Minggu, 10 Januari 2021

101 Cara Agar Menjadi Guru Lebih Kreatif (Tulisan 1)

Sebagai seorang guru professional maka seorang guru harus selalu belajar dan merubah diri menjadi pribadi yang selalu menerima perubahan. Kalau kita ibaratkan dengan air, maka guru tersebut haruslah seperti air yang terus mengalir dan akan selalu jernih dari pada seperti air yang cenderung diam ataupun tidak mengalir dan nantinya akan menjadi air kotor. Maka untuk menjadi seperti air mengalir dibutuhkan kreatifitas dan inovasi dalam tugas kita sebagai seorang guru. Jadi intinya harus selalu berubah ke arah yang lebih baik sesuai kompetensi yang diharapkan dari seorang guru. “Guru yang berhenti belajar sama saja dengan sudah berhenti menjadi guru”.

Kreativitas tidak selalu merupakan sesuatu yang terjadi begitu saja. Butuh sedikit kerja keras untuk memelihara, menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitas, bahkan bagi mereka yang tenggelam dalam bidang kreatifitas dan inovasi.

Bagi para pendidik, ini bisa menjadi tantangan yang lebih besar lagi untuk mengilhami kreativitas kepada siswa atau merangkul kreativitas Anda sendiri sambil mencoba menyulap persyaratan akademik, penilaian, dan masalah lain di kelas. Ini mungkin sulit tetapi tentunya bukan tidak mungkin, dan mencapainya dapat membantu menciptakan lingkungan kelas yang lebih memotivasi, menarik, dan mendidik bagi Anda dan siswa Anda.

Jadi, bagaimana cara Anda sampai di sana? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi kreatif di kelas dalam berbagai cara. Pada tulisan ini akan dbagi dalam beberapa tulisan sesuai dengan temanya. Tema tersebut adalah : MENCARI INSPIRASI KREATIF ANDA (Tips 1 – 12), MEWUJUDKAN PERCIKAN KREATIF ANDA (Tips 13 – 24), MENGINSPIRASI SISWA (Tips 25 - 39), KELAS KREATIF (Tips 40 – 63), AKTIVITAS KREATIF Tips 64 – 83), BERBAGI DAN BERKOLABORASI (Tips 84 – 90), dan MENDIDIK DIRI SENDIRI (Tips 91 – 101).

 

MENCARI INSPIRASI KREATIF ANDA

Tidak tahu harus mulai dari mana? Kiat-kiat ini akan membantu Anda menguasai dasar-dasarnya dan mengambil langkah pertama yang kritis menuju ruang kelas yang lebih kreatif.

1.        BUKA UNTUK IDE BARU.

Bahkan yang paling berpikiran terbuka dari kita kadang-kadang terjebak dalam kebiasaan dan tidak dapat melihat bahwa ada cara lain yang berpotensi lebih baik dalam melakukan sesuatu. Keluarlah dari situ dan cobalah untuk terbuka pada ide-ide baru, meskipun awalnya tampak aneh.

2.        BERPIKIR DI LUAR KOTAK.

Berhentilah memikirkan ruang kelas Anda dalam batasan yang ketat dan terbuka untuk ide-ide yang berada di luar norma. Anda mungkin hanya menemukan ide kreatif yang mengubah beberapa pelajaran Anda.

3.        TEMUKAN KEGEMBIRAAN.

Salah satu cara untuk membuat otak Anda berpikir secara kreatif adalah mulai belajar tentang hal-hal yang menggairahkan Anda. Kegembiraan itu cenderung membuat otak termotivasi, dan otak yang termotivasi adalah yang aktif dan kreatif.

4.        KELUAR DARI ZONA NYAMAN ANDA.

Sulit untuk mendorong diri Anda keluar dari zona nyaman Anda, tetapi mungkin itu hanya yang Anda butuhkan untuk menjadi kreatif. Bekerja dengan kelompok siswa baru, mengajarkan topik baru, atau mencoba sesuatu yang tidak Anda sukai. Mungkin berhasil, mungkin tidak, tetapi Anda tidak akan pernah tahu jika Anda tidak mencoba.

5.        TEMUKAN TEMPAT INSPIRASIONAL.

Beberapa orang yang beruntung mungkin dapat menemukan inspirasi di lemari sapu, tetapi yang lain dari kita membutuhkan tempat yang mendorong kita menuju inspirasi. Baik itu taman, ruang tamu Anda, atau bahkan tempat di sekolah Anda, pergilah ke sana dan dapatkan ide kreatif Anda mengalir.

6.        BERSANTAI.

Sementara beberapa orang bekerja lebih baik di bawah tekanan, kebanyakan dari kita menganggapnya sebagai pembunuh kreativitas. Untuk benar-benar berhubungan dengan sisi kreatif Anda, bersantai dan jangan memaksakan ide untuk datang.

7.        MENCARI IDE DI MANA SAJA.

Ide-ide luar biasa dapat datang dari mana saja kapan saja jadi selalu jaga mata, telinga, dan pikiran Anda tetap terbuka!

8.        MENGERJAKAN HOBI.

Mengesampingkan mengajar demi beberapa minat lain selama beberapa jam sehari dapat membantu Anda kembali ke pekerjaan Anda dengan semangat dan minat baru.

9.        IKUTI GAIRAH.

Suka sesuatu? Kejar itu! Gairah Anda kemungkinan akan membuat Anda merasa bersemangat, terinspirasi, dan siap untuk menjadi kreatif.

10.   SELALU AKTIF.

Otak Anda membutuhkan banyak oksigen untuk berpikir, dan olahraga membuatnya lebih cepat.

11.    MEMPERTIMBANGKAN MEDITASI.

Kadang-kadang Anda hanya perlu menjernihkan pikiran Anda dari semua kekacauan lama untuk dapat membukanya untuk ide-ide baru dan inovatif.

12.    GUNAKAN KEKUATAN ANDA.

Meskipun menantang diri sendiri itu hebat, itu bisa melelahkan. Bekerjalah dengan kekuatan Anda dalam perjalanan kreatif Anda juga, dan Anda jauh lebih kecil kemungkinannya merasa lelah.

 

MEWUJUDKAN PERCIKAN KREATIF ANDA

Jika Anda punya ide kreativitas yang masih terpendam, Anda harus mulai mengambil langkah selanjutnya untuk memanfaatkannya. Di sini, kami menawarkan beberapa ide yang dapat membantu.

13.    TETAPKAN WAKTU LUAR BIASA UNTUK BERPIKIR KREATIF.

Sulit untuk menjadi kreatif ketika Anda tidak punya waktu untuk melakukan banyak hal selain berpikir tentang menjadi kreatif. Jadikan prioritas untuk menyisihkan beberapa menit dari hari Anda untuk berpikir bebas dan memastikan bahwa siswa Anda tidak terlalu terbebani dengan pekerjaan rumah sehingga mereka tidak punya waktu untuk menjadi kreatif.

14.    KEMBANGKAN IDE KREATIF, JANGAN BIARKAN MEREKA MATI.

Tidak cukup hanya dengan menghasilkan ide kreatif; Anda harus mengikuti. Bersedia untuk menghabiskan waktu memelihara ide-ide Anda dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bermanfaat. Imbaulah siswa untuk melakukan hal yang sama.

15.    BAWA BUKU CATATAN.

Inspirasi dapat menyerang kapan saja, jadi pastikan Anda memiliki cara untuk merekamnya saat melakukannya dengan membawa buku catatan kecil bersama Anda.

16.    KRITIK KATA HATI ANDA.

Ketika sampai pada kreativitas, kita sering menjadi musuh terburuk diri kita sendiri. Bekerja keras untuk menghentikan diri Anda dari terlalu kritis dan tidak baik pada diri sendiri dan bekerja melalui ide-ide tanpa ada penilaian.

17.    TAJAMKAN PIKIRAN ANDA.

Sama seperti otot Anda, otak Anda bisa menjadi lemah jika Anda tidak mendorongnya. Baca, pelajari, dan tantang pikiran Anda sendiri untuk membuatnya tetap tajam. Anda tidak hanya akan lebih kreatif, tetapi Anda juga akan menjadi guru yang lebih baik untuk itu.

18.    CINTA APA YANG ANDA LAKUKAN.

Tidak ada yang akan membuat Anda merasa lebih kreatif dan terinspirasi daripada benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda merasa stres, ingatkan diri sendiri betapa hebatnya pekerjaan Anda. Itu pasti akan membantu Anda merasa sedikit lebih kreatif dan terinspirasi.

19.    BAYANGKAN KELAS ANDA SEBAGAI BISNIS.

Jika Anda seorang direktur seni atau manajer inovasi, bagaimana Anda akan menginspirasi karyawan Anda? Gunakan taktik yang sama di kelas Anda!

20.    RAYAKAN JUGA KEGAGALAN.

Pelajaran Kacau? Gagasan bagus tidak berhasil? Jangan membuat diri Anda sedih. Kegagalan adalah bagian dari proses kreatif, dan kadang-kadang kegagalan sebenarnya bisa menjadi kesuksesan besar jika kegagalan itu mengajarkan Anda sesuatu dalam proses kegagalan tersebut.

21.    MILIKI SENDIRI IDE ANDA.

Tidak apa-apa untuk menggunakan ide yang berasal dari orang lain, tetapi jangan meminjam: membeli sepenuhnya. Bahkan ketika Anda terinspirasi oleh gaya atau ide orang lain, jadikan itu milik Anda dengan memperbaikinya, mengubahnya, atau mempersonalisasikannya dengan cara tertentu. Ataupun dengan istilah penulis adalah ATM (Ambil, Tiru, Modifikasi) dan dalam hal ini jangan lupa modifikasinya.

22.    MENUNDA PENILAIAN.

Ide-ide terbaik selalu terdengar agak gila pada awalnya. Tangguhkan penilaian sampai Anda memiliki semua informasi.

23.    JELAJAHI SEMUA KEMUNGKINAN.

Ketika Anda menulis hal-hal tertentu sebagai hal yang mustahil, maka Anda membatasi potensi kreatif Anda. Jelajahi kemungkinan sepenuhnya, bahkan jika Anda pikir itu kemungkinan besar.

24.    GERBANG KEANEHAN.

Dalam hal kreativitas, keanehan biasanya merupakan hal yang baik. Biasakan dengannya. Ini bisa mengarahkan Anda ke tempat yang Anda inginkan.

 

0 comments:

Posting Komentar