Sabtu, 19 Agustus 2017

Contoh RPP Revisi Mengintegrasikan Keterampilan Abad 21, Literasi, PPK, dan HOTS

Hasil survey lembaga internasional terhadap hasil proses pendidikan di Indonesia. Mulai hasil PISA (Programme for International Student Assessment) yang mencakup membaca, matematika, dan sains, kemampuan membaca Indonesia pada PISA 2009 berada pada peringkat ke-57 dengan skor 396 (skor rata-rata OECD 493), PISA 2012 peringkatnya menurun, yaitu berada di urutan ke-64 dengan skor 396 (skor rata-rata OECD 496). PISA 2015, Indonesia berada di peringkat ke-64 dari 72 negara Kebiasaan membaca masyarakat Indonesia: hanya satu dari 1.000 orang yang membaca.
Berdasarkan data di atas maka perlu ada perubahan dalam pembelajaran di sekolah kita. Maka untuk itu di dalam Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu diintegrasikan keterampilan abad 21 atau 4C (Critical Thinking and Problem Solving Skill, Communication Skills, Creativity and Innovation, dan Collaboration); literasi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Contoh RPP di bawah ini bisa dijadikan sebagai rujukan, namun masih banyak kekurangannya. sehingga Bapak/Ibu guru para pendidik perlu untuk memperbaikinya lagi. Bisa kita berprinsip ATM (Ambil Tiru dan Modifikasi), jangan lupa untuk memodifikasinya sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan masing-masing termasuk karakteristik peserta didiknya. Sejatinya RPP setiap kelas pun seharusnya berbeda, karena karakteristik peserta didiknya berbeda. Untuk men-download cukup dengan meng-klik judul masing-masing mata pelajaran. Mudah-mudahan bermanfaat.

10. Fisika
11. Biologi
12. Kimia
15. Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar