Kamis, 24 Mei 2012

PENDEKATAN ICARE

Oleh:
Adi Saputra, M.Pd
Dalam penyusunan perangkat pembelajaran tiap pelajaran untuk belajar aktif, digunakan satu kerangka yang sangat sederhana, yaitu disebut ICARE. Sistem ICARE mancakup lima elemen kunci suatu pengalaman belajar yang baik, yang dapat diterapkan terhadap peserta didik. Oleh karena itu, sistem ICARE sangat baik untuk diterapkan dalam proses belajar di sekolah. ICARE adalah singkatan dari: Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension.Penggunaan sistem ICARE sangat memberi peluang kepada peserta didik untuk memiliki kesempatan mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dalam pelatihan. Namun juga harus diingat bahwasanya perangkat tersebut harus memenuhi aturan sesuai dengan standar proses yang terdapat dalam Permendiknas no 41 tahun 2007. Dalam Permendiknas tersebut terdapat eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Di samping itu juga memasukkan pendidikan budaya karakter bangsa dan kewirausahaan. Berikut ini dijelaskan secara rinci kerangka ICARE. Di bawah tulisan ini terdapat link untuk downnload ebook yang berhubungan dengan materi ini. Semoga bermanfaat.

1.      I = Introduction (Pendahuluan)
Pada tahap pengalaman belajar ini guru atau fasilitator menetapkan materi pelajaran kepada peserta didik. Ini harus mencakup menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, penjelasan tujuan pembelajaran, dan menyampaikan cakupan materi serta penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

2.      C = Connection (Koneksi)
Koneksi merupakan tahap pengkaitan antara pengetahuan yang dimiliki peserta didik sebelumnya. Dalam banyak hal, proses belajar itu berurutan (sequential) dengan membangun suatu kompetensi di atas suatu kompetensi sebelumnya. Karena itu, semua pengalaman belajar yang baik harus dimulai dari apa yang peserta didik telah tahu dan dapat dilakukan serta dapat dibangun di atasnya. Pada tahap connection pembelajaran guru mencoba mengaitkan materi pembelajaran yang baru dengan pengalaman belajar sebelumnya. Guru dapat mencapainya dengan melakukan latihan brainstorming sederhana untuk mengenali apa yang telah diketahui peserta didik, dengan meminta peserta didik mengatakan kepada guru apa yang mereka ingat dari pembelajaran sebelumnya atau dengan mengembangkan suatu kegiatan yang dapat dilakukan peserta didik secara mandiri. Dengan mengikuti hal ini guru menghubungkan peserta didik dengan materi yang baru. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa tahap ini dilakukan tidak terlalu lama menghabiskan waktu. Paling lama waktu dugunakan sekitar sepuluh menit.


3.      A = Application (Penerapan)
Aplikasi merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Setelah peserta didik memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru melalui tahap connection, mereka perlu diberi kesempatan untuk mempraktekkan dan mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan itu. Bagian penerapan haruslah menjadi bagian pembelajaran yang paling lama tatkala peserta didik secara berpasangan atau berkelompok bekerja secara mandiri dibawah pengarahan guru untuk melengkapi suatu kegiatan dari kehidupan nyata atau memecahkan suatu masalah kehidupan nyata dengan menggunakan informasi dan keterampilan baru yang telah dicapai.

4.      R = Reflection (Refleksi)
Refleksi merupakan tahap membuat ringkasan (summary) pembelajaran di mana peserta didik mendapat kesempatan untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari bersama dengan guru untuk menilai pencapaian dirinya terhadap materi pelajaran. Refleski dapat dilakukan melalui diskusi kelompok dimana guru meminta peserta didik membuat presentasi atau menjelaskan apa yang telah dipelajari. Kegiatan ini pun dapat dilakukan melalui kegiatan menulis ringkasan dari apa yang telah dipelajari secara individual atau melalui kuis singkat dimana guru mengajukan pertanyaan berdasarkan materi pelajaran. Pada kegiatan ini guru perlu memberikan kesempatan kepada peserta didik mengemukakan tentang apa yang mereka telah pelajari.

5.      E = Extension (Perluasan)
Perluasan merupakan pengembangan lebih lanjut dari pembelajaran yang telah diterima oleh peserta didik dan harus dilakukan oleh mereka. Karena pembelajaran tertentu telah selesai bukan berarti bahwa semua yang telah dipelajari peserta didik otomatis dapat mereka pahami atau gunakan. Oleh karena itu, guru harus memberi kegiatan sebagai kelanjutannya. Tahap extension pembelajaran diterapkan melalui pemberian kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan peserta didik sebagai tindak lanjut pembelajaran untuk memperkuat (reinforce) dan memperluas pembelajaran. Di sekolah kegiatan-kegiatan extension dapat dijadikan sebagai pekerjaan rumah (PR). Kegiatan-kegiatan extension dapat meliputi pemberian bahan bacaan tambahan dan tugas melakukan penelitian atau latihan.
CONTOH RPP DENGAN PENDEKATAN ICARE
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SMP ……
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
2.           Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
Kompetensi Dasar
:
2.1.    Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
Indikator
:
1.           Mampu mengidentifikasi bagian-bagian jendela Excel
2.           Mampu menjelaskan fungsi bagian-bagian jendela Excel
Alokasi Waktu
:
2 x 40 (1 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian Excel.
·         Siswa mampu menjelaskan fungsi masing-masing bagian.

Karakter Siswa yang diharapkan :
Ø  Disiplin ( Discipline )
Ø  Tekun ( diligence )
Ø  Tanggung jawab ( responsibility )
Ø  Ketelitian ( carefulness)

B.    Materi Pembelajaran
·       Jendela Ms Word
·       Jendela Ms Excel

C.    Metode Pembelajaran
·       Pendekatan Model CTL
·       Diskusi
·       Presentasi
·       Tanya Jawab
·       life skill

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Introduction (15 menit)
a.     Guru menyapa siswa dan menanyakan tentang absensi siswa
b.     Siswa diberi pemahaman mengenai Peta Konsep, tujuan pembelajaran, hasil yang harus dicapai dan pertanyaan kunci yang harus terjawab setelah pelajaran selesai.
c.      Guru dan siswa tanya jawab mengenai :
·       Siswa yang pernah menggunakan Ms Excel
·       Microsoft Office yang pernah dipergunakan
d.     Siswa diberi pemahaman awal mengenai Perangkat lunak pengolah angka

2.    Connection (25 menit)
a.     Buat kelompok yang terdiri dari 6-7 orang. Biarkan siswa menetapkan nama kelompok (nama kelompok salah satu  istilah di TIK), tulis nama kelompok dan nama anggota pada setiap lembar kerja siswa.
b.     Berikan setiap kelompok gambar tampilan jendela Microsoft Word. Minta setiap kelompok untuk menuliskan bagian-bagian jendela Microsoft Word yang diketahui  dan fungsinya dalam waktu 10 menit. Dan tempelkan pada kertas flipchart
Bagian-Bagian Jendela Microsoft Word
Nama Bagian Jendela
Fungsi
1.
2.
...dst.


c.      Minta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Ingatkan waktu tidak melebihi dari waktu yang tersedia.
d.     Berikan satu tanda bintang pada kelompok yang presentasi. Berikan juga satu tanda bintang untuk setiap pertanyaan, pada yang bertanya dan 1 tanda bintang untuk setiap jawaban yang diberikan, pada yang menjawab.
3.    Application (25 menit)
a.     Berikan pada setiap kelompok Gambar Jendela Microsoft Excel dan minta setiap kelompok menuliskan bagian-bagian jendela Microsoft Excel yang diketahui dan yang mereka dapatkan dari buku beserta fungsinya dalam waktu 10 menit dan tempelkan juga pada kertas flipchart masing-masing kelompok
Bagian-Bagian Jendela Microsoft Excel

Nama Bagian Jendela Microsoft Excel
Fungsi
1.
2.
...dst.


b.     Minta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Ingatkan waktu tidak melebihi dari waktu yang tersedia.
c.      Berikan satu tanda bintang pada kelompok yang presentasi. Berikan juga satu tanda bintang untuk setiap pertanyaan, pada yang bertanya dan 1 tanda bintang untuk setiap jawaban yang diberikan, pada yang menjawab.

4.    Reflection (15 menit)
a.     Guru memberikan penguatan kesimpulan terhadap materi yang sudah diberikan dan minta setiap siswa untuk menuliskan semua informasi-informasi yang mereka dapatkan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya dan kesimpulan materi pada buku masing-masing.
b.     Berikan 1 lembar kertas kecil pada setiap siswa untuk menuliskan kesan mereka mengenai tingkat pemahaman, ketertarikan terhadap pelajaran tersebut dan metode belajar.

5.    Extension
a.     Memberikan pekerjaan rumah. Mengidentifikasi tampilan Microsoft Excel berdasarkan kegiatan sebelumnya dan mengidentifikasi tombol perintah pada Microsoft Excel.

E.     Alat, Bahan dan Sumber Belajar
·       Komputer
·       Microsoft Word
·       Microsoft Excel
·       Buku Teknologi Informasi dan komunikasi 2 terbitan Thursina
·       Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 terbitan Erlangga
·       Buku Latihan Pengolah Angka untuk SMP terbitan PCMedia
·       Buku LKS
·       Alat Peraga



Jendela Microsoft Word


 

















Keterangan :
1.      Office Button                                                    7.   Zoom
2.      Quick Access                                                    8.   Vertical Scroll Bar
3.      Menu Ribbon                                                   9.   Lembar Kerja (Documen Area)
4.      Title Bar                                                           10. Horizontal Scroll Bar
5.      Ribbon                                                             11. Status Bar
6.      Control Window


Jendela Microsoft Excel


 

















Keterangan :
1.      Office Button                                                 10.     Horizontal Scroll Bar
2.      Quick Access                                                 11.     Status Bar
3.      Menu Ribbon                                                12.     Cell Aktif
4.      Title Bar                                                        13.     Nama Cell Aktif
5.      Ribbon                                                          14.     Formula Bar
6.      Control Window                                            15.     Nama Kolom
7.      Zoom                                                            16.     Nama Baris
8.      Vertical Scroll Bar                                         17.     Worksheet
9.      Lembar Kerja (Documen Area)                    18.     Insert Worksheet


F.     Penilaian

Soal Instrumen

1.     Jelaskan perbedaan tampilan Microsoft Excel dengan Microsoft Word
2.     Sebutkan bagian-bagian jendela Microsoft Excel yang umum terdapat pada Microsoft Office
3.     Sebutkan bagian-bagian jendela yng hanya terdapat pada Microsoft Excel
4.     Jelaskan fungsi Quick Access Toolbar
5.     Jelaskan fungsi title bar
6.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ribbon
7.     Jelaskan fungsi formula bar
8.     Jelaskan fungsi lembar kerja
9.     Jelaskan cara memberi nama sel di lembar kerja
10.  Jelaskan fungsi name bar
Berilah nilai pada nomor kolom di bawah sesuai dengan skala kuantitatif !
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai (jml/40)x100
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













dst














Keterangan skala kuantitatif :
4       =       Jawaban sangat tepat
3       =       Jawaban tepat
2       =       Jawaban Cukup tepat
1       =       Jawaban Kurang tepat

                                                                                                                                                                                           
        Mengetahui                                                                                       Batam,……………2012
        Kepala SMP……                                                                              Guru Mata Pelajaran TIK



8 komentar:

  1. Pak, judul buku ttg strategi icare ini apa y? N bsa di dapat dimana? Soalnya di gramedia jambi tdk ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami punya ebooknya saja. kalau mau bisa diemailkan.

      Hapus
  2. Mau pak.. tlg email kan ke saya ya pak.. trima kasih sblmny...

    BalasHapus
  3. Pak, saya mau e book ttg strategi icare ini.. tlg di email kan ya pak.. makasih sblmnya...
    Email saya ikhakurnia09@gmail.com

    BalasHapus
  4. Pak, saya juga boleh meminta ebook ttg strategi icare ini.. tlg di email kan ya pak.. makasih sblmnya...
    Email saya anshoriyumii21@gmail.com

    BalasHapus
  5. pak, saya minta ebook icare, tolong kirim ke ratna3dayu@gmail.com

    BalasHapus
  6. saya juga minta ebooknya ttg ICARE ya pak, minta tolong dikirim ke abay.nafisah@gmail.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  7. Pada bahan tulisan di atas sudah dibuat link downloadnya, silakan di download.

    BalasHapus