Minggu, 10 Oktober 2021

Pembelajaran Hybrid dengan Menggunakan Aplikasi Google Workspace for Education untuk Memaksimalkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Pembelajaran tatap muka terbatas saat ini sedang berlangsung. Masing-masing sekolah melaksanakannya dengan berbagai macam strategi dan metode sesuai dengan fasilitas sekolah dan kemampuan guru. Ada pembelajarannya secara bergantian ke sekolah sesuai dengan tingkat kelasnya, ada juga dibuat dengan sistem sift, dan sebagainya.

Namun banyak sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas ini dengan membagi dua siswa pada satu kelas dan setengah belajar tatap muka di sekolah dan setengah lagi berada di rumah. Siswa yang ada di sekolah langsung berinteraksi dengan guru sedangkan siswa di rumah hanya diberi tugas tanpa ada interaksi langusung dengan guru dengan temannya yang berada di sekolah.Kalau strategi ini dilakukan akan berdampak pada kesenjangan pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka untuk menghindari hal tersebut kami memberikan solusi dengan strategi pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi google. Strategi tersebut seperti di bawah ini:

         Siswa di sekolah dan siswa di rumah bersama-sama mendapat pengarahan guru secara virtual melaui aplikasi google meet (10 menit)

         Siswa di sekolah dan siswa di rumah melalui aplikasi akun belajar.id melalui google workspace for education (Google doc, Google gambar, Google my map, Google slide, dll) secara berkolaborasi menyelesaikan tugas sesuai arahan guru (40 menit)

         Siswa di sekolah dan siswa di rumah kembali secara virtual untuk menjelaskan tugas yang sudah dikerjakan secara bersama (20 menit)

Untuk memanfaatkan aplikasi ini maka siswa sebaiknya menggunakan akun belajar.id Kemdikbudristek atau akun Google Workspace for Education. Maka guru mengirimkan dokumen yang bisa berupa google doc, google slide, google drawing, dan lainnya melalui Drive akun guru. Kalau bahan tersebut belum ada dalam Drive maka terlebih dahulu masukkan ke dalam Drive, baru selanjutkan kirim ke akun siswa atau dengan cara memberikan tautannya melalui WA Group.

Baca juga Apa itu pembelajaran hybrid DISINI

Contoh tugas kolaboratif yang akan dikerjakan siswa dapat seperti di bawah ini.

Template 1

Download DISINI
Template ini berupa googel doc dan melalui template ini siswa bisa bekerjasama mengisinya baik siswa yang disekolah maupun siswa yang berada di rumah secara bersamaan.
Template 2

Download DISINI
Template ini merupakan template google doc yang berupa peta konsep dan siswa yang berada di sekolah dan di rumah bisa bersama-sama mengisi peta konsep ini sesuai kelompoknya ataupun secara pribadi. Maka pada akhir sesi nanti siswa bisa diminta untuk mempresentasikan atau menjelaskan peta konsep yang sudah mereka buat.

Template 2

Download DISINI
Template ini berupa google doc dan cocok untuk mata pelajaran bahasa untuk membuat pemetaan suatu cerita.

Jadi dengan menggunakan aplikasi Google Workspace for Education ini diharapakan dapat mengurangi kesenjangan pembelajaran antara siswa di sekolah dan yang ada di rumah atapun mengurangi Learning Loss. Untuk dokumen penugasan yang akan diberikan bisa berbagai bentuk aplikasi google termasuk Jamboard,Googel my Map, Sites, dan lainnya sesuai dengan kreatifitas guru yang mengajar. Namun ini memang membutuhkan sarana internet terutama untuk siswa di sekolah.

0 comments:

Posting Komentar