Minggu, 14 Maret 2021

Cara Membuat Penugasan dengan Mengedepankan Umpan Balik Menggunakan LMS Formatif

Saat ini sudah banyak sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka, namun masih ada juga yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Bagi sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap mukanya pun masih ada secara campuran antara yang ada di sekolah dengan siswa yang ada di rumah. Maka para guru harus kreatif untuk mencari pembelajaran alternatif yang menggabungkan tatap muka dengan belajar daring.

Di sinilah Formative sebagai salah satu alat teknologi kelas favorit oleh guru saat ini. Ini adalah alat penilaian gratis yang memungkinkan Anda…

·    Membuat berbagai pertanyaan (pilihan ganda, benar / salah, jawaban singkat dan pertanyaan "tunjukkan pekerjaan Anda" yang dapat digambar) untuk disampaikan kepada siswa.

·    Menambahkan konten lain ke pertanyaan (gambar, teks, coretan papan tulis, atau video YouTube)

·      Menyaksikan saat siswa menjawab dari sisi situs guru.

·      Memberikan umpan balik waktu nyata dalam bentuk nilai dan komentar tertulis.

·   Kemudian Anda dapat menyampaikan pertanyaan/konten kepada siswa melalui ruang kelas yang Anda atur di Formatif atau hanya dengan memberi siswa kode singkat untuk penilaian yang dapat mereka masukkan di goformative.com/join.

Setelah masuk ke situs, Anda akan menemukan bahwa membuat penilaian dan menambahkan pertanyaan ke dalamnya cukup mudah. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan.

Panduan untuk menggunakan Formatif untuk pembelajaran jarak jauh dan campuran (Blended Learning)!Formative memungkinkan guru untuk membuat penilaian dan membuat tugas mereka sendiri, atau mengambil dan menyesuaikan "formatif" dari Perpustakaan kami yang berisi ribuan materi yang telah dibuat sebelumnya. Pendidik dapat bertindak berdasarkan tanggapan atau umpan balik dari siswa secara langsung untuk memberikan bimbingan sesuai kebutuhan; memberi masukan dan menilai pekerjaan siswa secara otomatis; melacak perkembangan pembelajaran siswa dari waktu ke waktu; memvisualisasikan kinerja siswa di seluruh tugas/penilaian; dan dengan mudah mengintegrasikan aplikasi pembelajaran pendukung, seperti Google Kelas, Flipgrid, Desmos, Padlet, dan sumber daya lainnya menjadikan Formatif solusi sempurna untuk ruang kelas virtual.

Cara Membuat Akun untuk Guru

Membuat akun gratis guru adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke formative.com dan klik "Sign up for FREE:"


2. Pilih "I'm a Teacher"

3. Klik pada tombol yang relevan untuk mendaftar dengan akun Google, Clever, atau Microsoft. Atau, masukkan email Anda dan kata sandinya. Kemudian "Create Free Account."

4. Pilih "Accept" pada Terms of Service.

5. Jika Anda bekerja pada suatu sekolah, klik "I work in a school". Jika tidak bekerja pada suatu sekolah, klik “I do not work in a school".

6. Cari sekolah Anda, lalu masukkan nama depan / belakang Anda dan nama yang akan diketahui oleh siswa. Klik "Let's go!"

Dan Anda sudah masuk! Layar pertama yang akan Anda lihat adalah layar Edit untuk formatif kosong. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana membangun formatif here.

* Jika Anda sudah terlanjur membuat akun Pelajar (atau sebaliknya), Anda harus delete it untuk mendaftar sebagai akun Guru.

Cara Mengisi Formatif

1.     Klik "+ Formatif Baru" pada dasbor Formatif Anda

 

    2. Klik "+" biru yang memantul untuk mulai menambahkan pertanyaan!


Setelah di klik tanda tambah yang memantul tersebut, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Kalau kita ingin membuat lembar kerja atau penugasan yang sudah tersimpan dalam dokumen kita,maka klik gambar dokumen yang berwarna kuning pada kiri bawah dengan berbagai bentuk konten yang bisa kita masukkan seperti PDF, Doc, Gambar, ataupun dari GoogelDoc kita. 


Tip 1: Coba tambahkan satu pertanyaan dari setiap jenis, dan bereksperimenlah dengan cara kerjanya!

Tip 2: Klik pada ikon "mata" di dekat kanan atas untuk melihat bagaimana formatif Anda akan muncul kepada siswa Anda!

Menambahkan Sumber Belajar

Setelah kita ambil dokumen yang akan kita buat sebagai tugas untuk siswa maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Ini kebetulan kami contohkan mengambil suatu lembar kerja siswa yang berupa dokumen word.


Inilah bagian yang menyenangkan! Anda dapat menambahkan teks, audio, gambar, video, papan tulis, lembar kerja, dan jenis file lainnya (termasuk Google Docs, Slides, Sheets, dan Forms) ke formatif Anda.

Dan itu belum semuanya! Perkuat formatif Anda dengan menyematkan situs dan alat seperti Flipgrid, Desmos, Geogebra, Buncee, Nearpod… dan banyak lagi!

Menambahkan teks, audio, dan gambar

Klik ikon "+" biru dan pilih "Blok teks", "Audio", atau "Gambar" yang relevan.

Ketik teks Anda, rekam audio Anda, atau unggah gambar dari komputer atau Google Drive Anda!


Tip: Pengguna premium dapat menambahkan audio atau gambar ke pertanyaan apa pun, alih-alih menambahkannya sebagai item konten terpisah. Klik "+" di dekat kanan atas bidang pertanyaan.

Menambahkan file video dan Google Drive

Klik ikon "+" biru dan pilih "Video".

Anda dapat mengupload video dari YouTube atau Vimeo dengan menempelkan URL video tersebut.

Anda dapat mengupload file apa pun yang disimpan di Google Drive (termasuk Dokumen, Spreadsheet, Slide, serta file video dan audio) dengan menyalin dan menempelkan tautan bagikan. Pastikan siswa Anda memiliki akses "Lihat".

Mengirim lembar kerja sebagai penugasan kepada siswa

Kalau kita suda selesai membuat lembar kerja untuk siswa, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Maka untuk mengirimkan kepada siswa atau kelas yang sudah kita buat, tinggal klik “Assign” pada menu bagian atas dan selanjutnya muncul seperti gambar berikut dan silakan kirim melalui “Assign” pada bagian tengah bawah.


Demikianlah cara membuat penugasan dengan menggunakan Formatif dan semoga bermanfaat dan memperkaya Bapak/Ibu guru dalam rangka memberikan pelayanan maksimal dalam memberikan umpan balik pada proses pembelajaran kepada siswa.


0 comments:

Posting Komentar