Kamis, 14 Juni 2012

MEDIA PEMBELAJARAN


A.      PENDAHULUAN
Media pembelajaran perlu digunakan oleh guru untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Media dapat digunakan  dalam pembelajaran untuk membangkitkan motivasi siswa , mengkonkritkan materi yang menjelaskan konsep yang sifatnya abstrak sehingga lebih mudah dipahami siswa. Banyak jenis dan macam media pembelajaran yang dapat dibuat dan digunakan. Untuk  memilih media pembelajaran yang akan digunakan, guru harus memahami tentang macam-macam media dan kriteria memilih media yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa.   

B.  HAKIKAT MEDIA PEMBELAJARAN
Kata “Media” berasal dari bahasa Latin yang berarti “perantara”, yaitu perantara antara pengirim pesan dan penyampai pesan. Materi pembelajaran merupakan pesan-pesan yang harus disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jadi media adalah alat untuk menyampaikan atau menghantarkan pesan-pesan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu ( teknologi, sarana fisik, sarana komunikasi)  yang dapat menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terjadinya proses belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran. Secara sederhana dapat diartikan bahwa media pembelajaran adalah seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan guru  dalam rangka berkomunikasi dengan siswa. Alat bantu itu disebut sebagai media pembelajaran sedangkan komunikasi adalah sistem penyampaiannya.  

Dalam metodologi pembelajaran ada dua aspek yang paling penting yaitu metode dan media pembelajaran sebagai alat bantu. Media pembelajaran sebagai komponen metodologi dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Dengan media, pembelajaran akan lebih menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan interaksi belajar siswa  dan motivasi mengajar guru. Materi pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa.   Media pembelajaran dapat berisikan bahan-bahan yang harus dipelajari siswa sehingga juga memungkinkan menjadi sumber belajar bagi siswa. Namun demikian media pembelajaran tidak bisa menggantikan fungsi guru sepenuhnya arinya media tanpa guru adalah hal yang tidak mungkin untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peran guru masih tetap diperlukan sekalipun media telah merangkum semua materi/bahan pelajaran.
1.    Fungsi media pembelajaran
Media pembelajaran memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
a.    Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar – gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial.
b.    Dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena : (a) obyek terlalu besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu lambat; (d) obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks; (f) obyek yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi. Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik.
c.    Memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
d.   Menghasilkan  keseragaman pengamatan
e.    Dapat  menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
f.     Membangkitkan motivasi dan merangsang peserta didik untuk belajar.
g.    Memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak
2.    Manfaat media pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah:
a.    Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
Dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara siswa dimanapun berada.
b.  Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak membosankan.
c.  Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
Dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara aktif, sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah.
a.    Efisiensi dalam waktu dan tenaga
Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian menggunakan media, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran.
b.    Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mandalam dan utuh. Bila dengan mendengar informasi verbal dari guru saja, siswa kurang memahami pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman siswa akan lebih baik.
c.    Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru.Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah.
d.   Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
Proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan.
e.    Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga banyak mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar, dan lain-lain
C.  JENIS-JENIS MEDIAPEMBELAJARAN
Banyak sekali jenis media yang sudah dikenal dan digunakan dalam penyampaian informasi dan pesan-pesan pembelajaran. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan sesuai dengan karakteristik dan sifat-sifat media tersebut. Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga ahli mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana mereka memandang dan menilai media tersebut. Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Rohani (1997:16) yaitu :
1. Gambar diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film strip, atau overhead proyektor.
2. Gambar gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak bersuara.
3. Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam.
4. Televisi
5. Benda-benda hidup, simulasi maupun model.
6. Instruksional berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction).
Penggolongan media yang lain, jika dilihat dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut :
1. Dilihat dari jenisnya media dapat digolongkan menjadi media Audio, media Visual dan media Audio Visual.
2. Dilihat dari daya liputnya media dapat digolongkan menjadi media dengan daya liput luas dan serentak, media dengan daya liput yang terbatas dengan ruang dan tempat dan media pengajaran individual.
3. Dilihat dari bahan pembuatannya media dapat digolongkan menjadi media sederhana (murah dan mudah memperolehnya) dan media komplek.
4. Dilihat dari bentuknya media dapat digolongkan menjadi media grafis (dua dimensi), media tiga dimensi, dan media elektronik.

D.  PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Berbagai macam media pembelajaran dikemukakan yang dapat digunakan dalam pembelajaran kimia dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang akhirnya bermuara pada meningkatnya hasil belajar. Namun demikian hendaklah dipilih media yang tepat dan cocok untuk karakteristik materi dan efektifitas pengunaannya. Pemakaian media dalam proses pembelajaran hendaknya dapat meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan pembelajaran dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Disamping itu, media pembelajaran hendaknya juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data yang menarik, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi ( sehingga dapat menghemat waktu).
Pemilihan media tidak dilihat dari segi kecanggihannya, tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan peranannya dalam membantu meningkatkan motivasi belajar. Media yang digunakan harus didasarkan pada kriteria pemilihan yang objektif sebab penggunaan media pembelajaran tidak sekedar menampilkan program pembelajaran  di dalam kelas tetapi harus dikaitkan dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
Agar penggunaan media dapat meningkatkan kualitas pembelajaran maka guru perlu memiliki pemahaman tentang jenis dan manfaat media pembelajaran,  kriteria memilih dan menggunakan media. Disamping itu guru juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menilai keefektifan penggunaan media dalam proses pembelajaran agar dapat memutuskan apakah penggunan media diperlukan dalam pembelajaran.
Keberadaan media dalam pembelajaran adalah sebagai pelengkap jika dipandang perlu. Seorang guru yang baik tidak akan menggunakan media pembelajaran dengan tujuan untuk menggantikan metode mengajar, tetapi menggunakan media untuk melengkapi keterampilan mengajar dan membantu siswa memahami dan mampu mengaplikasikan materi. Media pembelajaran yang dipilih hendaknya sesuai dan cocok dengan kebutuhan guru dan siswa serta membantu memperbaiki situasi pembelajaran. Untuk memutuskan media pembelajaran mana yang akan digunakan, guru dituntut untuk memhami pengetahuan tentang media dan pemilihan media, sehingga penggunaannya dalam proses pembelajaran tepat dan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Media pembelajaran dapat digunakan pada situasi :
·  Materi pelajaran yang diberikan sulit dimengerti/ abstrak
·  Perhatian siswa berkurang terhadap proses pembelajaran
·  Keterbatasan sumber belajar
·  Guru tidak bergairah dalam menjelaskan materi dengan metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran
Memilih media pembelajaran untuk mata pelajaran kimia pada prinsipnya tidak berbeda dengan pemilihan media untuk mata pelajaran secara umumnya. Dalam memilih media untuk kepentingan pembelajaran sekurang-kurangnya  memperhatikan kriteria-kriteria berikut: 
1.    Ketepatan dengan tujuan pembelajaran.
Media pembelajaran dipilih berdasarkan tujuan pembelajaran. Tujuan-tujuan pembelajaran yang berisikan unsur pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis lebih memungkinkan dengan menggunakan media pembelajaran
2.    Dukungan terhadap isi atau konten pelajaran
Bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami siswa.
3.    Kemudahan memperoleh media
4.    Keterampilan guru dalam menggunakannya
Nilai dan manfaat yang diarapkan dari penggunaan media bukanlah pada apa medianya, tetapi adalah dampak dari penggunaan oleh guru pada saat mengkomunikasikan pesan-pesan pelajaran. Alat-alat canggih berteknologi tinggi tidak berarti apa-apa bila guru tidak dapat menggunakannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
5.    Sesuai dengan tingkat kemampuan berpikir siswa
Media yang dipilih untuk pembelajaran harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan berpikir siswa sehingga makna yang terkandung di dalam media dapat dipahami dengan mudah.
E.       RANGKUMAN.
Media pembelajaran merupakan perantara guru dengan siswa dalam penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Media pembelajaran digunakan sebagai pelengkap jika dipandang perlu. Media tidak mengganti metode pembelajaran atau fungsi guru. Tujuan penggunaan media adalah untuk memperbaiki situasi proses pembelajaran  sehingga media yang digunakan harus cocok dan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Untuk dapat memilih media pembelajaran yang akan digunakan, guru harus memahami tentang macam-macam media dan pertimbangan apa yang perlu dalam memilih media.

1 komentar:

  1. mengapa guru harus mempnyai seperangkat pembelajaran..???

    BalasHapus