Minggu, 19 September 2021

9 Ide Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa STEM. Ada Banyak Cara Siswa STEM Dapat Mengeksplorasi Minat Mereka Di Luar Kelas


STEM adalah gerakan yang berkembang dalam pendidikan, tidak hanya di Amerika Serikat tetapi di seluruh dunia. Program pembelajaran berbasis STEM dimaksudkan untuk meningkatkan minat siswa dalam mengejar pendidikan tinggi dan karir di bidang-bidang tersebut. Pendidikan STEM biasanya menggunakan model pembelajaran campuran (Blended) baru yang menggabungkan pengajaran kelas tradisional dengan pembelajaran online dan aktivitas pembelajaran langsung. Model pembelajaran campuran (Blended) ini bertujuan memberi siswa kesempatan untuk mengalami cara belajar yang berbeda dan pemecahan masalah. Selain sebagai materi untuk kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler, STEM juga bisa dilaksanakan sebagai ekstrakurikuler.

Kegiatan ekstrakurikuler adalah cara yang bagus bagi siswa untuk mengeksplorasi minat mereka, mengembangkan spesialisasi, dan akhirnya menonjol ketika tiba saatnya untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Untuk siswa STEM, menemukan inisiatif ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat mereka terkadang sulit, tetapi sebenarnya ada banyak peluang di luar sana yang memungkinkan siswa STEM untuk terlibat dan membuat dampak.

Sekolah menengah atau perguruan tinggi ingin melihat siswa mengeksplorasi minat mereka di luar kelas, dan kegiatan ekstrakurikuler adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Baik itu berpartisipasi dalam klub sekolah, bergabung dengan organisasi di luar sekolah, atau hanya membuat aktivitas Anda sendiri, terlibat dalam klub dan aktivitas yang berhubungan dengan minat Anda dapat membantu peluang penerimaan perguruan tinggi Anda.

Berikut adalah sembilan ide kegiatan ekstrakurikuler untuk dieksplorasi oleh siswa STEM!

Bersaing di Kompetisi Lokal/Nasional

Ada sejumlah kompetisi yang berfokus pada STEM yang dapat dipersiapkan dan diikuti oleh siswa sebagai cara untuk mengeksplorasi minat mereka dengan lebih baik dan menunjukkan spesialisasi mereka kepada petugas penerimaan perguruan tinggi. Kompetisi matematika, seperti kontes lokal dan nasional, atau kompetisi yang lebih berfokus pada sains, seperti Kompetisi Sains atau Pameran Sains dan Teknik Internasional Intel, adalah cara yang bagus bagi siswa untuk terus mengejar minat akademis mereka di luar kelas.

Menjadi Relawan Mentor

Salah satu cara terbaik untuk terus belajar tentang subjek/mata pelajaran yang Anda sukai adalah dengan benar-benar mengajarkannya kepada orang lain! Menjadi mentor bagi siswa yang lebih muda, baik itu melalui organisasi seperti Klub Putra dan Putri setempat, melalui organisasi keagamaan, melalui sekolah Anda, atau program lain, dapat memungkinkan Anda untuk membuat dampak sambil menyampaikan pengetahuan Anda kepada orang lain. Relawan untuk membantu liga robotika sekolah menengah, menawarkan untuk mengajar siswa yang lebih muda yang berjuang dengan matematika, atau mendaftar untuk menjadi konselor di lomba sains lokal. Temukan cara untuk membuat dampak!

Bergabunglah dengan Tim Robotika

Sains, matematika, teknologi, dan teknik semuanya bersinggungan dalam robotika. Jika sekolah Anda memiliki tim robotika – bergabunglah! Jika tidak, lihat apakah Anda dapat menemukan liga robotika lokal untuk siswa sekolah menengah dan bergabung dengan tim yang ada atau membentuk tim Anda sendiri dengan teman dan teman sekelas Anda.

Dari semua kegiatan dalam daftar ini, yang tampaknya meledak dalam pertumbuhan terutama dalam 10 tahun terakhir adalah tim robotika. Dan kenapa tidak? Mari kita pikirkan beberapa alasannya:

Suku cadang untuk robot cukup murah untuk digunakan dalam kegiatan sekolah.

Pengetahuan tentang cara membuat dan memprogram robot-robot tersebut kini dapat dengan mudah dibagikan di internet.

Jujur saja, membuat robot itu keren. Tak heran jika anak-anak berbondong-bondong mengikuti kegiatan ini.

Seperti banyak aktivitas dalam daftar ini, keindahan Robotika adalah sebagai aktivitas terapan; Anda mendapatkan pelatihan interdisipliner. Ada komponen teknik dan komponen pemrograman untuk desain robot.

Bangun Situs Web atau Aplikasi/Klub Coding

Ada begitu banyak sumber belajar di luar sana untuk membantu siswa mempelajari cara membuat kode, seperti Google Workspace (Google Site, Google Apps Script), Treehouse atau Codecademy. Ini adalah cara yang bagus untuk tidak hanya mengasah keterampilan pengkodean Anda, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu mendukung inisiatif ekstrakurikuler lainnya, seperti membuat situs web untuk liga robotika Anda atau mengembangkan aplikasi untuk membantu mengajari siswa yang lebih muda dengan lebih baik.

Klub coding adalah cara yang bagus untuk terus mengembangkan keterampilan tersebut di lingkungan yang menyenangkan. Anak-anak sekolah dasar yang terlambat dapat melihat Code Club World. Jika untuk siswa perempuan pada usia yang tepat, hal lain yang perlu diperhatikan adalah Girls Who Code, yang dirancang untuk memberikan lingkungan yang mendukung bagi anak perempuan untuk belajar bersama.

Klub Coding

Apakah anak Anda ingin melakukan beberapa pengkodean di luar apa yang ditawarkan di kelas? Mungkin mereka ingin berpartisipasi dalam masalah desain kode dunia nyata atau kode dengan teman-teman mereka. Klub coding adalah cara yang bagus untuk terus mengembangkan keterampilan tersebut di lingkungan yang menyenangkan. Anak-anak sekolah dasar yang terlambat dapat melihat Code Club World, dengan lebih dari 1000 klub di seluruh Amerika Serikat. Jika Anda memiliki anak perempuan pada usia yang tepat, hal lain yang perlu diperhatikan adalah Girls Who Code, yang dirancang untuk memberikan lingkungan yang mendukung bagi anak perempuan untuk belajar bersama.

4-H

Apa itu? Anda pikir 4-H adalah peninggalan tahun 1950-an, aktivitas sekarat yang terbatas pada proyek berbasis pertanian kota kecil? Pikirkan lagi. Sementara 4-H tidak meninggalkan akar itu, ia telah memperluas basisnya dalam beberapa cara. Untuk satu, 4-H sekarang mempromosikan dirinya sendiri sebanyak aktivitas STEM sebagai pertanian dan dalam laporan tahunan terbaru mereka, di tingkat nasional jumlah proyek berbasis STEM 4-H'ers berpartisipasi dalam pertanian benar-benar melampaui hampir 2-1. Faktanya, beberapa klub sekarang mengkhususkan diri secara khusus di STEM, membantu anggota mereka dalam proyek robotika, peroketan, ilmu komputer, dan teknik listrik. 4-H juga telah melakukan diversifikasi dari waktu ke waktu untuk menarik demografi yang lebih luas, jadi terlepas dari apakah Anda tinggal di negara, kota, atau pinggiran kota, kemungkinan ada klub di dekat Anda.

Tim Matematika

Sebagai waktu yang lama, mantan pelatih tim matematika, saya benar-benar dapat berbicara tentang manfaat kegiatan ini selama berjam-jam. Tim matematika mengambil mata pelajaran akademis yang sering kali tidak dianggap keren dan menempatkannya di tempat di mana anak-anak yang berprestasi matematis terbaik dilihat dari sudut pandang yang benar-benar positif. Ini juga merupakan kesempatan bagi anak-anak untuk berlatih dengan sangat keras, masalah matematika yang sangat menyenangkan bersama-sama yang belum tentu mereka kerjakan di kelas.

Mangkuk Skolastik

Kompetisi ini memiliki banyak nama: Scholastic Bowl, Quiz Bowl, Academic Decathalon. Format mereka berbeda menurut badan pengatur dan kelompok usia, tetapi mereka mengandung beberapa elemen umum: tim kecil siswa dari sekolah diberikan satu set bel dan diminta untuk menjawab pertanyaan oleh sekelompok moderator sebelum saingan mereka. Meskipun kompetisi ini menggunakan berbagai pertanyaan, bukan hanya STEM, kompetisi ini hampir selalu menampilkan subset pertanyaan matematika dan sains yang sehat. Ini adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler saya di sekolah menengah, dan saya selalu bisa merasakan adrenalin mulai terpacu saat saya menggenggam pensil lebih erat ketika moderator memulai pertanyaan dengan, “Kategorinya adalah matematika.”

Buat Sendiri!

Ide kegiatan ekstrakurikuler tidak ada habisnya, dan siswa memiliki kemampuan untuk membuat sendiri! Jika Anda tertarik dengan biologi dan ingin memulai klub biologi di sekolah Anda – lakukanlah! Jika ada kompetisi sains lokal yang biasanya tidak diikuti oleh sekolah Anda, lihat apakah Anda dapat berpartisipasi sendiri. Bentuk klub robotik Anda sendiri, atau cari guru yang dapat membantu Anda dan teman sekelas lainnya mendirikan klub fisika. Jangan takut untuk membuat kegiatan Anda sendiri jika klub STEM kurang di sekolah Anda.

Menemukan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat Anda tidak harus sulit. Dengan beberapa penelitian dan kreativitas, Anda dapat berpartisipasi dalam, atau bahkan membuat, kegiatan yang akan membantu Anda menonjol ketika tiba saatnya untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Apa ide kegiatan ekstrakurikuler lain yang Anda miliki untuk siswa yang tertarik dengan STEM?

Sumber :

https://www.ivywise.com/blog/5-extracurricular-activity-ideas-for-stem-students/

https://www.techpoweredmath.com/best-stem-extracurricular-activities/


0 comments:

Posting Komentar