Jumat, 13 Mei 2016

KATA-KATA BIJAK UNTUK AFIRMASI DALAM KELAS


Oleh : Adi Saputra, M.Pd

Kelas merupakan tempat pembelajaran atau proses belajar mengajar dan sebagian besar waktu peserta didik berada di sini. Mulai dari pagi sampai pulang sekolah dengan rata-rata 6 - 7 jam dalam satu hari. Jadi memang selayaknya lah kelas harus didesain senyaman dan sebaik mungkin yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kelas sebaiknya juga
di tempeli dengan karya peserta didik, foto pahlawan, lambang negara, dan asesoris lainnya. Namun tidak kalah penting juga perlu ditambahkan juga dengan kata-kata motivasi atau berupa kata-kata afirmasi.
Afirmasi diri adalah pernyataan positif atau kalimat yang ditujukan untuk diri sendiri yang bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar untuk membantu peserta didik mengembangkan persepsi yang lebih positif terhadap dirinya sendiri. Adanya sebuah afirmasi bisa membantu peserta didik mengubah perilaku yang merugikan atau untuk mencapai suatu tujuan, dan afirmasi juga bisa memulihkan luka yang disebabkan oleh kalimat-kalimat negatif yang berulang-ulang kita katakan kepada diri sendiri sebagai seorang peserta didik (atau dikatakan berulang-ulang oleh orang lain kepada mereka) sehingga membentuk persepsi diri yang negatif.Di bawah ini terdapat beberapa kata-kata afirmasi yang penulis peroleh dari beberapa sumber dan kata-kata afirmasi ini bisa ditempel di dinding kelas. Mudah-mudahan bermanfaat.

Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia
 – Nelson Mandela

Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini
Malcolm X

"Bila Anda tidak mempunyai visi akan seperti bagaimana masa depan Anda, maka masa depan Anda tersebut terancam menjadi sekedar pengulangan dari semua yang terjadi di masa lalu Anda."
-A. R. Bernard

Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup
Martimer Adler

"Aku mungkin tidak tahu kunci sukses itu apa, tetapi aku tahu dengan pasti bahwa kunci kegagalan itu adalah mencoba menyenangkan semua orang (Ini tidak mungkin bisa Anda lakukan)."
-Bill Cosby-

Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun
 Abigail Adams