Senin, 01 Januari 2024

50 CONTOH RUBRIK UNTUK ASESMEN BERBAGAI MATA PELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Sistem pendidikan harus mendorong tumbuhnya praktik belajar-mengajar yang menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik secara utuh. Pencanangan kebijakan ”Merdeka Belajar” dengan Kurikulum Merdeka oleh pemerintah memberikan peluang yang seluas-luasnya pada guru dan sekolah untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mendesain sebuah rencana pembelajaran dan penilaian yang bertanggungjawab, sehingga pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif untuk semua kompetensi siswa semakin meningkat. Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan tersebut, tentu saja harus dapat dibuktikan melalui penilaian (asesmen) pendidikan secara akuntabel. Asesmen menggunakan rubrik akan lebih akurat menilai kompetensi siswa, karena siswa menampilkan hasil belajarnya secara langsung baik berbasis kinerja/performans maupun produk dibandingkan kalau hanya berbasis tes tulis yang sekedar penguasaan konsep belaka.

Penilaian yang dimaksud di atas, dapat dilakukan oleh internal guru yang bersangkutan selama proses pembelajaran atau dapat disebut juga sebagai ”Penilaian Berbasis Kelas” untuk semua mata pelajaran, baik yang bersifat formatif maupun sumatif. Hasil penilaian tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu indikator hasil pencapaian kompetensi siswa atas materi yang telah diajarkan, yang selanjutnya dapat dijadikan dasar penentuan tindak lanjut proses pembelajaran. 

Rubrik hanyalah instrumen penilaian yang mengidentifikasi berbagai kriteria yang relevan dengan tugas atau hasil pembelajaran, dan kemudian secara eksplisit menyatakan kemungkinan tingkat pencapaian sepanjang rangkaian (dari kurang hingga sangat baik atau pemula hingga ahli). Rubrik dapat digunakan untuk menilai hampir semua jenis karya siswa, baik itu esai, tugas akhir, presentasi lisan, atau pertunjukan teater dan lain-lain. Mereka dapat digunakan pada saat tugas diberikan untuk mengomunikasikan harapan kepada siswa, ketika pekerjaan siswa dievaluasi untuk penilaian yang adil dan efisien, dan bahkan menilai program dengan menentukan sejauh mana siswa mencapai bagian dari hasil belajar. Fokus dari pendahuluan ini adalah pada rubrik untuk menilai pembelajaran siswa, namun prinsip yang sama dapat digunakan untuk evaluasi tingkat bagian atau program pembelajaran secara keseluruhan.

Mengembangkan instrumen yang dipilih beserta rubrik atau pedoman penskoran secara umum, instrumen penilaian berupa perintah untuk melakukan sesuatu yang dilengkapi kriteria penilaiannya. Sebagai misal, jika bentuk penilaian berupa tes tertulis, maka dalam lembar tes ada perintah untuk mengerjakan dan kriteria penilaiannya (misalnya, jika benar akan mendapatkan skor 1 dan jika salah akan mendapatkan skor 0). Lebih detil, dapat dilihat pada contoh-contoh yang disajikan di bawah. 

Rubrik berarti "panduan penilaian yang digunakan untuk menilai kualitas tanggapan yang dibangun siswa". Sederhananya, rubrik adalah seperangkat kriteria untuk penilaian tugas. Rubrik biasanya berisi kriteria, definisi kualitas untuk kriteria tersebut pada tingkat pencapaian tertentu, dan strategi penilaiannya. Rubrik disajikan dalam format tabel dan dapat digunakan oleh guru ketika menilai, dan oleh siswa ketika hendak melakukan tugas yang dinilai tersebut.

Rubrik ini dapat dibagi dua kelompok yaitu rubrik analitik dan rubrik holistik. Rubrik analitik bertujuan untuk asesmen formatif yang lebih mengedapankan untuk umpan balik atau refleksi pembelajaran. Sedangkan rubrik holistik cenderung untuk asesmen sumatif.

Di bawah ini terdapat berbagai contoh rubrik untuk berbagai mata pelajaran dalam bentuk dokumen doc. dan dapat Anda adaptasi sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

1. Rubrik Penilaian Speaking

2. Rubrik Pementasan Drama


3. Rubrik Penilaian Unjuk Kerja


4. Rubrik Penilaian Tes Tulis


5. Rubrik Penilaian Praktik


6. Rubrik Penilaian Video


7. Rubrik Penilaian Rancangan Percobaan


8. Rubrik Penilaian Produk Rekayasa


9. Rubrik Penilaian Produk Pengolahan


10. Rubrik Penilaian Penugasan


11. Rubrik Penilaian Produk Kerajinan


12. Rubrik Penilaian Power Point


13. Rubrik Penilaian Poster


14. Rubrik Penilaian Produk


15. Rubrik Penilaian Tes Lisan Matematika


16. Rubrik Penilaian Menyusun Teks dan Menangkap Makna


17. Rubrik Penilaian Tes Lisan Bahasa


18. Rubrik Penilaian Pelaporan Praktik


19. Rubrik Penilaian Produk Mengarang Cerpen


20. Rubrik Penilaian Studi Kasus


21. Rubrik Penilaian Pameran


22. Rubrik Penilaian Pembuatan Tape


23. Rubrik Penilaian Peta Konsep


24. Rubrik Penilaian Laporan Analisis Kasus pada Media


25. Rubrik Penilaian Proyek


26. Rubrik Penilaian Portofolio Matematika


27. Rubrik Penilaian Gambar Sketsa


28. Rubrik Penilaian Portofolio


29. Rubrik Penilaian Menyanyi


30. Rubrik Penilaian Buletin


31. Rubrik Penilaian Membaca


32. Rubrik Penilaian Mendengar


33. Rubrik Penilaian Percakapan/Dialog Lisan


34. Rubrik Penilaian Praktik Renang


35. Rubrik Penilaian Pencak Silat


36. Rubrik Penilaian Produk Multimedia


37. Rubrik Penilaian Produk Rancangan Peraturan


38. Rubrik Penilaian Menyajikan Teks

 

39. Rubrik Penilaian Esai


40. Rubrik Penilaian Makalah


41. Rubrik Penilaian Presentasi


42. Rubrik Penilaian Diskusi


43. Rubrik Penilaian Portofolio Digital


44. Rubrik Penilaian Proyek Syarat Kelulusan


45. Rubrik Penilaian Antar Peserta Didik


46. Rubrik Penilaian Diri


47. Rubrik Penilaian Presentasi Matematika


48. Rubrik Analitik Tugas Akhir


49. Rubrik Penilaian Membaca Al-Quran


50. Rubrik Penilaian Menghafal Al-Quran

0 comments:

Posting Komentar