Minggu, 30 Oktober 2022

Cara Merancang Pembelajaran Rotasi Stasiun Pertama Kali Bagi Guru

Dalam merancang pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik memang butuh kejelian guru dalam membuatnya. Guru harus bisa merancang sesuai karakteristik atau kondisi di sekolah masing-masing dan juga harus sampai menyesuaikan dengan kondisi pada suatu kelas sesuai dengan minat, kesiapan belajar, dan profil belajar siswa pada kelas tersebut. Begitu juga dalam merancang pembelajaran dengan model rotasi stasiun ini.

Jangan merasa tertekan untuk merancang atau mendesaian banyak stasiun dan mencoba dan menangani setiap aspek pembelajaran Anda. Mulailah dari yang kecil (3-4 stasiun) dan fokuslah untuk membuat tujuan dan tugas pembelajaran sejelas mungkin. Jumlah stasiun dan urutan stasiun yang akan dimulai siswa bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan dan kondisi kelas yang bapak/ibu akan kelola pembelajarannya.

Pengelompokan Siswa

Pengelompokan siswa dapat bersifat tetap (tetap sama setiap hari; dikelompokkan berdasarkan gaya belajar, minat, atau kesiapan belajar) atau dinamis (berubah-ubah tergantung pada keterampilan/kebutuhan siswa).

Seringkali siswa berputar secara berkelompok di antara pembelajaran online, instruksi kelompok kecil oleh guru, dan tugas pensil/kertas di meja mereka secara berkolaborasi dalam kelompoknya. Atau mereka dapat memutar antara pembelajaran online dan beberapa jenis diskusi atau proyek seluruh kelas. Kuncinya adalah jam atau guru mengumumkan bahwa waktunya telah tiba untuk berputar, dan semua orang beralih ke aktivitas yang ditugaskan berikutnya dalam pembelajaran.

Dalam model rotasi stasiun, guru mengatur siswa ke dalam kelompok-kelompok di dalam kelas, di mana setidaknya satu stasiun adalah pengalaman belajar berbasis komputer. Model ini memungkinkan Anda membedakan instruksi pembelajaran yang dipimpin guru dengan membuat kelompok kecil di kelas dan pengalaman belajar yang dipersonalisasi di komputer. Seperti disebutkan, rotasi stasiun adalah pilihan yang bagus ketika Anda memiliki teknologi ruang kelas yang terbatas atau akses terbatas ke kereta laptop sekolah. Ini membahas banyak masalah yang disebabkan oleh ukuran kelas yang besar dan dapat digunakan di ruang kelas dari segala usia, bahkan taman kanak-kanak. Anda juga dapat memperkenalkan siswa pada keterampilan teknologi abad ke-21 yang mereka butuhkan dalam waktu singkat. Kemungkinannya tidak terbatas, yang bisa sedikit berlebihan, jadi mari kita spesifik.

Model rotasi stasiun mengubah peran seorang guru dengan memberikan fleksibilitas yang lebih besar melalui instruksi kelompok kecil. Ini berdampak pada bagaimana Anda merencanakan pengajaran Anda untuk setiap hari, meskipun, itu tidak berarti Anda merencanakan pelajaran yang sama sekali berbeda untuk setiap kelompok.

Format rencana pembelajaran Anda dapat berubah untuk memasukkan kelompok siswa dan bagaimana Anda berencana untuk memenuhi kebutuhan unik mereka dengan berbagai jenis pertanyaan atau contoh. Keindahan pengelompokan adalah bahwa kelompok dapat menjadi dinamis, karena tingkat pencapaian siswa atau kebutuhan berubah. Ini juga akan menginspirasi lebih banyak perencanaan berbasis data harian, daripada menunggu sampai akhir semester untuk melihat data siswa. Menggunakan platform seperti Nearpod memudahkan untuk melacak kinerja siswa secara real time dan membuat keputusan tentang pengelompokan siswa atau mengirim tugas individu berdasarkan tingkat penguasaan.

Cara Mengatur Stasiun

Untuk mengatur stasiun, Anda perlu mencari tahu berapa banyak stasiun yang ingin Anda siapkan, di mana mereka akan berada, apa yang akan dilakukan siswa, dan di mana dan bagaimana siswa akan belajar. Banyak ruang kelas dimulai dengan tiga stasiun: kelompok kecil untuk instruksi terarah, stasiun kerja independen, dan bagian kolaborasi. Masing-masing bidang ini dapat menggunakan materi yang berbeda, termasuk teknologi atau tanpa teknologi, dan memberi siswa waktu untuk belajar dengan berbagai cara.

Sebelum Anda mulai merancang kegiatan pada setiap stasiun, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan beberapa pertanyaan kunci:

1.     Apa tujuan Anda ketika membuat stasiun di kelas Anda?

2.  Bagaimana Anda membayangkan perubahan suasana kelas saat ini sebagai akibat dari pembuatan stasiun?

3.     Apa yang akan siswa lakukan di setiap stasiun?

Merefleksikan jawaban ini akan membantu Anda membangun ruang kelas yang memenuhi kebutuhan siswa dan Anda, bukan hanya membangun ruang kelas yang secara teori tampak menyenangkan!

Sekarang setelah Anda menetapkan tujuan dan memikirkan budaya kelas, berikut adalah beberapa strategi untuk membantu Anda mulai melihat ruang kelas Anda dengan cara baru. Saat melihat melalui strategi ini, tanyakan pada diri Anda sebagai guru:

1.     Di mana Anda ingin menempatkan kelompok kecil (sehingga Anda dapat melihat seluruh kelas serta terlibat dengan kelompok kecil)?

2.    Berapa banyak perangkat yang Anda butuhkan? Di mana dan bagaimana mereka dikenakan biaya?

3.     Apakah Anda ingin beberapa ruang pilihan di mana siswa dapat bekerja sendiri atau dalam kelompok yang lebih besar?

4.     Bagaimana Anda bisa memanfaatkan meubeler dan sarana kelas Anda saat ini dengan cara baru?

Contoh Penerapan Model Rotasi Stasiun dalam Kelas

Kelas Bahasa misalnya dimulai dengan guru memberikan pelajaran singkat kepada seluruh kelas tentang topik seperti menulis kalimat lengkap (Stasiun Guru). Para siswa kemudian pindah ke berbagai stasiun di dalam kelas. Di satu stasiun, para siswa melakukan aktivitas langsung, mencocokkan potongan-potongan kalimat untuk membuat yang lengkap dengan menyatukan potongan-potongan itu (Stasiun Kolaborasi). Stasiun lain lagi mengharuskan siswa untuk membentuk kalimat lengkap menggunakan permainan komputer online (Stasiun Online). Stasiun lain masih memungkinkan dia untuk menulis kalimat menggunakan pena dan kertas (Stasiun Produk).

Struktur rotasi stasiun yang khas dapat mencakup stasiun yang berbeda di mana siswa: Berinteraksi dengan kosakata secara akademis (Stasiun Mandiri). Baca dokumen yang terkait dengan proyek kami saat ini dan tambahkan catatan ke pengatur grafis (Stasiun Online). Diskusikan novel kelas kami saat ini dengan rekan-rekan dan tambahkan catatan ke dokumen bersama (Stasiun Kolaborasi). Kemudian menemui guru dalam kelompok yang dibentuk berdasarkan kebutuhan tertentu (Stasiun Guru). Dalam model ini, siswa memiliki waktu lima belas menit di setiap stasiun. Seringkali, itu tidak terasa seperti waktu yang cukup, jadi saya membagi stasiun menjadi dua hari.

Pada saat pembelajaran secara online siswa mengakses materi pelajaran secara online. Guru dapat mengintruksikan apa yang harus dikerjakan oleh siswa bukan hanya sekedar untuk membaca materi pelajaran tetapi juga mengerjakan keterampilan, tugas proyek, atau menilai sesuatu berdasarkan panduan atau tutorial yang telah disediakan sebelumnya secara online. Melalui pembelajaran online seperti ini, siswa akan memiliki kesempatan untuk belajar secara mandiri dan bebas dari tekanan terutama bagaimana mereka harus mempresentasikan hasil pembelajaran kepada siswa lainnya.

Pada kegiatan secara offline siswa belajar secara langsung melalui tatap muka seperti biasanya. Materi yang diajarkan bisa langsung ke materi selanjutnya atau memperdalam materi pada pembelajaran secara online

Rancangan Stasiun Pembelajaran

Menentukan jumlah dan bentuk kegiatan di setiap stasiun tergantung pada kebutuhan belajar siswa dan kondisi sarana sekolah/kelas. Namun karena rotasi stasiun ini termasuk salah model dari strategi Blended Learning maka harus ada online dan dicampur dengan offline. Stasiun online tidak mengharuskan berupa komputer, laptop atau tube dan bisa saja siswa hanya menggunakan smartphone masing-masing untuk mengakses sumber belajar.

Contoh 1. Rancangan 3 Stasiun

Pada model pembelajaran rotasi stasiun ini pikirkan tentang berapa banyak waktu yang dibutuhkan siswa di setiap stasiun. Misalnya, jika Anda ingin memberi siswa Anda waktu untuk mandiri saat menonton video pada blog guru selama 5 menit, pastikan Anda memberi mereka setidaknya 10 menit untuk menjawab pertanyaan dan menonton ulang bagian jika mereka perlu. Sebelum memulai pembelajaran dengan model rotasi stasiun ini sebaiknya siswa sudah tahu aturan dan durasi waktu pada setiap stasiun seperti pada gambar di bawah ini.

Sedangkan kegiatan pada model rotasi stasiun dengan 3 stasiun ini dapat dilihat pada uraian di bawah ini.

Stasiun 1 : Stasiun Online

Pada stasiun ini kegiatan pembelajarannya dapat berupa:

1.     Tugas individual (yaitu remediasi atau pengayaan)

2.     Perangkat lunak/aplikasi yang dapat disesuaikan

3.     Riset/penelitian secara mandiri

4.     Menyimak presentasi digital dalam bentuk video dari blog guru

5.     Kegiatan interaktif (yaitu papan diskusi online)

6.     Simulasi online pada aplikasi

7.     Kuis untuk menilai pengetahuan siswa

8.     Aktivitas dan skenario interaktif

9.     Membaca dan mencerna konten pembelajaran dari blog guru

 Stasiun 2 : Pembelajaran Kolaboratif

Pada stasiun ini kegiatan pembelajarannya dapat berupa:

1.     Kerja kelompok dengan berbagai peran

2.     Praktek langsung

3.     Stasiun membuat produk

4.     Proyek bersama

5.     Permainan

6.     Mengerjakan LKPD




Stasiun 3 : Stasiun Guru

Pada stasiun ini kegiatan pembelajarannya dapat berupa:

1.     Pembelajaran langsung

2.     Memfasilitasi diskusi

3.   Penilaian lisan






Jadwal visual seperti di bawah ini dapat juga membantu siswa mengetahui di mana mereka seharusnya berada pada waktu yang tepat dan membantu mereka memahami jadwal mereka.

Contoh 2. Rancangan 4 Stasiun

Model pembelajaran rotasi stasiun dengan 4 model ini dimulai dengan stasiun 1 yang merupakan stasiun guru; stasiun 2 diskusi kelompok atau kolaborasi; stasiun 3 stasiun online (berupa kuis, penelitian, dan video); dan stasiun 4 membuat sesuatu secara individu/berpasangan (PPT/slideshow, menulis esay/laporan, membuat video, membuat podcast). Hal ini lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Pengelolaan Pembelajaran

Cara mudah untuk mengeksplorasi bagaimana model rotasi stasiun dapat memengaruhi kelas Anda adalah dengan menetapkan hari "stasiun" seminggu sekali. Bergantung pada berapa banyak perangkat dan siswa yang Anda miliki, Anda dapat memulai dengan 4-5 kelompok kecil.

Satu kelompok kecil dapat bekerja secara mandiri atau berpasangan dalam kegiatan yang sesuai dengan tingkat pencapaian mereka saat ini, seperti latihan dari pelajaran hari sebelumnya, membaca mandiri, membuat jurnal, dll. Kelompok lain dapat bekerja dengan guru baik dalam pelajaran mini atau diskusi kelompok yang difasilitasi guru. Dalam kelompok ketiga, siswa menggunakan komputer untuk mengembangkan keterampilan sosial emosional manajemen diri mereka dengan melakukan pemeriksaan kemajuan dan menetapkan tujuan untuk minggu itu. Menggunakan stasiun komputer untuk memungkinkan siswa memeriksa kemajuan mereka adalah cara untuk memudahkan manfaat dari model pembelajaran campuran ini. Itu tidak memerlukan banyak perangkat lunak tambahan dan dapat membantu Anda menetapkan dan menyempurnakan rutinitas kelas yang diperlukan untuk melakukan transisi dari stasiun ke stasiun.

Bekerja di stasiun satu hari dalam seminggu akan memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan dukungan manajemen kelas yang Anda perlukan untuk kelas Anda untuk membantu segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Misalnya, Anda akan mempelajari berapa lama waktu yang dibutuhkan siswa untuk bertransisi dari satu stasiun ke stasiun berikutnya dan Anda dapat menyesuaikannya. Siapa pun yang mencoba stasiun tahu bahwa rutinitas sangat penting dan tidak apa-apa untuk tidak melakukannya dengan benar pertama kali.

Sumber:

https://medium.com/teacher-voice/station-rotation-lab-rotation-blended-learning-models-a7813ad6fed8

https://blog.edpuzzle.com/teaching-today/complete-guide-station-rotation-model/

0 comments:

Posting Komentar