Jumat, 22 Maret 2013

TIP DAN TRIK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS TIK



 A.     Pengertian

1.    Bahan Ajar Berbasis TIK
Bahan Ajar Berbasis TIK adalah bahan ajar yang disusun dan dikembangkan dengan menggunakan alat bantu TIK untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Penggunaan bahan ajar berbasis TIK dalam kegiatan pembelajaran memungkinkan peserta didik dapat mempelajari suatu kompetensi dasar (KD) secara runtut, sistematis, interaktif dan inovatif sehingga diharapkan semua kompetensi tercapai secara utuh dan terpadu.(Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK ©2010 DirektoratPembinaan SMA)

2.    Bahan Ajar Mandiri
Bahan ajar mandiri berbasis TIK adalah bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran mandiri berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompentensi dasar tertentu, yang dikembangkan dengan menggunakan software aplikasi dan atau bahasa pemrograman (Said Suhi Achmad;2009)
Dengan demikian, bahan ajar mandiri berbasis TIK dibuat oleh pendidik untuk dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Bahan ajar tersebut menjelaskan sesuatu secara lengkap disertai dengan contoh dan ilustrasi sehingga berkembang menjadi sesuatu yang menarik dan dapat memotivasi peserta didik untuk belajar.


B.     Karakteristik Bahan Ajar berbasis TIK
Bahan Ajar Mandiri Berbasis TIK memiliki karakteristik
a.   berisi penjelasan konsep yang komprehensif;
b.   dilengkapi dengan gambar animasi dan atau film;
c.    berisi simulasi yang dapat membantu penguatan pemahaman konsep;
d.   dilengkapi bahan uji yang dapat mengukur ketercapaian kompetensi yang telah dipelajari peserta didik.
Sesuai dengan arah pengembangan bahan ajar mandiri berbasis TIK yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMA melalui website PSB-SMA, maka penyusunan bahan ajar mandiri berbasis TIK harus memenuhi kaidah-kaidah yang telah ditetapkan, baik pada tahap perencanaan, persiapan, penyusunan, penilaian atau validasi dan pengiriman bahan ajar berbasis TIK.



C.     Komponen Bahan Ajar

Agar bahan ajar yang disusun memiliki tingkat keterpakaian yang tinggi dan memberikan pemahaman yang benar mengenai konsep yang di ajarkan, maka bahan ajar yang disusun harus memenuhi kaidah-kaidah pada komponen berikut:


1.   Subtansi Materi 
a.    Kebenaran         
bahan ajar yang disajikan tidak menyimpang dari kebenaran ilmu
b.    Kedalaman        
bahan ajar yang disajikan sesuai dengan kedalaman materi pada SK-KD
c.    Kekinian  
Bahan ajar yang disajikan sesuai dengan perkembangan ilmu terkini
d.    Keterbacaan
bahan ajar yang disajikan menggunakan tata bahasa yang baku dan dapat dimengerti

2.   DesainPembelajaran
a.    Judul       : sesuai dengan materi
b.    SK           : sesuai dengan SI
c.    KD                     : sesuai dengan SI
d.    Indikator : penanda pencapaian kompetensi peserta didik  atau peserta didik
e.    Materi      : sesuai dengan SK – KD
f.     Latihan    : sesuai dengan indikator pencapaian
g.    UjiKomp.  : sesuai dengan indikator pencapaian
h.    Penyusun : identitas penyusun
i.     Referensi : mencantumkan daftar rujukan

3.   Tampilan (komunikasi visual)
a.    Navigasi   : kemudahan akses antar slide
b.    Tipografi : proporsional antara besar huruf dan ruang slide
c.    Media       : gambar, suara, video sesuai dengan materi yang disajikan
d.    Warna      : harmonisasi warna
e.    Animasi    : animasi sesuai dengan peruntukan
f.     Layout      : desain tampilan bahan ajar

4.   Pemanfaatan Software : interaktif, software pendukung, keaslian
a.    Interaktif                    : Umpan balik dari sistem ke pengguna
b.    Software pendukung      : penggunaan software pendukung selain software utama
  pembuatan bahan ajar
c.    Keaslian                      : keaslian karya bahan ajar

D.     Tahap-tahap Pengembangan Bahan Ajar Mandiri Berbasis TIK

Penyusunan bahan ajar mandiri berbasis TIK dikembangkan melalui tahapan sebagai berikut :
a.    Analisis Standar Isi (SK-KD)
b.    Analisis Kebutuhan Materi dan Konten Digital;
c.    Desain Pembelajaran yang dikembangkan dalam bahan ajar
d.    Desain Bahan Ajar yang dikembangkan melalui story board
e.    Penyusunan Bahan Ajar


1.  Analisis SK-KD
Analisis SK-KD untuk menentukan jenis bahan ajar mandiri yang akan dikembangkan dapat menggunakan format sebagai berikut:

Kelas
SK
KD
THP
Indikator
Pencapaian
Materi
Pokok
Karakteristik
Materi
Konten Digital yang diperlukan

















2.  Analisis kebutuhan materi
Analisis kebutuhan Materi dikembangkan dari hasil analisis SK-KD dan konten digital yang dibutuhkan.Dari hasil ini, kemudian dibuat peta konsep untuk melihat keterhubungan antar konsep dalam materi.Penyusunan peta konsep sangat penting, terutama dalam perencanaan navigasi dan urutan materi dalam navigasi pada bahan ajar yang akan disusun. Dari hasil ini diperoleh macam-macam konten digital yang diperlukan sesuai dengan kedalaman Materi yang dibutuhkan pada peta konsep



1.  Disain Pembelajaran
Sebelum dituangkan dalam bentuk bahan ajar, maka penentuan disain pembelajaran sangat diperlukan. Disain pembelajaran yang dimaksud disini adalah model interaktivitas apa yang akan dikembangkan dalam bahan ajar, jenis umpan balik apa yang diharapkan serta tindak lanjut yang akan dikembangkan kemudian.


2.  Disain Bahan Ajar
Disain bahan ajar dikembangkan melalui penyusunan storyboard.Pengembangan storyboard sangat diperlukan, sebelum menyusun storyboard, perlu diidentifikasi komponen-komponen yang harus tersedia dalam bahan ajar. Komponen itu meliputi :

a.    Judul identitas penyusun
Pada umumnya judul dan identitas terletak pada halaman muka(beranda). Hal ini penting diperhatikan agar memudahkan pemakai dalam memilih bahan ajar yang akan digunakan.
b.    Tujuan Pembelajaran
Topik harus diinformaskan dalam bahan ajar yang disusun karena sebagaia cuan bagi pemakai mengenai kompetensi yang harus dicapai peserta didik setelah mempelajari materi yang terdapat pada bahan ajar mandiri berbasis TIK tersebut.
c.    Materi Bahan ajar mandiri berbasis TIK
Materi bahan ajar mandiri berbasis TIK harus memperhatikan tingkat interaktivitas bahan ajar yang disusun. Pengorganisaian materi bahan ajar harus mencerminkan aspek yang dilihat dari:
1)    Kompleksitas, materi harus dikembangkan dari yang sederhana menuju yang kompleks baik dalam pengembangan konsep maupun contoh-contoh pendukungnya
2)    Urgenitas, materi inti harus dikembangkan lebih dulu daripada materi pengembangan.
3)    Keruntutan, materi harus memberikan pemahaman yang runtut terhadap pemahaman konsep. Penyusunan materi yang tidak runtut menyulitkan

d.    Latihansoal
Latihan soal atau pemberian contoh permasalahan merupakan hal penting yang ada pada bahan ajar mandiri berbasis TIK karena dapat untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan pada saat pembelajaran.
     Pemberian contoh soal dan permasalahan juga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi yang ada pada bahan ajar melalui pembahasan bersama

e.    Uji kompetensi
Bahan ajar mandiri berbasis TIK yang baik harus menyertakan bahan uji kompetensi yang disusun berdasarkan kisi-kisi yang disesuaikan dengan SK,KD dan Indikator Pencapaiannya.
Soal Pada Uji Kompetensi umumnya disertai balikan (feedback) agar peserta didik dapat mengetahui kompetensi mana yang telah tercapai dan mana yang belum tercapai
f.     Referensi
Referensi adalah acuan atau sumber materi yang digunakan dalam penyusunan. Penyertaan referensi pada bahan ajar mandiri berbasis TIK penting untuk menghindari plagiasi dan dapat dijadikan sebagai rujukan apabila memerlukan informasi lebih lanjut
g.    Petunjuk Penggunaan Bahan ajar mandiri berbasis TIK
Berupa petunjuk instalasi dan cara penggunaan bahan ajar.
3.  Penyusunan Bahan Ajar

Penyusunan bahan ajar harus secara ketat mematuhi peta konsep yang telah disusun, kebutuhan materi, storyboard yang telah dikembangkan serta disain tampilan yang telah disepakati bersama. Sebaiknya materi dikelompokkan dulu sesuai dengan peta konsep serta navigasi yang disusun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar