Sekarang setelah Anda membuat papan pilihan, sekarang saatnya menerapkannya bersama siswa.  

1. Memperkenalkan papan pilihan kepada siswa. 

o   Penting untuk memberikan contoh bagaimana melengkapi papan pilihan dengan siswa dan harapan untuk terlibat dengan papan pilihan.

o   Pastikan untuk berbagi dengan siswa cara mengakses papan pilihan dan materi yang diperlukan untuk kegiatan papan pilihan.

2. Mintalah siswa menyelesaikan sejumlah tugas yang ditentukan dari papan pilihan. 

3. Saat siswa mengerjakan aktivitas papan pilihan mereka, gunakan waktu untuk berdiskusi secara individu dengan siswa mengenai kemajuan mereka, pertanyaan, poin penting, dll.

4. Opsional : Pertimbangkan untuk memberikan rubrik kepada siswa untuk menilai pekerjaan mereka.

Refleksikan dan Sempurnakan

Setelah Anda mulai menerapkan papan pilihan, pertimbangkan hal berikut:

  • Apa yang berjalan baik? Apa yang menantang?
  • Apakah siswa mencapai tujuan? Mengapa atau mengapa tidak?
  • Perulangan apa yang harus dilakukan pada papan pilihan?
  • Apa tanggapan dari siswa Anda? Bagaimana Anda bisa memasukkan masukan mereka ke dalam iterasi berikutnya?
  • Cara tambahan apa yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan papan pilihan? (Pekerjaan rumah, ulasan, dll.)
  • Bagaimana Anda dapat menggunakan berbagai jenis papan pilihan untuk membuat siswa tetap terlibat?

Setelah melakukan refleksi, tentukan perubahan apa pun dan ulangi lagi langkah-langkah perencanaan dan implementasi.

Contoh Papan Pilihan

Mata Pelajaran IPA

Siswa memilih aktivitas dari Papan Tic-Tac-Toe  itu total 10 poin.

 ·       Membuat mengingat dan memahami kegiatan bernilai 2 poin

 ·       Melakukan kegiatan penerapan dan analisis bernilai 5 poin.

 ·       Melakukan kegiatan evaluasi dan penciptaan bernilai 8 poin.


Pembelajaran Bahasa 1

Pembelajaran Bahasa 2

Papan Pilihan Tugas Proyek atau Kinerja

Tidak semua siswa mengekspresikan atau mengkomunikasikan pembelajaran mereka secara efektif dengan cara yang sama. Memberi siswa papan pilihan proyek atau tugas kinerja memungkinkan mereka memilih proyek atau tugas yang ingin mereka kerjakan untuk mendemonstrasikan pembelajaran mereka. Pilihan ini dapat menghasilkan tingkat penyelesaian yang lebih tinggi dan produk jadi yang lebih kuat.

Sumber:

https://k12teacherstaffdevelopment.com/tlb/how-to-use-choice-boards-in-the-classroom/

https://visionaryteaching.com/choice-boards-a-powerful-way-to-engage-assess-your-students/

https://theartofeducation.edu/2012/07/how-to-use-choice-boards-to-differentiate-learning/

https://teaching.betterlesson.com/strategy/55/choice-boards?from=home_feed_lesson_capsule

https://www.kodable.com/learn/choice-board-examples-for-remote-learning

0 comments:

Posting Komentar