Minggu, 26 April 2015

Contoh Instrumen Penelitian Tindakan Kelas


 Oleh
Adi Saputra, M.Pd

Instrumen yang digunakan pada penelitian tindakan kelas tergantung kepada jenis data yang akan dikumpulkan, yakni instrumen kuantitatif dan instrumen kualitatif. Alat kuantitatif dapat berupa soal tes yang diberikan pada setiap akhir siklus dan kuis atau tugas yang diberikan pada setiap pertemuan. Sedangkan alat kualitatif secara garis besar terdiri dari observasi dan wawancara. Namun kedua alat ini dapat dibantu alat-alat pendukung seperti angket dan jurnal harian.
a.         Tes Inventori
Tes inventori bertujuan untuk menemukan kecerdasan dominan yang dimiliki oleh siswa di dalam kelas yang akan diteliti.
b.        Tes Hasil Belajar
Tes menggunakan soal bentuk pilihan ganda (multiple choice). Fungsi tes adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, sebagai umpan balik  terhadap kesulitan belajar siswa dan untuk menaikkan ketuntasan  hasil belajar siswa.
c.         Lembar Observasi
Observasi dapat dilakukan dengan observasi langsung dengan menggunakan lembar observasi dan dapat juga dengan menggunakan alat perekam. Lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktifitas siswa. Data diambil pada setiap pertemuan sehingga diperoleh gambaran tentang aktivitas siswa selama pembelajaran.
Lembar observasi dapat juga dilengkapi dengan catatan lapangan. Catatan lapangan ini merupakan catatan observasi dengan menggambarkan secara umum yang tidak terangkum dalam lembar obeservasi. Catatan ini juga dapat berisi kelemahan dan kelebihan, kendala-kendala, dan saran perbaikan selama proses pembelajaran berlangsung.
d.        Lembar Angket
Angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Lembar angket  dalam bentuk skala Likert yang terdiri dari delapan butir pertanyaan dengan 4 (empat) pilihan yang akan dipilih siswa.
e.         Panduan Wawancara
Panduan wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat atau sikap siswa tentang pembelajaran.

Link Download :CONTOH_INSTRUMEN_PTK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar