Kamis, 26 Maret 2020

Contoh RPP Inspirasi Merdeka Belajar dari Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB


Tulisan ini dibuat dalam rangka salah satu cara untuk Bapak/Ibu guru dalam mengisi kegiatan bekerja di rumah selama antisipasi pencegahan penularan Covid-19. Namun sebagai catatan di awal, RPP ini hanya RPP inspirasi yang bisa dijadikan salah satu contoh untuk dikembangkan lagi sesuai karakteristik satuan pendidikan masing-masing.
Seperti yang kita ketahui bersama Pusat Kurikulum dan Pembelajaran merespons keluhan dari pendidik yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP. Beban banyak dan berat, apakah ini dialami oleh semua pendidik?

Orang yang dapat menjawab ialah pendidik itu sendiri karena pendidiklah yang mengalaminya. Pendidik merasa bahwa RPP saat ini terlalu banyak karena banyak komponen yang harus ada sehingga jumlah halamannya banyak. Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama  tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian. Tujuan pembelajaran disarikan dari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran.


Kegiatan pembelajaran ini perlu menjadi perhatian dan jangan beranggapan RPP 1 lembar maka kegiatan pembelajarannya menjadi lebih sederhana. Guru perlu memperhatikan pendekatan pembelajaran berpusat kepada peserta didik. Sehingga pada akhirnya nanti peserta didik kita mempunyai kompetensi untuk hidup di masyarakat yang semakin kompleks. Misalnya untuk kompetensi berpikir kritis, kreativitas dan inovasi, bekerjasama, dan komunikasi tetap perlu dikembangkan di dalam pembelajaran.

Selain kompetensi di atas guru juga perlu mengembangkan budaya literasi dan pembinaan karakter di dalam pembelajarannya. Karena semua aktivitas ini akan terpantau ketika satuan pendidikan sudah melaksanakan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM). Maka akan terlihatlah sekolah atau satuan pendidikan yang sudah baik dalam pembelajarannya dengan menghasilkan out come yang kompeten.

Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD.  Penyusunan RPP inspiratif ini tidak sekadar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman. Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlahnya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar-mengajar (KBM). Jika RPP inspiratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamannya, pendidik perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik. Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada lagi pendidik yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalam administrasi.
RPP ini disusun dari PAUD sampai Pendidikan Dasar dan Menengah, dan SLB. Tidak semua mata pelajaran yang disusun, tetapi ada beberapa yang mewakili dari satuan pendidikan.

Catatan :
Jangan jadikan contoh RPP Inspirasi ini sebagai patokan utama, bapak/ibu guru perlu berinovasi untuk mengembangkannya menjadi lebih baik. Karena RPP yang baik adalah RPP yang bisa dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing!

Contoh RPP Inspirasi PAUD

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3


Contoh RPP Inspirasi  SD

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3


Contoh RPP Inspirasi SMP

Contoh 1


Contoh 2

Contoh 3

Contoh 4


 Contoh RPP Inspirasi SMA

Contoh 1


Contoh 2

Contoh 3

Contoh 4

Contoh 5



Contoh RPP Inspirasi SMK

Contoh 1



Contoh 2

Contoh 3


Contoh RPP Inspirasi SLB

 Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3




0 comments:

Posting Komentar