Sabtu, 17 Maret 2018

Gambar dan Video untuk Sosialisasi Gerakan Literasi di Sekolah



Literasi tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi sarana siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi juga terkait dengan kehidupan siswa, baik di rumah maupun di lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. Literasi pada awalnya dimaknai 'keberaksaraan' dan selanjutnya dimaknai 'melek' atau 'keterpahaman'. Pada langkah awal, “melek baca dan tulis" ditekankan karena kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam berbagai hal.
Komunitas sekolah akan terus berproses untuk menjadi individu ataupun sekolah yang literat. Untuk itu, implementasi GLS pun merupakan sebuah proses agar siswa menjadi literat, warga sekolah menjadi literat, yang akhirnya literat menjadi kultur atau budaya yang dimiliki individu atau sekolah tersebut. Saat ini kegiatan di sekolah ditengarai belum optimal mengembangkan kemampuan literasi warga sekolah khususnya guru dan siswa.
Hal ini disebabkan antara lain oleh minimnya pemahaman warga sekolah terhadap pentingnya kemampuan literasi dalam kehidupan mereka serta minimnya penggunaan buku-buku di sekolah selain buku-teks pelajaran. Kegiatan membaca di sekolah masih terbatas pada pembacaan buku teks pelajaran dan belum melibatkan jenis bacaan lain.
Gambar dan Video di bawah ini dapat dijadikan bahan untuk menjelaskan atau mensosialisasikan Gerakan Literasi Sekolah.
Gambar
Gambar 1. Empat Cara Membaca
Gambar 2. Kelas Kaya Literasi
Gambar 3. Memilih Buku Bacaan yang Baik


Gambar 4. Mengembangkan Sudut Baca di Sekolah
Gambar 5. Pelibatan Orang Tua dalam GLS
Gambar 6. Pelibatan Publik dalam GLS
Gambar 7. Pengembangan Perpustakaan Sekolah
Gambar 8. Program 15 Menit Membaca
Gambar 9. Proposal untuk Kegiatan

Video
Video 1. Meningkatkan Literasi Siswa

Video 2. Lima Belas Menit Membaca

Video 3. Media Sosial dan Internet di Indonesia

Video 4. Sudut Baca

Video 5. Literasi Abad Ke-21



Tidak ada komentar:

Posting Komentar