Minggu, 06 November 2022

CARA MEMBUAT LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BESERTA CONTOH

Diferensiasi kurikulum merupakan strategi pengeloaan pembelajaran yang didasarkan pada perbedaan siswa berdasarkan minat, bakat, kesiapan belajar, dan profil belajar siswa. Ini mungkin sudah digunakan oleh guru untuk mengembangkan rencana pembelajaran atau tentor profesional di suatu bimbingan belajar/home schooling atau les privat. Namun untuk guru di sekolah menjadi tantangan tersendiri apalagi dengan siswa yang banyak dalam satu rombongan belajar. Ketika mengajar sekelompok siswa, itu mengakui perbedaan mereka dan bertujuan untuk menghindari meninggalkan beberapa siswa di belakang dan yang lain tidak tertandingi dalam hal kecepatan belajarnya. Diferensiasi dapat terjadi dalam konten, lingkungan, produk atau proses. Diferensiasi konten berkaitan dengan materi pengetahuan dan keterampilan yang ingin disampaikan kepada siswa sementara diferensiasi proses melibatkan metode/model yang digunakan untuk merangsang pembelajaran. Lembar kerja menggabungkan diferensiasi proses dan diferensiasi konten untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan keunikan siswa tersebut.

Semua guru menggunakan lembar kerja. Meskipun kita tahu bahwa menggunakan lembar kerja sepanjang waktu bukanlah praktik mengajar yang terbaik. Kita juga tahu bahwa lembar kerja yang dibangun dengan baik, digunakan dengan sengaja, dapat menjadi alat yang hebat untuk praktik mandiri atau sebagai kerangka pembelajaran. Lembar kerja juga bisa menjadi alat penilaian formatif yang berharga.

Sayangnya, beberapa lembar kerja melibatkan begitu banyak membaca (menguraikan tugas pembelajaran) sehingga beberapa siswa tidak dapat menyelesaikannya secara akurat. Terkadang lembar kerja yang Anda pilih hanya cocok untuk siswa yang sudah mahir membaca. Siswa lain mungkin menyerah karena mereka melihat tugas sebagai "terlalu sulit" atau guru melihat hasilnya dan menganggap bahwa siswa tidak memahami konsep.

Untuk membahas lembar kerja yang berdiferensiasi, maka pada tulisan ini kita akan menjelaskan tentang langkah-langkah menyusun lembar kerja, tips membuat lembar kerja berdiferensiasi, dan strategi dalam merancang lembar kerja tersebut. Pada bagian akhir ada contoh lembar kerja mata pelajaran kimia yang diferensiasi dengan profil belajar kecerdasan ganda.

Langkah-Langkah Menyusun Lembar Kerja Diferensiasi

1. Mengevaluasi kesiapan siswa sebelum mengembangkan LKS yang diferensiasi. Keanekaragaman dalm hal bakat umumnya diukur dengan menggunakan tes dalam mata pelajaran yang menyediakan data yang nantinya dapat digunakan untuk menilai kemampuan akademik setiap siswa. Lembar kerja yang berdiferensiasi dengan konten dikembangkan untuk mengakomodasi perbedaan dalam proses kognitif siswa, yang mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti latar belakang dalam bahasa lain.

2.    Gunakan aplikasi perangkat lunak yang membuat lembar kerja berbeda yang disesuaikan dengan kriteria yang Anda masukkan. Ini dapat berguna dalam mengembangkan lembar kerja dan aktivitas pada mata pelajaran anda. Misalnya, LiveworksheetsFormatif, dan Nearpod adalah aplikasi perangkat lunak gratis yang menghasilkan kegiatan latihan  yang berbeda, fakta cepat, dan pencocokan.

3.    Beri siswa pilihan dalam memutuskan di antara tugas-tugas lembar kerja yang menguji keterampilan yang sama. Dengan memberikan alternatif kepada siswa, guru memfasilitasi minat setiap siswa dan memberi mereka rasa memiliki atas materi yang memotivasi mereka untuk belajar.

4. Ikuti terus praktik terbaik dalam menggunakan diferensiasi sebagai sarana pembelajaran. Carilah komentar dari rekan kerja tentang bagaimana mereka menggunakan lembar kerja diferensiasi. Diskusi dengan pengawas sekolah yang berpengalaman dalam menggunakan pembelajaran diferensiasi untuk meninjau lembar kerja Anda dan memberikan komentar.

5. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tentang prinsip adil dalam pembelajaran dan asesmen. Salah satu kekhawatiran yang mungkin muncul dengan model kurikulum terdiferensiasi adalah bahwa hal itu tampaknya menuntut siswa yang berkinerja lebih tinggi untuk berbuat lebih banyak untuk kelas yang sama. Mungkin sulit untuk mengalihkan orang tua dan siswa dari kerangka pendidikan yang kompetitif dan komparatif, tetapi berbagi data kuantitatif dan kualitatif yang terkait dengan manfaat pembelajaran yang berbeda mungkin dapat membantu.

Tips Membuat Lembar Kerja Diferensiasi

Bagaimana Anda menyesuaikan lembar kerja sehingga siswa dengan kesulitan belajar dapat berpartisipasi dan menunjukkan apa yang mereka ketahui seperti orang lain? Berikut adalah beberapa tips!

1.    Meningkatnya anggaran fotokopi

Ukuran teks pada lembar kerja tampaknya semakin kecil setiap tahun dan siswa dengan kesulitan membaca, disleksia atau gangguan penglihatan, berada tepat di belakang bola delapan. Tingkatkan font dan spasi baris untuk membuat instruksi membaca dan pertanyaan semudah mungkin. Jika bendahara sekolah mempertanyakan jumlah fotokopi yang Anda lakukan, beri tahu mereka bahwa itu karena strategi penting untuk diferensiasi di kelas Anda.

2.    Gunakan Font yang Berbeda

Instruksi harus selalu dalam huruf tebal sementara contoh tanggapan (lihat tip 3) dapat dicetak miring. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengakses teks pada lembar kerja. Perubahan font membantu siswa untuk memisahkan berbagai jenis teks. Berhati-hatilah: terlalu banyak perubahan dalam jenis font dapat menjadi sangat membingungkan, jadi pastikan bahwa setiap kali font dimodulasi, dari satu jenis/ ukuran ke yang lain, memiliki tujuan yang jelas.

3.    Menurut contoh

Pemula Kalimat, Respons Model dan Contoh semua mengarahkan siswa ke arah yang benar. Siswa yang berjuang dengan bahasa reseptif dan ekspresif sering tidak tahu persis bagaimana menempatkan jawaban/pengetahuan mereka ke dalam format yang masuk akal bagi orang lain. Jangan biarkan mereka menebak-nebak tentang apa yang Anda inginkan dari mereka. Jangan biarkan mereka menggunakan "Saya tidak tahu bagaimana memulainya!" sebagai alasan untuk tidak mencoba tugas.

4.    Gunakan Dukungan Visual

Ikon untuk jenis pertanyaan, gambar kecil dari bahan yang diperlukan, dan diagram adalah contoh yang baik untuk ini. Bila perlu, izinkan siswa untuk menggambar/mensketsa jawaban mereka karena ini akan mengundang penulis yang enggan untuk memberikan jawaban. Pembelajar visual Anda juga akan berterima kasih! Lihat posting terbaru saya tentang visual.

5.    Jangan boros dengan kata-kata.

Siswa dengan memori kerja yang buruk, kesulitan bahasa reseptif dan kesulitan membaca akan berjuang untuk membaca petunjuk arah dan pertanyaan yang panjang. Jadi tetap singkat dan jelas. Cara yang bagus untuk memeriksa apakah petunjuk arah Anda jelas adalah dengan meminta seorang teman untuk membacanya dan melihat apakah mereka tahu apa yang harus dilakukan. Seorang teman yang bukan seorang guru adalah orang yang paling baik untuk ditanyakan. Ini terkait dengan baik dengan Aturan 7 Tantangan Perencanaan Pelajaran!

Memang, sulit untuk membuat semua penyesuaian ini untuk setiap lembar kerja yang Anda gunakan dalam seminggu. Hal ini terutama benar jika Anda mengajar kursus yang telah Anda ajarkan sebelumnya dan Anda berharap untuk menggunakan kembali sumber daya tersebut. Setiap minggu, saya bertujuan untuk menyesuaikan satu lembar kerja/kegiatan untuk setiap kelas yang saya ajar. Pada akhir semester saya memiliki setidaknya 20 lembar kerja yang dimodifikasi yang dapat saya gunakan pada semester berikutnya. Saya dapat menyesuaikan satu lembar kerja seminggu waktu berikutnya saya mengajar kursus juga. Setiap semester siswa di kelas saya memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga masuk akal bahwa beberapa materi perlu disesuaikan untuk mengakomodasi mereka.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendukung beragam kebutuhan di kelas Anda. Yang di atas akan membuat materi tertulis jauh lebih mudah diakses oleh sebagian besar siswa di kelas Anda apakah kebutuhan khusus mereka terkait dengan kesulitan penglihatan, membaca, pemahaman, atau bahkan cacat intelektual.

Strategi Merancang Lembar Kerja Diferensiasi

Apakah Anda berjuang untuk membuat satu lembar kerja bekerja untuk seluruh kelas Anda? Apakah Anda mencoba untuk membedakan tanpa mencabut rambut Anda? Saya pernah ke sana, dan saya merasakannya untuk Anda.

Meskipun saya bukan tipe guru lembar kerja, saya mengerti bahwa mereka memiliki waktu dan tempat mereka di hampir setiap kelas. Meskipun diperlukan, mereka mungkin sulit untuk menjangkau setiap siswa, dan di kelas modern yang menimbulkan beberapa masalah serius. Diferensiasi adalah kata kunci akhir-akhir ini, sebagaimana seharusnya dengan pembelajaran individual, tetapi dapat menambah banyak beban kerja guru.

Padahal tidak harus! Diferensiasi tidak selalu merupakan perubahan besar dalam apa yang Anda lakukan, terkadang lebih tentang bagaimana Anda menyusun tugas, daripada tentang tugas itu sendiri. Dengan ini dikatakan, saya ingin membagikan 8 cara favorit saya untuk membedakan lembar kerja.

1.    Gunakan Stabilo

Stabilo adalah alat kecil yang ajaib. Sangat mudah untuk memasukkan satu ke dalam saku Anda atau menjepitnya ke lanyard Anda sehingga Anda memilikinya pada saat itu untuk mencabut dan siap untuk membedakan seperti bos. Saya menggunakan stabilo untuk memilih item untuk diselesaikan siswa. Saya menggunakan alat ini ketika ada item tertentu yang saya perlukan untuk melihat kemajuan siswa. Saat menggunakan stabilo biasanya berarti saya yang memilih item mana yang perlu diselesaikan, dan biasanya lebih dari setengah item.

Kadang-kadang saya akan bertanya kepada siswa item mana yang mereka perjuangkan dan kerjakan dengan mereka pada item itu, dan kemudian menyoroti item yang akan melengkapi pembelajaran mereka berdasarkan item itu. Manfaat tambahan menggunakan stabilo adalah siswa menyukai warna yang ditambahkan ke kertas mereka. Stabilo favorit saya adalah stabilo Frixion yang dapat dihapus, karena seorang guru berhak untuk berubah pikiran.

2.    Nomor Genap atau Ganjil

Genap atau ganjil adalah alat yang hebat untuk siswa yang berjuang untuk menyelesaikan seluruh lembar kerja, tetapi masih membutuhkan latihan, atau siswa yang terjebak memikirkan menyelesaikan banyak item. Strategi diferensiasi ini semudah kedengarannya, siswa cukup menyelesaikan item bernomor genap atau ganjil.

Untuk menambahkan sedikit kesenangan, dan langsung melibatkan siswa, saya akan memainkan permainan cepat genap atau ganjil dengan mereka untuk menentukan apakah mereka akan menyelesaikan item Genap atau Ganjil. Itu membuat mereka terpompa setiap saat.

3.    Lipat Setengah

Strategi ini, seperti Genap atau Ganjil bekerja dengan baik ketika siswa harus menyelesaikan sekitar setengah dari item pada lembar kerja. Strategi diferensiasi ini sangat bagus untuk siswa yang tampak kewalahan melihat seluruh lembar kerja, jadi dengan melipat kertas menjadi dua, mereka memiliki lebih sedikit untuk dilihat dan tidak terlalu mengintimidasi. Demikian pula, Anda dapat terus melipat kertas menjadi empat bagian jika siswa perlu melihat lebih sedikit.

Demikian pula, saya telah memotong lembar kerja menjadi potongan-potongan kecil untuk diberikan kepada siswa yang membutuhkan lebih banyak untuk membantu meringankan kecemasan mereka. Dalam hal ini saya memberi siswa satu bagian pada satu waktu, tetapi sering kali memberi mereka seluruh tugas, hanya berkeping-keping.

4.    Pilih Barang

Alat diferensiasi ini luar biasa bagi siswa yang membutuhkan sedikit kontrol, karena menawarkan pilihan. Dalam hal ini saya biasanya memiliki stabilo dan bertemu dengan seorang siswa. Saya memberi tahu mereka apa bagian yang berbeda dan menggunakan stabilo saya untuk membagi item berdasarkan standar. Lalu saya menulis di stabilo berapa banyak dari setiap item yang saya harapkan mereka selesaikan. Akhirnya, saya meninggalkan stabilo dengan siswa untuk memilih. Menjadi tanggung jawab mereka untuk memilih item untuk setiap standar untuk disorot dan diselesaikan.

Ini benar-benar mengherankan saya bagaimana siswa melebihi harapan saya hampir setiap kali saya menggunakan strategi ini. Gagasan bahwa guru membiarkan mereka memilih masalah mana yang ingin mereka selesaikan adalah memberdayakan, dan mereka benar-benar menerimanya.

5.    Buat Tantangan

Strategi diferensiasi ini sangat bagus untuk siswa yang sepenuhnya mampu menyelesaikan tugas, tetapi kurang motivasi atau tindak lanjut. Sebuah tantangan dapat mengambil banyak bentuk yang berbeda, tetapi pada dasarnya adalah psikologi terbalik yang sederhana. Kedengarannya seperti, "Ini sulit, sebenarnya saya akan meminta siswa kelas lima (jika Anda mengajar kelas empat) untuk melakukannya, tapi saya pikir Anda mungkin bisa melewatinya. Bagaimana menurut Anda? ?"

Kemudian saya meminta siswa untuk memberi tahu saya berapa banyak item yang mereka pikir dapat mereka selesaikan dengan benar, dan kami pada dasarnya membuat taruhan kecil. Biasanya itu adalah sesuatu di sepanjang baris jika Anda menyelesaikan item dengan benar maka Anda dapat melepas sepatu Anda untuk sisa hari itu.

Strategi ini bekerja dengan tipe siswa yang sangat spesifik, dan tidak setiap saat, tetapi dapat menjadi penyelamat hidup.

6.    Laksanakan Pembelajaran Kooperatif

Saya adalah pendukung besar pembelajaran kooperatif dalam setiap aspek, tetapi ini adalah pekerja ajaib dalam hal diferensiasi. Ini adalah alat yang ampuh untuk semua pelajar, tetapi sangat bagus untuk Pembelajar Bahasa Inggris kami.

Struktur pembelajaran kooperatif favorit saya untuk menyelesaikan lembar kerja adalah Sage-N-Scribe, karena memungkinkan siswa untuk saling membantu sambil menyuarakan apa yang mereka lakukan.

Untuk menyelesaikan Sage-N-Scribe

a.  Rekan A memiliki pensil

b.  Mitra B berpikir keras sementara Mitra A menulis untuk mereka memberi mereka pujian atau koreksi

c.   Sakelar Mitra A dan Mitra B berputar dan ulangi

Strategi ini luar biasa untuk semua siswa, karena menyuarakan pemikiran mereka benar-benar membuat mereka bekerja pada metakognisi mereka dan bekerja pada kosakata akademik. Hal ini juga memungkinkan saya, sebagai guru, untuk mendengar bagaimana siswa saya lakukan.

TERKADANG SULIT UNTUK DIINGAT BAHWA SISWA MEMBUTUHKAN DIFERENSIASI DI KEDUA ARAH, SEHINGGA DUA STRATEGI BERIKUTNYA BERFOKUS PADA DIFERENSIASI UNTUK PEKERJA LEBIH CEPAT, BERPRESTASI TINGGI, DAN PEMIKIR KREATIF, TETAPI SISWA HEBAT.

7.    Pertanyaan Ekstensi

Strategi diferensiasi ini dapat dilakukan dengan salah satu dari dua cara:

a.  Guru menulis pertanyaan ekstensi di papan tulis untuk ditanggapi oleh siswa.

b.  Siswa membuat pertanyaan ekstensi mereka sendiri untuk ditanggapi.

Kedua opsi ini sangat kuat, tetapi saya berpendapat bahwa pertanyaan dan penjelasan yang lebih kreatif datang dari siswa.

8.    Menjadi Ahli

Saya suka strategi ini ketika kita sedang mengerjakan mastery. Sementara siswa bekerja, karena mereka menunjukkan penguasaan standar saya memberi mereka pena, saya menggunakan ungu, dan mereka kemudian diizinkan untuk bergerak di sekitar ruangan dan menawarkan bantuan kepada siswa lain.

Alat ini bisa sangat ampuh dalam memberikan kepercayaan diri kepada siswa dan memberi mereka kendali atas pembelajaran mereka. Ini juga merupakan motivator yang hebat untuk membuat siswa bekerja. Saya sengaja mencari siswa yang terkadang kesulitan untuk memberikan pena ungu yang maha kuasa, karena sebenarnya mereka lebih banyak berlatih sambil membantu orang lain.

Kedelapan strategi ini telah memberikan keajaiban bagi saya, dan saya tahu bahwa itu bisa menjadi seperangkat alat yang hebat untuk ditambahkan ke kotak peralatan Anda juga. Strategi apa yang sudah Anda coba?

Contoh Lembar Kerja Diferensiasi

Lembar kerja siswa dibawah ini adalah contoh lembar kerja ketika penulis menyelesaikan pasca sarjana dengan konsep pembelajaran kimia dengan menerapkan kecerdasan ganda Gardner.

Sumber:

https://www.classroomtestedresources.com/2016/07/8-ways-to-differentiate-worksheet.html

https://smallbusiness.chron.com/use-worksheets-differentiation-13130.html

https://litcoachblog.wordpress.com/2016/06/20/how-to-adjust-your-worksheets-for-effective-differentiation/

Adi Saputra, 2011. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil  Belajar Kimia dengan Menggunakan Strategi  Pembelajaran  Berbasis Multiple Intelegences di Kelas XI SMA Negeri 1 Rao Pasaman. Tesis, Padang: Universitas Negeri Padang.

  

0 comments:

Posting Komentar