Sabtu, 15 Mei 2021

Cara Menanamkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Anda, Agar Lulusannya Siap Menghadapi Tantangan Masa Depan

Saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat di segala bidang dan terutama didalam bidang teknologi informasi.

Semuanya maju cepat sekarang, smartphone dan tablet ramping dan selalu berubah, layanan streaming telah mengubah cara kita mengonsumsi hiburan, dan ekonomi global yang semakin meningkat telah mengubah cara kita melakukan segalanya mulai dari belanja bahan makanan hingga liburan.

Dalam menghadapi perubahan yang begitu cepat, para pendidik dan praktisi pendidikan mempromosikan keterampilan abad ke-21 untuk mempersiapkan siswa menghadapi masa depan yang tidak diketahui dan pekerjaan yang selalu berubah tuntutannya.

Apa keterampilan abad ke-21 itu?

Keterampilan abad ke-21 adalah berbagai kompetensi, yang diajarkan di semua tingkat pendidikan, yang memberi siswa keterampilan yang mereka butuhkan untuk memandu angkatan kerja yang selalu berubah.

Menurut Bernie Trilling dan Charles Fadel, penulis 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, keterampilan abad ke-21 mencerminkan gagasan bahwa "dunia telah berubah secara mendasar dalam beberapa dekade terakhir sehingga peran pembelajaran dan pendidikan di zaman kehidupan hari ini juga telah berubah selamanya. "

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi Negara Maju, Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) mencatat bahwa keterampilan abad ke-21 mengubah siswa menjadi "ahli serba bisa," yaitu, siswa yang dapat "menerapkan kedalaman keterampilan ke lingkup situasi dan pengalaman yang semakin luas, memperoleh kompetensi baru, membangun hubungan dan mengambil peran baru. "

Sejak akhir 1980-an, para guru dan kepala sekolah telah berupaya memenuhi kebutuhan akan keterampilan abad ke-21 dengan ruang kerja kolaboratif, ruang kelas pembelajaran yang terbalik, jam jenius, gamifikasi, dan bahkan elemen matematika inti umum.

Mengapa keterampilan abad ke-21 itu penting?

OECD telah menjelaskan tren globalisasi yang sedang berlangsung, kemajuan teknologi, dan perubahan demografis yang sepertinya tidak akan melambat dalam waktu dekat.

Teknologi meningkat dengan kecepatan eksponensial. Barang dan jasa secara rutin diangkut ke seluruh dunia setiap hari, dan sebuah studi dari Psychology Today menemukan rata-rata pekerja milenial berganti pekerjaan setiap 4,4 tahun.

Menurut OECD,

Kita hidup di dunia yang berubah cepat, dan menghasilkan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan yang sama tidak akan cukup untuk mengatasi tantangan masa depan. Satu generasi yang lalu, para guru dapat berharap bahwa apa yang mereka ajarkan akan bertahan seumur hidup siswa mereka. Saat ini, karena perubahan ekonomi dan sosial yang cepat, sekolah harus mempersiapkan siswa untuk pekerjaan yang belum diciptakan, teknologi yang belum ditemukan dan masalah yang belum kita ketahui akan muncul. ”

Tekankan kemampuan beradaptasi, keterampilan teknologi, dan semua keterampilan abad ke-21 lainnya yang tercantum di bawah ini untuk membantu siswa Anda berkembang dalam menghadapi tantangan baru.

Seperti apa keterampilan abad ke-21 dalam pendidikan?

Keterampilan abad 21 dalam pendidikan mengharapkan outcamenya berupa siswa harus yang mampu memecahkan masalah yang kompleks saat terjadi di dalam kehidupannya. Pemecahan masalah yang efektif melibatkan beberapa elemen:

  • Belajar dari masalah sebelumnya
  • Menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah yang ada
  • Memecahkan masalah secara mandiri atau sebagai kelompok
  • Menyesuaikan perilaku dengan lingkungan yang berbeda

Kebiasaan mencari solusi meminta siswa untuk mendefinisikan masalah, mengembangkan dan menyampaikan solusi serta mengevaluasi proses dan hasil. Ada enam langkah kunci untuk kelancaran mendapatkan solusi:

  •  Tentukan - Putuskan apa yang perlu diselesaikan
  • Temukan - Kumpulkan pengetahuan dan teliti masalahnya
  • Mimpikan - Pikirkan tentang kemungkinan cara menyelesaikan masalah, dan bayangkan seperti apa hasil akhirnya yang Anda inginkan
  • Desain - Gunakan informasi dari langkah sebelumnya untuk mulai membangun solusi Anda
  • Kirimkan - Selesaikan dan tunjukkan proyek (juga dikenal sebagai Produce and Publish)
  • Refleksikan - Renungkan di mana proyek berhasil dan apa yang bisa lebih efektif di lain waktu

Dengan keterampilan ini, siswa dapat menguasai masalah baru yang mungkin mereka hadapi, baik di kelas maupun di tempat kerja.

Berpikir analitis adalah langkah penting sebelum berpikir kritis. Untuk berpikir kritis tentang sesuatu, siswa perlu menganalisis dan memecahnya.

Pemikiran analitis dapat melibatkan:

  • Memisahkan fakta dari opini
  • Menentukan poin-poin penting dalam sebuah teks
  • Melihat pola dan hubungan
  • Memecah masalah kompleks menjadi langkah-langkah kecil
  • Mengidentifikasi sebab dan akibat
  • Memproses informasi secara logis

Siswa Anda harus merasa nyaman dengan langkah-langkah ini sebelum mereka dapat menilai keandalan dan menafsirkan informasi.

Berpikir analitis adalah tingkat keempat dalam Taksonomi Bloom, cara untuk mengatur keterampilan kognitif untuk pembelajaran siswa.

Di kelas dan dalam kehidupan sehari-hari, siswa tidak hanya menerima informasi secara pasif. Mereka mengikuti, berbagi, dan menyukai konten online - jadi mengajari mereka untuk berpikir kritis tentang sumber dan makna sangatlah penting.

Berpikir kritis, langkah demi langkah berpikir analitis, mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan metakognisi dan berpikir lebih dalam tentang masalah yang mereka hadapi. Seperti yang dinyatakan oleh sebuah studi,

 

Hanya memiliki pengetahuan atau informasi saja tidak cukup. Agar efektif di tempat kerja (dan dalam kehidupan pribadi mereka), siswa harus mampu memecahkan masalah untuk membuat keputusan yang efektif; mereka harus bisa berpikir kritis. "

Untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis pada siswa Anda, dorong pertanyaan seperti:

  •  “Apa pendapatmu tentang ini?”
  • “Kenapa kamu berpikir begitu?”
  • “Berdasarkan apa pengetahuan Anda?"
  •  “Apa yang tersirat atau diandaikan?”
  • “Apa yang menjelaskannya, menghubungkannya, mengarahkan darinya?”
  • “Bagaimana Anda melihat informasi?”
  • “Haruskah informasi dilihat secara berbeda?”

Insinyur, musisi, guru, dan akuntan dalam setiap pekerjaan, pekerja perlu menggunakan keterampilan berpikir kreatif untuk mengembangkan solusi inovatif untuk masalah yang kompleks.

Solusi kreatif melibatkan penggunaan alat digital dan non-digital untuk menghasilkan ide-ide unik dan berguna, atau membuat hubungan antara ide-ide yang sebelumnya tidak terkait.

Ketika siswa menggunakan keterampilan berpikir kreatif, mereka mengambil informasi dari analisis masalah dan kesimpulan dari kritik mereka, dan menggunakannya untuk membuat sesuatu yang baru.

Untuk mengajarkan pemikiran kreatif, guru memerlukan izin dari pimpinan sekolah untuk melakukan pendekatan pengajaran di kelas, tugas siswa, dan pencapaian tujuan dari berbagai sudut. Ini bisa termasuk:

  • Tempat duduk fleksibel

Sebagai seorang guru, Anda tidak selalu dapat memilih ruang kelas Anda. Tetapi Anda selalu dapat memilih bagaimana Anda mengaturnya. Pilihan itu seperti yang ditunjukkan oleh penelitian susunan kelas yang dibedakan dapat berdampak mendalam pada cara siswa Anda belajar.

  • Pembelajaran berbasis inkuiri

Dari sudut pandang guru, pengajaran berbasis inkuiri berfokus pada menggerakkan siswa melampaui keingintahuan umum ke dalam ranah pemikiran kritis dan pemahaman. Anda harus mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mendukung mereka melalui proses penyelidikan, memahami kapan harus memulai dan bagaimana menyusun kegiatan inkuiri.

  • Pengajaran interdisipliner

Tujuan dari pedagogi ini adalah untuk mendorong siswa membuat hubungan antar disiplin akademis. Misalnya, Anda dapat menugaskan kelas Anda untuk menentukan mengapa seorang tokoh sejarah yang kuat membuat keputusan tertentu. Menyelesaikan kegiatan ini mungkin membutuhkan wawasan dari politik, ekonomi dan sosiologi, serta sejarah. Di atas manfaat yang disebutkan, mereka kemungkinan akan membangun pemahaman yang terinformasi dan lebih lengkap tentang topik yang mereka pelajari.

  •  Menekankan kolaborasi siswa

Kolaborasi sangat penting dalam hal bekerja dan hidup dalam masyarakat yang kooperatif. Globalisasi dan teknologi komunikasi baru telah mengubah cara berpikir kita tentang kerja sama di tempat kerja dan di luarnya.

Ingin mendorong kolaborasi di sekolah Anda? Coba teknik ini:

Dorong guru untuk menugaskan proyek kolaboratif. Ada banyak cara untuk menjadikan kerja kolaboratif menyenangkan dan menarik bagi siswa. Selain itu, mereka mempelajari keterampilan berharga yang akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari.

Memberikan kegiatan ekstrakurikuler yang melibatkan siswa secara aktif. Tawarkan klub seputar minat yang sama, seperti robotika, catur, atau mading. Tantang siswa untuk bekerja sama dalam sebuah proyek atau dalam kompetisi, dan lihat apa yang terjadi!

Dorong guru untuk berkolaborasi dalam memimpin kegiatan setelah sekolah, membuat tugas interdisipliner, dan berbagi nasihat profesional. Saat siswa melihat guru berkolaborasi, mereka akan cenderung mencobanya sendiri.

Baik dalam ruang digital maupun fisik, siswa harus dapat mengembangkan ide dan mengerjakan proyek bersama.

Menurut OECD, literasi saat ini adalah tentang mengelola "struktur informasi non-linear", seperti internet, dan belajar untuk memisahkan informasi dari informasi yang salah atau hoaks.

Ini berarti ketika siswa menerima informasi (secara pasif menggulir melalui media sosial) atau mencari informasi (menulis makalah penelitian), mereka harus dapat menemukan sumber yang dapat dipercaya, mengidentifikasi informasi yang relevan, dan menafsirkan apa yang mereka konsumsi dengan benar.

Di sekolah Anda, Anda dapat mendorong guru untuk:

  • Pelajari praktik penelitian terbaik dengan siswa
  • Periksa keterandalan sumber berita atau postingan media sosial populer
  • Bangun informasi dan analisis media ke dalam kegiatan kelas, sehingga siswa dapat belajar secara langsung bagaimana memilah pengetahuan dari misinformasi

Para siswa saat ini menggunakan teknologi untuk mencapai tujuan secara berbeda. Alih-alih pergi ke perpustakaan dan menjelajahi tumpukan untuk menemukan materi penelitian, mereka membuka internet dan menjelajahi ratusan database online yang berisi informasi.

Menurut kelompok peneliti di Belanda, siswa yang lulus harus memiliki:

"Keterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk secara efisien mencari, memilih, dan mengatur informasi untuk membuat keputusan yang tepat tentang sumber informasi yang paling sesuai untuk tugas tertentu."

Jadi, seperti apa pemahaman Anda tentang literasi ini?

  • Ajari siswa cara kerja mesin pencari informasi, dan cara menggunakan alat penelusuran untuk menemukan informasi yang dapat diandalkan dengan cepat.
  • Tantang guru untuk memperkenalkan program perangkat lunak baru ke dalam kelas mereka yang mengajarkan keterampilan yang relevan atau menawarkan sumber belajar.
  • Pertimbangkan untuk menawarkan kursus yang mengajarkan siswa dasar-dasar pengkodean, atau menjalankan klub robotika atau komputer setelah pulang sekolah.

Pepatah lama, "Ini bukan apa yang Anda tahu, itu yang Anda kenal," masih berlaku sampai sekarang. Menurut Julia Freeland Fisher, direktur penelitian pendidikan di Clayton Christensen Institute,

Di tengah mempersenjatai lulusan sekolah menengah abad ke-21 dengan segala jenis keterampilan keras dan lunak yang dituntut oleh kehidupan modern dan pekerjaan, kita juga harus bertujuan untuk mempersenjatai mereka dengan jaringan yang kuat, andal, dan beragam.”

Kesenjangan jaringan sama berbahayanya bagi siswa seperti kesenjangan keterampilan, dan dapat berkontribusi pada ketidaksetaraan. Siswa yang kurang beruntung secara ekonomi atau sosial seringkali kurang dapat membuat koneksi profesional sejak dini, atau bahkan menyadari bahwa mereka perlu melakukannya.

Untuk memberikan dorongan kepada semua siswa Anda dalam hal jaringan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Berlatih di kelas karier - Mintalah siswa memikirkan tentang peluang karier apa yang ingin mereka kejar, dan praktikkan memperkenalkan diri di acara jaringan tiruan.
  • Gunakan teknologi pendidikan - Ada banyak sumber belajar online yang menghubungkan siswa dengan profesional, rekan kerja, dan sumber belajar untuk membantu mereka berhasil di dalam dan di luar kelas.
  • Undang profesional ke dalam kelas - Dorong guru untuk mengundang profesional yang relevan ke dalam kelas untuk membicarakan tentang penerapan dunia nyata dari apa yang siswa pelajari.

Bagaiman caranya menanamkan keterampilan abad ke-21 di sekolah Anda?

Tidak hanya terbatas pada mata pelajaran STEM, keterampilan abad ke-21 terlihat berbeda di setiap sekolah.

Fokus pada keterampilan abad ke-21 dapat menjadi bagian dari pernyataan visi dan misi sekolah Anda, atau hanya satu bagian dari membangun siswa yang siap.

Bagaimanapun Anda memilih untuk menekankannya, ada beberapa strategi yang dapat mempromosikan keterampilan abad ke-21 di sekolah Anda:

Aplikasi teknologi pendidikan membantu siswa mempelajari konten pembelajaran yang relevan dengan cara yang menarik dan dapat diterapkan, dan mereka sering kali mengajarkan keterampilan literasi komputer dan digital.

Guru tahu apa yang dibutuhkan siswanya, tetapi mereka sering kekurangan akses ke alat, sumber belajar, dan pelatihan.

Seperti yang ditulis seorang pemimpin daerah yang berpikiran maju dalam dunia pendidikan,

“Pimpinan di daerah baik bupati/walikota dan gubernur harus memberi guru peluang pengembangan profesional yang mereka butuhkan untuk membawa ruang kelas mereka memasuki abad ke-21, bersama dengan melengkapi infrastruktur untuk mendukung pembelajaran digital untuk semua siswa, tidak hanya mereka yang berasal dari daerah yang pendapatannya banyak.”

Seperti ini kah di sekolah Anda:

  • Siapkan rencana pembelajaran pribadi yang memberdayakan guru untuk mencari peluang peningkatan keterampilan dan menetapkan tujuan pembelajaran yang konkret.
  • Atur kegiatan pengajaran dengan rekan, di mana guru dapat mengobrol dan mengamati rekan mereka untuk melihat bagaimana setiap guru menggabungkan keterampilan abad ke-21 ke dalam kelas mereka.

   Jalankan pelatihan yang membekali guru untuk menggunakan strategi pembelajaran baru baru atau penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, memberikan mereka demonstrasi langsung dan menawarkan titik masuk konkret untuk dibawa ke kelas mereka. Strategi pembelajaran baru dapat berupa visualisasi informasi, siswa memimpin kelas/model flipped classroom, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pembelajaran diferensiasi, dan pembelajaran berbasis inkuri. Misalnya untuk pembelajaran difererensiasi, menjadi penting untuk memberikan tugas kepada masing-masing siswa berdasarkan tingkat kemahiran mereka sehingga siswa dengan kemampuan akademik yang lebih tinggi dapat lebih menantang diri mereka sendiri dan siswa yang kesulitan mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan diri.


Pembelajaran yang dipersonalisasi melibatkan siswa dalam proses pembelajaran mereka sendiri, mengajari mereka beberapa keterampilan yang berharga:

  •  Komunikasi
  • Keterampilan kolaboratif
  • Penetapan tujuan yang efektif
  • Penilaian diri dan kepercayaan diri pada keterampilan yang ada

Meskipun dapat memiliki banyak bentuk bergantung pada kebutuhan sekolah Anda, pembelajaran yang dipersonalisasi mengubah cara guru dan siswa dalam mendekati pembelajaran.

Mendorong keberagaman di kelas dapat mempersiapkan siswa untuk berkomunikasi dan menghargai keberagaman yang akan mereka temui saat mulai bekerja.

Berikut beberapa cara untuk memulai:

  • Pengembangan profesional - Dorong guru di sekolah Anda untuk mengajarkan keberagaman dengan memberi mereka kesempatan untuk belajar cara mengajar di ruang kelas global.
  • Terhubung dengan orang tua dan komunitas - Bagaimana Anda bisa mengajar siswa untuk memasuki dunia kerja jika Anda tidak memahami komunitas tempat mereka tinggal sekarang.
  • Pekerjakan secara beragam - Seorang guru atau tenaga kependidikan yang mencerminkan keragaman di sekolah Anda dan dalam kehidupan nyata akan memaparkan siswa Anda pada ide dan gaya mengajar yang berbeda, sehingga membuat mereka lebih kuat sebagai hasilnya.

Salah satu cara terbaik untuk mendorong siswa berpikir kritis dan menarik kesimpulan antara data, media, dan mata pelajaran adalah pembelajaran lintas mata pelajaran.

Saat hambatan global tidak ada lagi, rasanya pantas untuk mencerminkannya di dalam kelas.

Dengan pembelajaran lintas mata pelajaran, siswa akan:

  • Berkolaborasi dalam proyek
  • Buat hubungan baru antar subjek
  • Pikirkan secara kritis tentang pertanyaan yang diajukan

Anda dapat mendorong pembelajaran lintas mata pelajaran di sekolah Anda dengan memasangkan guru mata pelajaran khusus satu sama lain dan menantang mereka untuk membuat proyek, atau dengan menawarkan pengembangan profesional untuk guru yang menunjukkan kepada mereka cara terbaik untuk mendekati pembelajaran lintas mata pelajaran.


Siswa Anda mungkin menghargai mata pelajaran yang tidak mereka sukai setelah berpartisipasi dalam unit, pelajaran, atau kegiatan lintas mata pelajaran.

Itu karena mereka belajar bagaimana keterampilan dan konsep berhubungan dengan disiplin ilmu yang mereka sukai. Ditambah dengan waktu untuk mempraktikkan keterampilan tersebut dan menggunakan konsep tersebut, Anda akan melihat hasil yang positif di seluruh kelas.

Siswa yang terlibat, guru yang bahagia.

Strategi pembelajaran lintas mata pelajaran memiliki beberapa tumpang tindih yang signifikan dengan sejumlah pendekatan pedagogis lainnya. Pertimbangkan untuk mempelajari lebih banyak tentang strategi pembelajaran untuk mendapatkan inspirasi dan memperkaya perangkat pedagogis Anda!

Strategi pembelajaran aktif memposisikan siswa di tengah proses pembelajaran, memperkaya pengalaman kelas dan meningkatkan keterlibatan.

Berbeda dengan kegiatan belajar tradisional, kegiatan belajar berdasarkan pengalaman membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman langsung.

Pembelajaran berbasis proyek menggunakan pendekatan terbuka di mana siswa bekerja sendiri atau secara kolektif untuk menghasilkan pertanyaan atau tantangan terkait kurikulum yang menarik dan rumit.

Pembelajaran berbasis inkuiri dibagi menjadi empat kategori, yang semuanya mempromosikan pentingnya pertanyaan, ide, dan analisis pengembangan siswa Anda.

Baca juga pembelajaran berbasis inkuiri DISINI.

Pembelajaran adaptif berfokus pada perubahan - atau "adaptasi" - konten pembelajaran untuk siswa secara individu, terutama dengan bantuan teknologi.

Kesimpulan tentang keterampilan abad ke-21.

Di dunia yang cepat dan terus berubah saat ini, keterampilan abad ke-21 sangat penting. Saat siswa mampu beradaptasi dengan persyaratan baru dan mengatasi hambatan tak terduga, mereka akan berkembang di mana pun kehidupan mereka membawa mereka.

Fokus Anda pada keterampilan abad ke-21 harus bergerak lebih dari sekadar garis dalam pernyataan visi dan misi sekolah Anda dan ke dalam ruang kelas praktis dan aplikasi di seluruh sekolah. Mulailah dengan lambat, dan tingkatkan ke atas jika terasa menakutkan. Siswa akan menuai manfaat di dalam dan di luar kelas.

Sumber:

https://www.prodigygame.com/main-en/blog/21st-century-skills/


0 comments:

Posting Komentar