Minggu, 30 Mei 2021

PORTOFOLIO DIGITAL, CARA MUDAH MENGELOLA DAN MENILAI PORTOFOLIO

Pengantar

Mengingat kerumitan dan perlu persiapan yang lebih, tidak mengherankan jika asesmen portofolio kurang diterapkan di sekolah. Pendekatan penilaian yang lebih otentik ini juga menuntut lebih banyak waktu dan perhatian; refleksi, penilaian diri, dan penetapan tujuan merupakan komponen penting dari proses tersebut. Dengan ukuran kelas yang besar, lebih sedikit dukungan, dan lebih banyak sumber daya yang dikhususkan untuk penilaian harian atau ujian, terdapat batasan pada guru yang mungkin ingin memfasilitasi penilaian portofolio. Sehingga penilaian dengan portofolio banyak ditinggalkan ataupun jarang dilakukan oleh guru untuk menilai kinerja atau performan siswa selama pembelajaran.

Portofolio digital atau ePortofolio adalah alat yang berguna untuk memungkinkan pelajar mempertahankan catatan permanen dari perjalanan belajar mereka dan mereka menyediakan praktisi dengan catatan penilaian diri pelajar dan refleksi yang mudah diakses tentang strategi pembelajaran mereka.

Portofolio digital adalah presentasi perjalanan belajar siswa yang dibuat dengan cermat menggunakan jejak/bukti digital sebagai bukti pembelajaran. Memiliki tujuan yang jelas dan terorganisir dengan baik. Ini mengembangkan dan mendemonstrasikan pembelajaran melalui refleksi siswa yang efektif. Pelajar menggunakan keterampilan metakognitif tingkat tinggi untuk mempertimbangkan apa yang mereka pelajari dan menilai sendiri apa yang perlu mereka fokuskan selanjutnya untuk kemajuan pembelajaran mereka. Bukti/jejak digital dapat diturunkan dari aktivitas pembelajaran di semua domain pembelajaran. Portofolio digital yang efektif dapat digunakan untuk merayakan pencapaian, menunjukkan kemajuan melalui perbandingan dari waktu ke waktu, dan memandu pembelajaran di masa depan.

Produksi portofolio digital mendorong kemitraan antara siswa dan guru mereka dan meningkatkan kepemilikan dan akuntabilitas siswa untuk pembelajaran mereka. Portofolio digital memberi siswa, orang tua, dan guru mereka catatan pembelajaran yang kaya. Portofolio digital bukanlah kumpulan dari semua tugas siswa, tetapi pilihan hati-hati yang menunjukkan pertumbuhan dan pengetahuan baru seperti dua bukti/jejak yang menunjukkan kemajuan dalam belajar dari waktu ke waktu.

Guru dapat menggunakan bukti yang disediakan oleh portofolio untuk merefleksikan keefektifan pembelajaran mereka dan untuk membuat penyesuaian pada praktik pengajaran mereka.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, penilaian portofolio telah mengalami kebangkitan popularitas. Banyak perusahaan teknologi sekarang menawarkan alat portofolio digital untuk digunakan di ruang kelas. Alasan terbesarnya adalah kapasitas teknologi untuk menangkap, menampung, dan berbagi dokumen pembelajaran siswa secara online. Munculnya Internet, bersama dengan sekumpulan perangkat seluler yang terjangkau, telah menyebabkan pendidik memikirkan kembali pekerjaan siswa lebih dari sekadar objek atau file fisik. Dalam menggunakan alat digital untuk menangkap pemikiran dan kemajuan siswa, perjalanan belajar siswa mulai menjadi hidup. Kepercayaan diri mereka terdengar saat berpidato dan melihat antusiasme mereka saat menyampaikan topik penelitian di sekolah. Selain itu, teknologi telah memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam proses penilaian itu sendiri. Tablet, laptop, ataupun Smart Phone yang diletakkan di tangan peserta didik memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk mendokumentasikan, merenungkan, dan menerbitkan karya mereka. Akses untuk berbagi dan menilai pertumbuhan dan pekerjaan terbaik ini lebih mudah ditangkap dengan portofolio digital. Akhirnya, alat-alat ini memberi tahu keluarga tentang pemahaman anak-anak mereka saat ini dan tujuan masa depan. Bagaimana portofolio digital diintegrasikan ke dalam kelas merupakan langkah penting berikutnya.

Berdasarkan pengalaman di berbagai sekolah, perkembangan menuju penilaian berbasis portofolio saat ini agak lambat. Pengalaman penulis juga dalam memberikan pelatihan pembelajaran di beberapa sekolah, penulis belum pernah melihat sekolah yang menerapkan penilaian berbasis portofolio seperti yang disarankan, sebagai cara alternatif untuk penilaian harian atau KD atau mengukur kemajuan tahunan. Di suatu sekolah terutama sekolah dasar, guru mengumpulkan semua pekerjaan siswa dalam satu map yang kemudian dikirim pulang bersama siswa di akhir tahun, namun kumpulan pekerjaan tersebut tidak pernah dinilai. Jika portofolio tidak pernah dinilai tidak ada gunanya mengumpulkan karya siswa, kecuali sebagai sarana untuk menunjukkan partisipasi siswa. Jika penilaian berbasis portofolio berfungsi dengan benar, pekerjaan siswa selain tes dan kuis (menulis, seni, video, foto, proyek) harus dikumpulkan dan dinilai oleh semua guru yang terlibat dalam pendidikan siswa tersebut pada akhir tahun. Penilaian ini, bukanlah hanya sekedar sebagai penilaian akhir semester atau ujian sekolah yang harus digunakan untuk menentukan apakah seorang siswa lolos ke tingkat kelas berikutnya, atau di jalur mana siswa ditempatkan.

Mendefinisikan Portofolio Digital

Menggunakan teknologi untuk membantu proses belajar mengajar bukanlah konsep baru. Papan tulis interaktif, Internet, dan akses nirkabel adalah hal biasa di sekolah. Teknologi terkini, seperti sistem manajemen pembelajaran seperti Edmodo dan Schoology, telah memberi guru kemampuan untuk memfasilitasi beberapa aktivitas kelas secara online. Yang baru adalah bagaimana teknologi dapat dan harus dimanfaatkan untuk mentransformasi proses belajar mengajar — alih-alih hanya meningkatkannya. Ini membutuhkan pergeseran dalam praktik. Baik guru dan siswa dapat meningkatkan pekerjaan mereka dengan penyertaan alat digital saat mereka terintegrasi dengan baik dengan pengajaran.

Asesmen portofolio digital adalah salah satu pendekatan yang dapat membangun kemitraan pembelajaran. David Niguidula (2010) menciptakan istilah portofolio siswa digital, yang didefinisikan sebagai "kumpulan multimedia dari karya siswa yang memberikan bukti keterampilan dan pengetahuan siswa" (hal. 154). Saya telah memperluas definisi ini dan menganggap portofolio siswa digital menjadi dinamis, kumpulan informasi digital dari banyak sumber, dalam berbagai bentuk, dan dengan banyak tujuan yang lebih mewakili pemahaman dan pengalaman belajar siswa.

Bagaimana cara menggunakan portofolio digital?

Portofolio digital dapat digunakan dalam banyak cara. Dalam bentuk yang lebih canggih, portofolio digital dapat dikembangkan selama beberapa tahun dan digunakan sebagai catatan kemajuan yang berkelanjutan, mungkin dipresentasikan pada "konferensi yang Dipimpin oleh Siswa" dan digunakan untuk menginformasikan rencana pembelajaran di masa depan. Portofolio praktik terbaik akan mengintegrasikan penetapan tujuan siswa, penilaian diri dan refleksi pembelajaran dengan penyajian contoh pembelajaran. Portofolio juga dapat merujuk pada hasil belajar siswa yang diharapkan Merdeka.

Portofolio dapat digunakan oleh guru sebagai sarana penilaian untuk Kurikulum Merdeka yang disebutkan di atas. Ini dapat digunakan oleh siswa untuk tujuan pekerjaan.

Namun, bagaimana kita mendefinisikan portofolio siswa digital adalah hal kedua setelah kami menggunakan teknologi terkait di kelas. Lebih disukai instruksi yang kuat dengan teknologi tertanam sebagai sumber daya yang diperlukan. Misalnya, menerapkan program 1: 1 (yaitu, satu perangkat digital per siswa) tanpa jenis pemikiran ke depan, penelitian, atau perencanaan apa pun tidak akan menghasilkan hasil pembelajaran yang signifikan. Faktanya, pendekatan seperti itu dapat memperburuk kesenjangan prestasi bagi siswa berisiko yang tidak terbiasa dengan teknologi (Toyoma, 2015). Perubahan yang ingin kami lihat di sekolah — dan kami berharap teknologi membantu memfasilitasi — membutuhkan lebih dari sekadar investasi finansial.

Jenis Portofolio Digital

Menurut Ronnie Burt and Kathleen Morris, Ada empat jenis atau fungsi utama Portofolio digital di sekolah dan pendidikan tinggi:

1.    Pameran atau presentasi

2.    Proses atau pembelajaran

3.    Penilaian

4.    Hibrida

Mari kita lihat empat jenis portofolio ini sehingga Anda dapat memutuskan mana yang paling berhasil di sekolah Anda.

1.     Pameran atau Presentation Portofolio: Kumpulan Karya Terbaik

Jenis portofolio ini berfokus pada portofolio sebagai produk dan juga biasanya disebut portofolio profesional, portofolio formal, atau portofolio karier.

 

Konten yang ditambahkan ke pameran portofolio ditulis setelah pembelajaran berlangsung, seringkali dengan refleksi dari siswa. Beberapa sekolah seperti LaGuardia Community College mengadopsi mantra, "kumpulkan, pilih, renungkan, hubungkan" (PDF Hughes, 2008). Elemen penghubung adalah bagian yang menarik dan mungkin terlewatkan dari program Portofolio Digital. Ini melibatkan berbagi pekerjaan siswa dengan orang lain (mungkin di luar guru) dan secara aktif mencari audiens dan umpan balik.

 

Portofolio pameran sering digunakan untuk membagikan pencapaian atau bukti pembelajaran terbaik siswa. Siswa umumnya diberikan pilihan untuk memutuskan apa yang dipublikasikan.

 

Portofolio semacam ini dapat membantu pemasaran mandiri, pencitraan merek online, atau membangun jejak digital yang positif. Dalam pendidikan tinggi, kami sering melihat portofolio pameran yang menyoroti CV atau resume siswa yang sesuai dengan tujuan tertentu seperti menarik calon pemberi kerja atau petugas penerimaan perguruan tinggi.

2.     Portofolio Proses Pembelajaran: Sebuah Pekerjaan yang Sedang Berlangsung.

Jenis portofolio kedua yang biasa kita lihat lebih merupakan catatan pembelajaran yang berjalan. Tujuannya adalah untuk menangkap proses pembelajaran. Ini juga disebut portofolio pengembangan, portofolio refleksi, atau portofolio formatif.

 

Bahan dan dokumen ditambahkan selama proses pembelajaran. Portofolio proses tidak selalu merupakan kumpulan dari karya terbaik siswa; Ini dapat mencakup berbagai upaya pembelajaran atau dokumentasi yang tidak diperbaiki bersama dengan refleksi tentang perjuangan dan tantangan.

 

Jenis portofolio ini menunjukkan pekerjaan yang sedang berjalan dan memungkinkan penilaian diri dan refleksi.

 

Satu jebakan yang mungkin ingin Anda coba hindari secara aktif jika Anda menggunakan portofolio proses adalah "pembuangan digital". Artinya, seiring waktu, siswa dapat menambahkan banyak dokumen ke dalam portofolio mereka tanpa banyak pengaturan, refleksi, atau tujuan. Portofolio proses adalah cara yang luar biasa untuk mendemonstrasikan pembelajaran saat itu terjadi, tetapi Anda mungkin ingin mempertimbangkan bagaimana menjaga portofolio terorganisir dengan baik dan bermakna.

 

3.     Portofolio Penilaian: Digunakan untuk Akuntabilitas

Portofolio penilaian digunakan untuk mendokumentasikan apa yang telah dipelajari siswa, atau menunjukkan bahwa mereka telah menguasai elemen kurikulum.

 

Jenis portofolio ini mungkin bukan pilihan paling populer untuk sekolah karena tidak berpusat pada siswa; dokumen dipilih berdasarkan kurikulum. Demikian juga, komentar reflektif akan fokus pada bagaimana dokumen selaras dengan tujuan kurikulum.

 

Jenis portofolio ini mungkin lebih formal daripada portofolio pameran atau proses. Meskipun mereka mungkin sangat berguna dalam lingkungan sekolah untuk memberikan bukti pembelajaran kepada guru dan administrator, portofolio penilaian mungkin kurang berguna untuk pengembangan siswa secara keseluruhan.

 

Portofolio penilaian biasanya merupakan bagian dari program sertifikasi atau bahkan bagian dari persyaratan untuk mendapatkan gelar.

4.     Pendekatan Hibrid

Jenis portofolio ke-4 yang biasanya akan Anda temui adalah kombinasi dari portofolio pameran, proses, dan / atau penilaian.

 

Untuk memberikan beberapa konteks untuk portofolio digital, bagian berikut menjelaskan momen kecil di mana seorang guru (Janice) sedang melakukan konferensi dengan seorang siswa (Calleigh). Janice merekam video konferensi menulisnya menggunakan aplikasi bernama Fresh Grade. Konferensi ini akhirnya dibagikan dengan keluarga Calleigh melalui aplikasi. Setiap bagian yang dipilih oleh Calleigh selama tahun ajaran juga disimpan dalam Fresh Grade untuk menunjukkan pertumbuhan dari waktu ke waktu. Sebelumnya, Janice telah memberikan pengajaran melalui pelajaran mini tentang strategi menulis. Dia sudah menyadari kemampuan menulis siswanya melalui penilaian menulis di seluruh sekolah musim gugur. Hasil penilaian tersebut bersifat kuantitatif (yaitu numerik) dan berdasarkan satu rubrik. Namun, keberhasilan Janice dalam konferensi menulis diukur melalui kemampuan Calleigh untuk memantau perkembangannya sendiri dalam menulis dan lebih bertanggung jawab atas hasilnya.

 

Kerangka untuk Portofolio Digital

Portofolio digital, repositori dinamis dari dokumen pembelajaran siswa, kontras dengan simbol yang biasanya mewakili pembelajaran di sekolah, termasuk nilai tugas dan nilai ujian. Hasil penilaian kuantitatif bersifat statis dan tidak responsif. Mereka menarik sedikit perhatian pada keseluruhan proses pembelajaran. Angka dan simbol bukannya tanpa nilai. Nilai pada transkrip sekolah menengah masih bertindak sebagai prasyarat untuk diterima ke pendidikan tinggi. Nilai ujian memberikan gambaran umum tentang tingkat pencapaian umum sekolah. Namun, penilaian ini adalah instrumen yang paling-paling dapat membuat perkiraan kasar tentang tingkat pencapaian siswa atau sekolah. Namun, angka dan simbol jauh lebih mudah dikumpulkan, diatur, dan dianalisis.

Hasil penilaian kualitatif membutuhkan proses dan protokol sehingga guru dan siswa dapat menerapkannya secara lebih sistematis di dalam kelas. Dalam pekerjaan saya sebelumnya (Renwick, 2014, 2015), saya menawarkan kerangka kerja dasar untuk menilai pengaruh teknologi terhadap pembelajaran siswa: akses, tujuan, dan audiens. Akses adalah ketersediaan bagi siswa untuk menggunakan alat yang terhubung, menemukan pengetahuan baru, dan memanfaatkan sumber daya yang saat ini tidak tersedia. Akses juga dapat mempertimbangkan bagaimana teknologi mengubah dan mengakomodasi konten dan tugas untuk siswa dengan kebutuhan khusus. Tujuan diartikan sebagai alasan untuk memanfaatkan teknologi dalam konteks pembelajaran. Ini juga harus menawarkan alasan untuk pekerjaan di mana siswa terlibat saat di sekolah dan dalam kehidupan mereka. Audiens termasuk siapa saja yang dapat melihat dan merayakan pembelajaran siswa, serta memberikan umpan balik untuk mendorong pemikiran. Tiga prinsip penggunaan teknologi yang diperlukan dijelaskan pada Gambar di bawah ini.

Akses

Sangat menyenangkan untuk membeli satu jenis perangkat untuk setiap pelajar, memberikan pelatihan awal, dan memungkinkan staf dan siswa untuk mengeksplorasi apa yang mungkin dilakukan.

Penting untuk menilai infrastruktur, kebutuhan sekolah, dan kebutuhan siswa serta membeli alat khusus dan menjadwalkan pelatihan yang sedang berlangsung.

Tujuan

Sangat menyenangkan menggunakan trial-and-error dengan teknologi dan memilih unit kurikulum atau pelajaran yang memungkinkan untuk digunakan.

Penting untuk merancang kurikulum yang berfokus pada pengetahuan dan keterampilan penting dan menerapkan teknologi dalam kemajuan pembelajaran.

Pengguna

Sangat menyenangkan untuk menampung pekerjaan siswa di perangkat atau di cloud untuk pengambilan yang mudah.

Karya siswa perlu dipublikasikan bagi mereka yang berada di luar kelas untuk melihat dan memberikan umpan balik dan penegasan.

Akses, tujuan, pengguna: dalam tiga prinsip kerangka kerja integrasi digital ini, kita lebih mungkin untuk mengalami kesuksesan di kelas. Teknologi datang dan pergi. Dengan pemahaman yang kuat tentang penilaian portofolio secara umum, kami dapat menyelaraskan alat digital dengan lebih baik untuk memenuhi kebutuhan siswa kami yang sebenarnya. Teknologi harus mendukung pembelajaran, bukan sebaliknya.

Aktivitas Terkait: Menggunakan Kerangka untuk Merenungkan Praktik Saat Ini.

Pikirkan tentang lingkungan belajar Anda saat ini untuk siswa, termasuk disiplin yang Anda ajarkan, praktik penilaian yang digunakan di kelas Anda, sumber daya yang tersedia, dan harapan seluruh sekolah.

Mempertimbangkan konteks Anda, tanggapi pertanyaan berikut untuk membantu Anda merefleksikan praktik Anda saat ini dan apa yang mungkin untuk masa depan.

Jenis akses apa yang dimiliki siswa Anda ke teknologi di kelas Anda? Secara khusus, bagaimana situasi nirkabel? Berapa banyak dan jenis perangkat apa yang tersedia? Apa kebijakan distrik Anda saat ini tentang berbagi informasi siswa di ruang online? Kebutuhan apa yang harus ditangani?

Mengingat tugas mengajar Anda saat ini, titik masuk mana dalam kurikulum Anda yang paling masuk akal untuk mengintegrasikan portofolio digital? Artinya, apa tujuan memasukkan teknologi ke dalam disiplin Anda? Bagaimana pembelajaran siswa akan mendapat manfaat dari inklusi ini?

Jika akses kuat dan tujuan telah diidentifikasi, siapa yang akan menjadi penonton yang akan merayakan dan menilai karya siswa? Akankah anggota keluarga menjadi penerima utama untuk melihat dan mengomentari pembelajaran mereka? Bagaimana rekan bisa terlibat dalam mengenali dan menawarkan umpan balik untuk apa yang diposkan dan dibagikan?

Kualitas Dokumen

Salah satu keuntungan besar menggunakan blog untuk portofolio digital adalah kemampuannya untuk menyematkan berbagai macam dokumen. Di masa lalu, siswa mungkin hanya dapat membagikan pembelajaran mereka melalui konten tertulis atau ilustrasi yang digambar dengan tangan. Sekarang ada banyak cara bagi siswa untuk berbagi apa yang mereka buat, apa yang mereka kerjakan, dan apa yang menjadi inspirasi mereka.

Mari kita lihat beberapa hal yang dapat dimasukkan dalam portofolio digital siswa.

1.    Teks termasuk tulisan hyperlink

2.    Gambar, fotografi, dan karya seni

3.    Video

4.    Audio

5.    Media sosial

6.    Konten yang dapat disematkan lainnya

Teks

Saat siswa memublikasikan dalam portofolio digital mereka, mungkin akan ada banyak teks termasuk konten tertulis milik siswa serta kutipan dari orang lain.

Salah satu manfaat utama menulis di web adalah kemampuan menulis hyperlink. Yaitu, menautkan ke sumber lain untuk mengutip studi, membuat cadangan opini, memberikan informasi latar belakang, menjelaskan alur pemikiran, atau memberikan contoh.

Alih-alih hanya mengganti tulisan analog dengan digital (misalnya menerbitkan dalam posting blog apa yang dulunya ditulis tangan atau diketik dalam pengolah kata), penggunaan hyperlink dapat membantu siswa untuk terlibat dalam pemikiran dan refleksi tingkat tinggi.

Silvia Tolisano telah menganjurkan penulisan hyperlink untuk ditampilkan di kelas selama bertahun-tahun. Ia menjelaskan bahwa menulis hyperlink merupakan genre penting yang dapat diabaikan.

Gambar, Grafik, dan Karya Seni

Gambar benar-benar merupakan bagian penting dari berbagi dan mengonsumsi informasi. Dengan portofolio digital, ada banyak kemungkinan untuk membuat gambar.

Selain membuat gambar dengan tangan atau memotret, siswa dapat:

·      Buat kolase foto menggunakan aplikasi seperti Pic Collage atau alat online seperti Adobe Spark atau Canva.

· Gunakan gambar dari situs Creative Commons (cara yang fantastis untuk mempelajari tentang hak cipta).

·     Ambil tangkapan layar dari pekerjaan yang diselesaikan di program lain, mungkin dengan penjelasan.

·  Buat peta pikiran menggunakan alat seperti Bubbl.us (atau bahkan digambar tangan dan difoto).

·  Buat karya seni digital menggunakan berbagai alat web. Beberapa contohnya adalah Google Drawings, emoji.ink, Toy Theater Art Tools, seni abstrak Bomomo, seni jalanan Tate Kids, Draw Island, dan Auto Draw.

·      Buat infografis, poster, atau ilustrasi menggunakan alat seperti Adobe Spark atau Canva. Kedua alat ini menawarkan akun pendidikan gratis.

·      Peragakan data dengan grafik, bagan, dan spreadsheet menggunakan alat seperti Google Sheets, BEAM, atau Canva.

Video

Video mengubah pendidikan dan siswa dapat menjadi konsumen dan pembuat video.

Video dapat menghidupkan pembelajaran dan melibatkan siswa sambil membantu mereka memahami konsep kurikulum utama. Siswa dapat menonton video dari situs-situs seperti YouTube atau Ted ED dan kemudian menyematkannya langsung ke portofolio digital mereka dengan refleksi yang menyertainya.

Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk membuat video. Siswa dapat membuat screencast, stop motion, video penjelasan, animasi, dramatisasi, wawancara, montase foto, dan banyak jenis video lainnya. Anda bahkan dapat menganggap rekaman konferensi video sebagai artefak yang berharga.

Menurut Hani Morgan (2013), menugaskan siswa untuk membuat video dapat menghasilkan banyak hasil positif seperti peningkatan keterampilan menulis, penelitian, dan komunikasi, bersama dengan keterampilan tingkat tinggi seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis. Pada saat yang sama, siswa dapat memperoleh manfaat dari menjadi kreatif dan berkolaborasi dengan orang lain.

Video yang dibuat siswa dapat menjadi artefak yang sangat baik untuk portofolio digital karena memungkinkan siswa untuk mendemonstrasikan pembelajaran dan pemahaman mereka dengan cara yang benar-benar unik.

Audio

Anda mungkin pernah mendengar tentang teori gaya belajar? Artinya, gagasan bahwa seorang individu belajar lebih baik jika mereka dapat menerima informasi dan menghasilkan karya sesuai dengan gaya belajar yang mereka sukai, misalnya auditori, visual, atau kinestetik. Sementara bukti gaya belajar mungkin beragam, banyak guru masih menunjukkan kepercayaan yang kuat pada teori gaya belajar (Newton dan Miah, 2017).

Menulis bukan untuk semua orang tetapi beberapa siswa benar-benar bersinar ketika mereka dapat menggunakan audio, bukan, atau bersama, teks. Ada banyak hal yang dapat dilakukan siswa dengan audio saat membangun portofolio digital mereka.

Podcast: Ini hanyalah file audio yang dipublikasikan secara online. Siswa mungkin ingin membuat rangkaian podcast yang bertepatan dengan subjek yang mereka pelajari atau proyek yang sedang mereka kerjakan. Anchor.fm adalah layanan gratis yang populer untuk merekam, menghosting, dan mendistribusikan podcast.

Wawancara audio: Siswa dapat merekam wawancara dengan orang lain untuk membuat artefak yang kaya untuk portofolio mereka. Wawancara dapat memperluas pemahaman siswa, menantang keyakinan, dan memperkuat pembelajaran.

Refleksi audio: Untuk beberapa siswa, mengetik refleksi tertulis bisa melelahkan. Rekaman audio mungkin merupakan pilihan yang lebih disukai untuk beberapa siswa atau alat aksesibilitas penting untuk orang lain, misalnya, mereka yang memiliki gangguan penglihatan atau kesulitan belajar.

Musik: Audio tentu saja tidak harus berupa ucapan. Ada banyak cara musik dapat disematkan ke dalam ePortfolio. Siswa dapat merekam diri mereka sendiri saat memainkan instrumen, atau jika mereka tidak memiliki instrumen, mereka dapat mencoba program seperti GarageBand atau alat web yang lebih sederhana seperti Chrome Music Lab.

Merekam audio sekarang cukup sederhana di perangkat apa pun. Jika siswa menggunakan tablet seperti iPad, ada aplikasi Voice Memo sederhana. Richard Byrne dari Free Technology for Teachers telah membagikan tiga alat untuk membuat rekaman audio pendek di web tanpa akun. File-file tersebut dapat diunduh sebagai MP3 dan kemudian diunggah ke portofolio. Beberapa alat lain seperti Anchor.fm memungkinkan Anda untuk menyematkan file audio ke dalam posting blog.

Media sosial

Anda mungkin tidak mempertimbangkan untuk menggunakan media sosial sebagai artefak dalam portofolio digital, tetapi jika Anda mengajar remaja yang lebih tua atau orang dewasa, ada banyak ruang untuk menggunakan jenis konten ini. Tentu saja, jika siswa Anda lebih muda, terutama di bawah 13 tahun, artefak media sosial bukanlah pilihan.

Sebagian besar platform media sosial sekarang menyediakan kode embed untuk menampilkan postingan dalam situs web. Anda mungkin ingin menyematkan tweet, posting Facebook, posting Instagram, pin atau papan Pinterest, atau bahkan posting TikTok.

Mengapa Anda ingin menyematkan media sosial? Nah, media sosial sekarang menjadi cara kita belajar dan terhubung. Itu dapat memengaruhi pikiran kita dan memperluas pemikiran kita. Konten media sosial yang disematkan dapat berfungsi sebagai artefak yang menarik untuk menunjukkan apa yang dipikirkan, dipelajari, atau dibuat oleh siswa.

Konten Tersemat Lainnya

Portofolio digital benar-benar membuka dunia kemungkinan untuk membuat beragam artefak yang dapat disematkan dengan mudah. Beberapa di antaranya tidak sesuai dengan kategori.

Berikut beberapa contoh konten lain yang dapat dibuat dan di-screenshot atau disematkan oleh siswa ke dalam blogfolios mereka:

Kreasi Google Suite: Google Sheets, Google Drawings, Google Docs, Google Forms, dan Google Slides semuanya memungkinkan Anda untuk menyematkan kreasi Anda ke dalam blog atau situs web.

Komik: Siswa dapat mendemonstrasikan pembelajaran atau pemikiran mereka secara kreatif menggunakan alat pembuatan komik seperti Make Beliefs Comix.

Peta: Siswa mata pelajaran seperti geografi atau sejarah dapat menambahkan konten yang fantastis ke portofolio dengan menyematkan peta khusus atau petunjuk arah menggunakan Google Maps.

Teka-teki dan Game: Menyematkan game atau teka-teki dapat membuat portofolio digital menjadi interaktif. Dalam banyak kasus, siswa bahkan dapat membuat kode game mereka sendiri, misalnya, game yang dibuat dengan Scratch dapat disematkan. Pilihan gratis lainnya untuk membuat konten khusus termasuk teka-teki dari Jigsaw Planet, permainan interaktif dari Alat Kelas, atau kegiatan belajar dari Educandy.

Kuis dan Formulir: Siswa dapat berinteraksi dengan pembacanya atau mengumpulkan data dengan menerbitkan kuis, formulir, atau survei di blog mereka. Google Formulir adalah cara yang baik untuk membuat kuis atau survei, atau Anda dapat menggunakan alat seperti Crowd Signal.

Meme: Seperti yang dijelaskan Sharon Serena dalam postingan di blog ISTE, “Meme adalah perangkat pendidikan yang hebat bagi guru dan siswa untuk mempromosikan kejelasan, pedagogi, dan humor”.

GIFS: Seperti meme, GIF mungkin memberikan opsi menyenangkan lainnya untuk menambah humor dan kreativitas pada portofolio siswa. Peringatan: situs GIF populer biasanya berisi konten yang tidak sesuai untuk anak-anak. Gifs4Kids adalah sumber daya online dengan GIF animasi ramah siswa. Lihat posting ini oleh Julie Smith untuk saran lebih lanjut tentang alat untuk membuat GIF.


Proses Refleksi

Portofolio biasanya terdiri lebih dari sekedar artefak itu sendiri dan akan mencakup beberapa bentuk refleksi.

Siswa dapat merefleksikan apa yang telah mereka pelajari, keberhasilan dan "kegagalan" mereka, proses pemecahan masalah mereka, dan rencana atau tujuan masa depan mereka. Entri reflektif dapat memberi pendidik wawasan tentang bagaimana siswa belajar, bukan hanya apa yang telah mereka pelajari.

Terkadang siswa diberi petunjuk atau kerangka kerja untuk mengarahkan refleksi mereka. Anda mungkin secara alami menganggap bagian reflektif dari portofolio sebagai entri teks tetapi untuk beberapa siswa, mereka menemukan lebih banyak kesuksesan dan kesenangan saat membuat refleksi audio atau video.

Sementara sebagian besar pendidik menanamkan budaya refleksi ke dalam program portofolio mereka, ada pendidik lain yang merasa bahwa dorongan untuk berefleksi mungkin terlalu dini dan siswa harus diberi kebebasan pada ruang online mereka pada awalnya.

Penilaian pada Portfolio Digital

Penilaian adalah bentuknya, bukan fungsinya. Guru menilai pembelajaran siswa untuk menemukan apakah pemahaman mereka tentang konsep atau kemampuan untuk mendemonstrasikan suatu keterampilan berada pada tingkat mahir, dan jika tidak, maka untuk menanggapi sesuai dengan itu. Untuk memahami bagaimana asesmen portofolio telah berkembang hingga saat ini, akan sangat membantu untuk memahami asesmen secara umum dan bagaimana portofolio berusaha menangkap informasi kualitatif di kelas yang dapat mewakili keseluruhan anak dengan lebih baik.

Penilaian dapat didefinisikan sebagai proses dan alat yang digunakan untuk mengungkapkan informasi tentang kemajuan dan pencapaian peserta didik. Sebagai guru, kami menetapkan nilai-nilai tertentu ke tingkat perkembangan yang kemungkinan besar dicapai siswa sebagai pembaca, penulis, dan pemikir. Semakin banyak informasi yang dapat kita peroleh mengenai kemampuan siswa, semakin baik dan lebih luas gambaran yang kita miliki untuk membuat keputusan instruksional dan kurikuler.

Tentu saja, terlalu banyak informasi dapat menyebabkan kelebihan data. Batasan tertentu harus ditentukan agar kita tetap fokus pada proses belajar mengajar daripada berkumpul dan berorganisasi. Analogi yang baik adalah kunjungan ke kantor dokter. Dokter Anda akan mengukur tekanan darah Anda, mendengarkan jantung Anda, memeriksa telinga dan mata Anda, dan sebagainya. Namun, dia tidak akan mengambil sampel darah jika penilaian awal tidak menjaminnya. Ada banyak korelasi antara kedua situasi tersebut. Usia, perkembangan kognitif yang diharapkan, pengalaman, dan faktor luar lainnya (misalnya, latar belakang pengetahuan, dukungan orang tua) juga ikut berperan saat kita membangun pemahaman tentang kekuatan, kebutuhan, dan minat siswa kita.

Penilaian merupakan bagian integral dari setiap proses belajar mengajar. Saat menggunakan Portofolio Digital , Anda memiliki beberapa pilihan dalam pendekatan penilaian dan proses masukan.

Meskipun penilaian dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, dua jenis utama adalah penilaian formatif dan sumatif.

Penilaian formatif dirancang untuk mendapatkan umpan balik tentang kinerja siswa selama pengajaran. Tujuannya adalah untuk membimbing guru dalam membuat perubahan pada perencanaan dan pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan sebaik-baiknya. Penilaian formatif kadang-kadang disebut penilaian untuk pembelajaran karena berfokus pada perkembangan pembelajaran siswa.

Penilaian sumatif memberikan pemahaman kepada guru, administrator, siswa, dan keluarga tentang pembelajaran siswa secara keseluruhan. Penilaian semacam ini umumnya terjadi di akhir pembelajaran. Penilaian sumatif kadang disebut juga penilaian pembelajaran karena berfokus pada produk pembelajaran.

Hal yang hebat tentang Portofolio digital adalah mereka memungkinkan penilaian formatif dan sumatif. Beberapa pendidik lebih memilih untuk fokus pada penilaian formatif untuk program portofolio mereka sehingga siswa dapat mendesain ulang dan meningkatkan kuantitas dan kualitas dokumen mereka selama pembelajaran.

Solusi terbaik untuk menilai Portofolio Digital

Karena Portofolio Digital memerlukan investasi waktu dan energi yang signifikan dari siswa, penting untuk menilai dengan cermat, dan penilaian berkontribusi secara substansial untuk nilai akhir siswa dalam suatu kursus. Namun, ada tantangan untuk menilai Portofolio Digital: bagaimana, misalnya, mengevaluasi kualitas "refleksi" siswa? Lebih lanjut, jika siswa melihat Portofolio Digital mereka sebagai "hanya tugas lain," maka mereka tidak akan terlibat dengannya dengan cara yang otentik dan mungkin hanya menjadi "lingkaran" lain bagi mereka untuk melewatinya. Helen Barret (2005) menyatakan bahwa "penilaian dan akuntabilitas taruhan tinggi membunuh Portofolio Digital sebagai alat reflektif untuk mendukung pembelajaran yang mendalam." Keseimbangan perlu ditemukan, salah satu yang berusaha untuk membantu siswa menghargai manfaat asli yang akan mereka alami dengan mengembangkan Portofolio Digital yang menangkap pekerjaan dan refleksi pribadi mereka, tetapi yang juga mengakui bahwa menilai Portofolio Digital bukan hanya masalah "subyektif". Dengan

kata lain, Portofolio Digital dapat bersifat pribadi, namun tetap dapat dinilai dengan standar obyektif.

Mungkin cara terbaik untuk mengatasi tantangan penilaian ini, sambil tetap memastikan bahwa siswa mendapatkan manfaat dari Portofolio Digital mereka, adalah dengan menilai Portofolio Digital dengan rubrik (seperti rubrik yang dikembangkan oleh University of Wisconsin ini). Selanjutnya, umpan balik formatif yang konsisten, baik yang ditinggalkan oleh instruktur atau oleh siswa lain, membantu pelajar mempertahankan motivasi untuk mengerjakan Portfolio Digital mereka, sementara juga memberikan umpan balik untuk membantu dalam refleksi berikutnya atau tambahan lain untuk pekerjaan mereka. Dalam hal ini, tidak perlu memberikan nilai untuk pekerjaan yang telah mereka kontribusikan - umpan balik yang disusun secara bertahap untuk memandu mereka dalam perjalanan belajar mereka bisa sangat bermanfaat.

Rubrik Penilaian Portofolio Digital

Umpan balik

Umpan balik bermakna yang berkelanjutan selama pembelajaran dapat membantu siswa mencapai potensi penuh mereka jauh lebih banyak daripada jika mereka menunggu hingga akhir semester untuk menerima nilai mereka. Saat menggunakan portofolio digital, pendidik dapat menawarkan umpan balik kepada siswa dalam platform portofolio atau melalui komunikasi pribadi seperti secara langsung atau email.

Model yang berguna untuk umpan balik disajikan oleh John Hattie dan Helen Timperley (2007) sebagai Feed Up, Feed Back, Feed Forward. Dalam model ini pelajar mempertimbangkan tiga pertanyaan:

·           Feed Up: Kemana saya pergi (apa niat belajar saya?

·           Umpan Balik: Bagaimana saya pergi (apa yang dikatakan buktinya?

·           Umpan Maju: Ke mana selanjutnya (apa langkah atau tujuan selanjutnya?)

Pengajar bukan satu-satunya yang dapat menawarkan masukan kepada siswa tentang Portofolio Digital mereka tentunya. Umpan balik dari teman sebaya atau bahkan komunitas yang lebih luas bisa sangat berharga.

Contoh Tambahan dari Portofolio Digital

Sketsa berikut menawarkan lebih banyak contoh portofolio digital dalam konteks kelas. Pertimbangkan ketiga skenario ini dan bagaimana hal itu dapat diterapkan pada tingkat kelas dan / atau disiplin Anda.

Skenario 1: Barry, seorang guru bahasa Inggris sekolah menengah, mendapati bahwa tulisan siswanya kurang dalam keterampilan dan suara. Oleh karena itu, dia membuat keputusan untuk menggunakan Google Drive untuk proyek menulis siswanya selama tahun ajaran. Ruang kelas memiliki akses ke satu gerobak Chromebook. Karena rasio satu perangkat per siswa di kelasnya, setiap pelajar memiliki akses ke tulisan dan proyek digitalnya dalam perangkat lunak dan sistem penyimpanan berbasis web ini. Siswa diajari cara membuat folder dalam Google Drive untuk berbagai proyek menulis (dibuat dengan Google Dokumen dan Slide). Pada waktu tertentu selama tahun ajaran, siswa diharapkan memilih tulisan yang mewakili karya terbaik mereka dan mempostingnya ke portofolio kinerja mereka, dihosting di Google Site. Setiap siswa diharapkan tidak hanya memilih dan menerbitkan karya tulis tetapi juga menawarkan umpan balik untuk teman sekelas. Selain itu, Barry telah terhubung dengan ruang kelas lain di negara bagian yang berbeda untuk memperluas jumlah kesempatan bagi siswanya untuk berkomunikasi dengan audiens yang bermakna. Kejelasan yang diberikan oleh guru tentang cara menggunakan Google Drive untuk mengatur proses penulisan, bersama dengan audiens otentik yang dapat memfasilitasi umpan balik dalam lingkungan online, menawarkan relevansi dan motivasi bagi siswa untuk meningkatkan suara mereka dan menerapkan keterampilan mereka dengan lebih baik.

Skenario 2: Lori, seorang guru matematika sekolah menengah, tidak melihat siswanya mentransfer pembelajaran mereka ke situasi baru. Mereka penuh hormat dan perhatian selama kelas, tetapi ketika dihadapkan dengan masalah yang serupa namun baru, para siswa kesulitan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Lori percaya bahwa hubungan yang hilang antara instruksi dan pemahaman adalah kurangnya integrasi dari delapan praktik matematika yang direkomendasikan dalam kurikulumnya (Standar Negara Inti Umum):

·           Pahami masalah dan tekun dalam menyelesaikannya.

·           Menalar secara abstrak dan kuantitatif.

·           Bangun argumen yang layak dan kritik penalaran orang lain.

·           Model dengan matematika.

·           Gunakan alat yang tepat secara strategis.

·           Perhatikan presisi.

·           Cari dan manfaatkan struktur.

·           Cari dan ekspresikan keteraturan dalam penalaran berulang.

Agar siswa menjadi lebih sadar diri tentang bagaimana praktik ini membantu mereka dalam matematika, Lori memutuskan untuk meminta kelasnya merefleksikan pembelajaran mereka setiap hari. Dia mendaftar untuk akun Kidblog. Siswa memiliki blog sendiri untuk menulis tentang bagaimana mereka menggunakan satu atau lebih praktik matematika selama pelajaran. Lori mengajari siswanya cara mengkategorikan dan menandai postingan mereka berdasarkan topik pembelajaran dan praktik matematika. Penjurnalan matematika ini terjadi di akhir pelajaran dan memiliki berbagai tujuan: memberi siswa kesempatan untuk merenungkan pekerjaan matematika mereka melalui menulis, untuk mengungkapkan pemahaman mereka tentang pelajaran hari itu untuk dibaca Lori, dan untuk menyediakan jendela bagi orang tua yang ingin lebih memahami bagaimana prestasi anak-anak mereka di sekolah. Sebagai pekerjaan rumah, alih-alih sebagai lembar kerja, siswa sering kali diharapkan untuk menanggapi setidaknya dua postingan teman sekelas di komentar. Jenis pekerjaan ini tampaknya lebih otentik, dan mempromosikan gagasan komunitas pelajar daripada anak-anak yang bersaing satu sama lain dalam belajar.

Skenario 3: Cathy, seorang guru sekolah dasar, menganggap buku catatan konferensi membaca tidak praktis. Dia ingin lebih pintar dalam mendokumentasikan tujuan membaca siswa dan membuat catatan saat dia berbicara satu lawan satu dengan siswa selama waktu membaca mandiri. Cathy belajar tentang CCPensieve, aplikasi buku catatan konferensi online yang terhubung ke model lokakarya keaksaraan 5 harian (Boushey & Moser, 2014). Dalam perangkat lunak berbasis web ini, pengajar dapat dengan cepat berpindah dari satu siswa ke siswa lainnya dan menemukan data penilaian yang dipersonalisasi yang menunjukkan pertumbuhan mereka sebagai pembaca. Menggunakan CCPensieve sebagai portofolio kemajuan, tidak perlu membuka-buka binder tebal penuh kertas untuk menemukan tujuan membaca, daftar buku yang dibaca, atau catatan strategi untuk konferensi siswa berikutnya. Cathy dapat dengan cepat melihat snapshot semua siswanya di halaman utama akun digitalnya. Selain itu, karena informasi disimpan secara online, dia dapat mengakses informasi ini dari komputer atau perangkat seluler mana pun dengan sambungan Internet.

Keuntungan lainnya adalah bagaimana CCPensieve memungkinkan orang lain untuk terlibat dalam proses tersebut. Siswa dapat menggunakan informasi tentang kehidupan membaca mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pencapaian mereka dan langkah selanjutnya. Orang tua dapat memastikan kemajuan belajar anak mereka karena bagaimana data kualitatif diatur dan dibagikan melalui email. Guru lain dapat diundang untuk melihat dan menambah portofolio kemajuan siswa. CCPensieve menjadi cara tambahan bagi rekan kerja untuk berkomunikasi dan berkolaborasi tanpa harus berada di ruangan yang sama. Cathy, kolega, dan anggota keluarga siswa semuanya adalah mitra dalam perjalanan siswa untuk menjadi pembaca seumur hidup.

Ketiga contoh ini memiliki banyak kesamaan. Pertama, setiap skenario mengidentifikasi akses khusus yang diperlukan agar guru dan siswa berhasil. Misalnya, ketika rasio siswa-teknologi 1: 1 diperlukan, hanya itu yang disediakan. Kedua, tujuan masuknya teknologi didorong oleh pedagogi. Apakah itu kebutuhan untuk memfasilitasi umpan balik rekan, untuk memasukkan siswa dalam proses penetapan dan refleksi tujuan, atau untuk mengkomunikasikan kemajuan belajar siswa dengan lebih baik, alasan untuk memasukkan alat digital sangat dalam dalam pembelajaran. Ketiga, pembelajaran siswa menjadi terlihat di luar kelas. Dalam ketiga contoh tersebut, keluarga dan teman sebaya dibawa ke proses pembelajaran. Karena hadirin inilah, otomatis karya tersebut menjadi lebih otentik dan bermakna. Elemen umum ini berfungsi untuk membingkai integrasi teknologi untuk pendidik, yang akan dibahas nanti di bab ini.


Tanya Jawab Seputar Portfolio Digital

Mengapa Anda memperkenalkan penilaian portofolio digital di kelas Anda?

Saya memulai portofolio digital sejak awal karier saya. Tujuannya adalah untuk memiliki sistem penilaian kelas yang mencerminkan apa yang dilakukan oleh para profesional dan seniman (tipe kreatif) di dunia nyata. Mereka tidak mengikuti tes — mereka memilih karya terbaik mereka untuk dipamerkan dan menjelaskan alasannya. Karena tidak mengetahui sumber daya lain yang tersedia, saya dan kolega saya mulai dengan portofolio dari awal.

Langkah pertama kami adalah mengajari siswa cara memilih artefak pembelajaran mereka selama tahun ajaran dan merefleksikannya. Hal ini menyebabkan siswa mulai mendokumentasikan pertumbuhan mereka dari waktu ke waktu, yang kemudian menyebabkan siswa memilih sendiri tujuan untuk dikerjakan di masa depan. Ini adalah pekerjaan sumatif yang ideal di bidang kreatif, di mana orang membuat rencana untuk masa depan berdasarkan apa yang telah mereka capai sejauh ini dan di mana mereka ingin tumbuh.

Dalam hal apa efek penerapan portofolio digital di sekolah unik atau tidak biasa?

Ada efek positif tentang menggunakan proses portofolio dengan siswa. Dengan merayakan pekerjaan mereka sekali dalam seperempat (ketika mereka memasukkan entri ke dalam portofolio mereka), mereka mulai melihat diri mereka sebagai pelajar — sebagai orang-orang kreatif yang dapat menyelesaikan proyek. Ada perubahan dalam konsep diri mereka, tidak harus dalam kepercayaan diri mereka, tetapi menjadi individu yang lebih reflektif.

Ada juga peningkatan metakognisi karena waktu yang diberikan bagi siswa untuk merefleksikan pembelajaran mereka. Ketika bagian pertumbuhan ditambahkan, banyak kekuatan dalam portofolio datang dengan meminta siswa mengartikulasikan apa yang mereka pelajari dan bagaimana. Itu sesuai ketentuan mereka dan difasilitasi oleh guru. Proses portofolio ini mengarah pada penetapan tujuan, yang merupakan hal yang fenomenal. Seandainya saya tetap dalam posisi saya sebagai guru studi sosial (alih-alih beralih ke kelas ulangan), saya akan menjadwalkan penetapan tujuan ini terjadi setiap minggu di mana itu menjadi kebiasaan di sekolah.

Bagaimana Anda menggambarkan karakteristik produk dari karya portofolio digital dan pendidik yang terlibat?

Bekerja dalam tim pengajar di tingkat menengah, kami benar-benar dapat melihat siswa sebagai pembelajar. Kami mendapatkan gambaran yang bagus tentang setiap orang; melihat kekuatan dan area pertumbuhan mereka didokumentasikan dalam berbagai disiplin ilmu. Ketika saya mulai mengajar jurnalisme digital menjelang akhir karir mengajar K-12 saya, kemampuan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja menjadi lebih menantang. Kursus berbasis karir seperti jurnalisme cocok untuk gaya penilaian portofolio. Apa yang mereka buat, seperti laporan berita dan review, sudah online dan dipilih karena kualitasnya. Menulis dalam berbagai genre terjadi secara alami. Pekerjaan itu relevan. Ketika sekolah dan guru memilih unit studi yang difokuskan pada suatu genre, seperti menulis persuasif dan ekspositori, pembelajaran dapat menjadi lebih banyak tentang menyelesaikan tugas daripada tentang menciptakan produk yang sebenarnya untuk audiens yang otentik.

Meskipun kami tidak menerima pelatihan apa pun tentang cara menerapkan portofolio saat sekolah kami mengikuti penilaian berbasis standar, portofolio menjadi jauh lebih masuk akal. Kami tidak lagi memberikan nomor atau surat untuk pekerjaan siswa. Alih-alih, kami melihat pada pengetahuan dan keterampilan khusus di mana siswa harus menunjukkan kemahiran dan kemudian membangun penilaian dan mengembangkan kurikulum di sekitar mereka. Penilaian berbasis standar dan penilaian portofolio melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menunjukkan perjalanan belajar siswa dari waktu ke waktu.

Sumber daya apa yang digunakan untuk mendukung penggunaan portofolio digital?

Menjadi digital dengan portofolio siswa menuntut sumber daya teknologi. Manfaat terbesar adalah peningkatan komunikasi dengan keluarga dan menghadirkan audiens yang lebih autentik. Tim kami menggunakan Weebly bagi siswa untuk memamerkan pembelajaran mereka secara online. Istri saya pergi ke sekolah dengan salah satu pengembang Weebly. Ketika dia membagikan alat baru ini dengan saya, saya berpikir, "Hei, anak-anak kita dapat menggunakan ini untuk portofolio digital mereka." Kami telah menggunakan Dreamweaver, yang mengharuskan siswa untuk benar-benar membangun situs web selain memposting karya mereka. Melalui Weebly, siswa kami dapat fokus pada pembelajaran. Salah satu hasil dari penggunaan portofolio online adalah jejak digital positif yang mereka buat melalui proses tersebut. Jika portofolio tidak tetap bersama mereka setelah lulus, itu tidak nyata.

Hasil spesifik apa yang Anda kaitkan dengan penggunaan portofolio digital?

Hasil positif dari budaya penilaian portofolio tidak hanya diperuntukkan bagi siswa. Profesionalisme juga meningkat ketika kami, sebagai guru, berkolaborasi dalam inisiatif ini. Saya tidak akan bekerja sedekat ini dengan kolega saya di tim saya jika penilaian portofolio bukan bagian dari pekerjaan kami.

Menurut Anda, faktor lain apa yang berkontribusi terhadap pencapaian hasil ini?

Dukungan dari administrator kami, seperti menyediakan waktu untuk mendiskusikan pembelajaran siswa dan mengembangkan penilaian otentik, diperlukan untuk memungkinkan hal ini terjadi. Ini merupakan tambahan dari keputusan kabupaten untuk menggunakan sistem pelaporan yang lebih ramah siswa (mis., Penilaian berbasis standar). Faktor lain yang membuat siswa menjadi lebih perhatian dan reflektif tentang pembelajaran mereka termasuk budaya sekolah di mana kepemimpinan guru dihormati dan didorong.

Masalah apa yang Anda temui saat mengembangkan atau memperkenalkan portofolio digital?

Penilaian portofolio tidak datang tanpa masalah. Setiap perubahan signifikan dalam penampilan dan cara kerja sekolah bagi siswa akan mengalami hambatan di jalan. Bagi kami, sebagian besar masalah berasal dari teknologi itu sendiri. Membuat siswa mengunggah kreasi multimedia mereka, seperti video dan gambar, terbukti menjadi tantangan bagi kita semua. Kekuatan bandwidth dan jenis file yang berbeda mempengaruhi proses ini. Selain itu, kami sebagai guru harus memastikan bahwa kami mematuhi pedoman FERPA (Undang-Undang Hak Pendidikan dan Privasi Keluarga) dan COPPA (Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak) terkait privasi dan informasi siswa. Memberikan akses universal kepada semua siswa terkait teknologi juga bisa menjadi penghalang jalan. Akses ini termasuk kendala bahasa, karena sejumlah siswa kami dan keluarganya menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama mereka. Memastikan bahwa pembelajaran siswa dikomunikasikan bukanlah proses yang mudah.

Apa lagi yang menurut Anda harus diketahui oleh guru atau sekolah sebelum menerapkan portofolio digital?

Pertama, pilih platform portofolio digital dengan bijak. Hal ini membuat perbedaan besar tentang betapa mudahnya bagi siswa untuk mengunggah pekerjaan mereka, merefleksikannya, dan menetapkan tujuan untuk masa depan. Kedua, tunjukkan kepada siswa bagaimana mengkurasi portofolio digital. Jangan berasumsi bahwa mereka tahu caranya karena mereka terbiasa dengan alat-alat digital. Buatlah contoh atau temukan contoh yang kuat tentang seperti apa portofolio siswa dapat dan seharusnya terlihat. Ajarkan penilaian portofolio seperti Anda akan mengajarkan tugas kompleks lainnya. Ketiga, kerjakan pekerjaan rumah Anda tentang undang-undang privasi siswa. Cari tahu apa yang dinyatakan oleh kebijakan distrik tentang penilaian portofolio digital, dan pastikan Anda memiliki dukungan administratif. Terakhir, jika memungkinkan, fasilitasi penilaian portofolio dengan tim guru — atau seluruh sekolah. Saling meminta pertanggungjawaban untuk melakukan jenis pekerjaan ini, yang tidak datang secara alami bagi mereka yang terbiasa dengan pendekatan pendidikan yang lebih tradisional. Anda belajar lebih banyak tentang siswa Anda ketika semua orang berkontribusi dalam perjalanan belajar mereka — termasuk siswa!

Praktik terbaik untuk Guru

Ketika ePortofolio memiliki serapan kelembagaan yang lebih luas, siswa akan didorong di semua kursus mereka untuk menggunakan ePortofolio mereka, dan untuk merefleksikan dan membuat hubungan antara semua kursus dan pengalaman akademis mereka. Oleh karena itu, ePortofolio paling efektif jika ditetapkan sebagai inisiatif di seluruh lembaga atau program, tetapi masih dapat berhasil di tingkat kursus individu. Untuk memastikan keberhasilan ini, penting untuk mengamati sejumlah praktik terbaik. Ada beberapa praktik baik yang bisa kita jadikan panduan untuk merangcang suatu portfolio digital di sekolahnya.

1.     Jelaskan manfaat ePortofolio kepada siswa

Portofolio digital dapat membantu pelajar mengembangkan pembelajaran baru atau yang lebih dalam, yang menghasilkan nilai yang lebih tinggi; membantu pelajar mengembangkan perasaan yang lebih baik tentang diri mereka sendiri sebagai siswa dan sebagai individu; dibagikan dengan teman dan anggota keluarga; dan memamerkan prestasi pelajar saat mereka melamar pekerjaan.

2.     Tetapkan ekspektasi yang jelas

Jelaskan kepada siswa Anda apa yang Anda harapkan untuk mereka lakukan di Portofolio digital mereka. Peserta didik mungkin mengalami kesulitan memahami kebutuhan mereka untuk merefleksikan pekerjaan mereka dan kebutuhan mereka untuk membuat hubungan antara kursus dan pengalaman yang berbeda.

3.     Berikan banyak contoh Portofolio digital sukses yang dibuat oleh siswa

Arahkan siswa ke contoh Portofolio Digital efektif yang dibuat oleh siswa Waterloo, seperti Inkless, Portofolio digital yang berfokus pada proyek yang dibuat oleh siswa Teknik Mekatronika Kevin Liu atau Portofolio digital ini oleh siswa Integrasi Pengetahuan Danielle Cruz yang menampilkan "sorotan keterampilan kursus" dan banyak lagi.

4.     Pembelajaran perancah siswa

Bantulah siswa memulai dari yang kecil: minta mereka untuk memilih hanya satu dokumen (seperti esai) dan mintalah mereka merenungkan tantangan yang harus mereka hadapi saat mereka menulis esai mereka. Atau, mintalah siswa memilih dua tugas dari mata pelajaran yang berbeda, dan mintalah mereka merenungkan bagaimana masing-masing tugas tersebut membantu mereka untuk lebih memahami tugas lainnya.

5.     Jalani pembicaraan

Buat Portofolio digital untuk Anda sendiri dan bagikan dengan siswa Anda. Anda akan lebih memahami tantangan dan manfaat mempertahankan Portfolio digital, dan juga akan meyakinkan siswa bahwa ini adalah upaya yang bermanfaat.

6.     Ikat Portofolio digital dengan penilaian

Mempertahankan Portofolio digital membutuhkan banyak waktu dan energi dari siswa, dan mereka akan membencinya jika waktu dan energi mereka tidak tercermin dalam nilai akhir mereka. Jika Portofolio digital hanyalah tugas opsional yang didorong tetapi tidak diwajibkan, sebagian besar siswa tidak akan melakukannya.

7.     Bersosialisasi

Integrasikan melihat dan mengomentari Portofolio digital siswa lain sebagai bagian dari penilaian. Anda dapat, misalnya, memiliki tautan ke blog setiap siswa di ruang online yang berupa website sekolah Anda. Selain itu, Anda dapat membuat forum diskusi di ruang online tempat siswa memberikan komentar yang berguna dan mendorong satu sama lain untuk Portofolio digital. Portofolio digital, kemudian, menjadi bagian integral dari komunitas online siswa.

Aplikasi untuk Membuat Portofolio Digital

Tiga proses terlibat dalam pembuatan portofolio: pengumpulan, pemilihan, dan refleksi. Masing-masing proses ini melatih siswa dalam sejumlah keterampilan. Bersama-sama, mereka memberi siswa pola pikir yang tepat untuk membantu mereka mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka dan berkembang sebagai pelajar seumur hidup pemula.

Ada banyak manfaat yang akan diperoleh siswa dengan memasukkan portofolio dalam pembelajaran mereka. Berikut adalah daftar ringkasan dari beberapa manfaatnya:

1. Portofolio memungkinkan siswa mencatat pembelajaran mereka dan mendokumentasikan pertumbuhan mereka selama periode waktu tertentu.

2.  Mereka memberi siswa tempat di mana mereka dapat memamerkan pembelajaran mereka.

3.  Mereka dapat digunakan sebagai alat untuk penilaian diri, refleksi diri dan pengembangan pribadi.

4.    Mereka membantu siswa fokus pada proses pembelajaran daripada produk akhir.

5.     Mereka mempromosikan pembelajaran yang lebih dalam karena siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran.

6.     Mereka mengembangkan keterampilan metakognitif siswa (praktik reflektif) dan membantu mereka mengendalikan pembelajaran mereka.

7.     Mereka memberdayakan suara siswa.

8.     Mereka adalah 'metode penemuan diri dan membangun kepercayaan diri'.

9.     Mereka membantu siswa mengembangkan identitas pribadi dan akademis.

10.  Mereka membantu siswa dalam menemukan kekuatan dan kelemahan mereka dan merencanakan perbaikan di masa depan.

11.  Mereka mengundang masukan dari guru dan rekan.

12.  Mereka membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis mereka.

13.  Portofolio menyajikan bukti nyata dari pekerjaan dan pencapaian Anda kepada calon pemberi kerja.

Berikut adalah beberapa alat web yang dapat digunakan siswa untuk membuat portofolio digital. Kami telah meninjau beberapa di antaranya selama beberapa tahun terakhir. Tetapi jika Anda ingin bertanya kepada kami tentang yang paling kami rekomendasikan, kami akan mengarahkan Anda ke yang berikut:

1- Situs Google

Ini adalah salah satu platform terbaik yang kami rekomendasikan untuk guru selama beberapa tahun terakhir. Siswa dapat menggunakannya untuk membuat dan menghosting portofolio digital mereka sendiri. Situs ini sederhana dan mudah digunakan dan mereka dapat menyiapkan situs web baru dalam beberapa menit. Mereka dapat membuat halaman sebanyak yang mereka inginkan, lalu mengunggah konten mereka, dan berbagi dengan orang lain. Bantuan Situs memiliki semua yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan Google Sites secara efektif.

2- Weebly

Ini adalah situs web bagus lainnya yang dapat digunakan siswa untuk membuat portofolio digital. Seperti Google Sites, Weebly memberi pengguna editor seret dan lepas sederhana yang memungkinkan Anda mendesain situs web seperti yang Anda inginkan. Tidak ada pengetahuan HTML atau pengkodean yang diperoleh. Anda cukup memilih template, menyesuaikannya dengan konten Anda sendiri, dan menerbitkannya ke web.

3- Google Slides

Google Slides dapat digunakan untuk membuat portofolio digital dalam bentuk presentasi. Sebenarnya ada template yang sudah dibuat sebelumnya untuk itu. Template Portofolio ini memberi siswa tata letak dan struktur tentatif untuk membangun portofolio mereka sendiri.

4- Seesaw

Jungkat-jungkit adalah alat yang ampuh untuk membantu siswa membuat dan berbagi portofolio digital. Ini memungkinkan mereka untuk menangkap dan menampilkan pembelajaran mereka dalam berbagai format. Mereka dapat memasukkan video, gambar, catatan teks, tautan, dan beberapa materi lain ke dalam portofolionya. Guru dan orang tua dapat dengan mudah mengakses dan memeriksa pekerjaan siswa.

5- Evernote

Ini adalah opsi praktis lainnya untuk membuat portofolio digital. Siswa mencatat pemikiran mereka menggunakan catatan kemudian menyempurnakan catatan tersebut menggunakan hal-hal seperti foto, file audio, tautan, dan lampiran. Evernote menyediakan berbagai fitur organisasi yang memungkinkan pengguna mengatur pekerjaan mereka secara efektif sehingga dapat dengan mudah dicari dan diakses di berbagai perangkat. 

Sumber:

http://www.ascd.org/publications/books/117005/chapters/Defining-Digital-Portfolios.aspx

https://campuspress.com/student-digital-portfolios-guide/

https://www.educatorstechnology.com/2018/01/5-of-best-tools-to-create-digital.html

https://uwaterloo.ca/centre-for-teaching-excellence/teaching-resources/teaching-tips/educational-technologies/all/eportfolios


0 comments:

Posting Komentar