Sabtu, 15 Juni 2019

Aplikasi Penulisan Kisi-Kisi dan Soal Penilaian Harian, Remidial, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester

Aplikasi ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis sebagai instruktur kurikulum dan sekaligus sebagai seorang kepala sekolah. Banyak sekali guru tidak siap dengan kisi-kisi dan soal ketika mereka akan melaksanakan penilaian. Bahkan lebih duluan soalnya dari kisi-kisinya atau dengan kata lain kisi-kisi menyesuaikan dengan soal yang sudah ada. Kalau hal ini terus dilaksanakan oleh guru, maka penilaian yang akan dilakukan tidak tepat sasaran. Lain yang dibahas dalam pembelajaran lain lagi yang dinilai dalam penilaian. Mudah-mudahan aplikasi ini bisa membantu guru dalam membuat kisi-kisi dan soal sekaligus. Aplikasi ini masih banyak kekurangannya dan mohon saran beserta masukannya. Bapak/Ibu guru bisa mengunduhnya pada tautan dibawah tulisan ini.

Aplikasi ini akan memudahkan guru membuat empat soal yang setara yang berasal dari satu indikator pencapaian kompetensi atau satu indikator soal. Soal penilaian harian digunakan untuk setiap kompetensi dasar dan dilengkapi juga dengan soal remidialnya. Kemudian juga ada soal untuk penilaian tengah semester dan soal untuk penilaian akhir semester atau penilaian akhir tahun. Khusus untuk penilaian akhir semester, guru harus menentukan terlebih dahulu indikator yang termasuk dengan ciri UKRK ( Urgensi, Kontinuitas, Relevansi, dan Keterpakaiannya).Selain itu juga guru harus juga membuat soal yang kategorinya HOTS atau tingkat berpikirnya minimal pada analisis (C4).
Soal-soal dalam aplikasi ini terdiri dari dua bentuk, yaitu soal uraian dan dan soal pilihan ganda. Penilaian harian dan remidial dalam bentuk soal uraian sedangkan penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester dalam bentuk pilihan ganda. Hal ini agar dalam penilaian prosesnya bisa terlihat lebih baik.
Aplikasi ini berbentuk excel dengan hanya mengisi satu sheet bisa menghasilkan empat jenis soal dan kisi-kisi. Soal-soal tersebut dapat berupa soal penilaian harian sesuai dengan KD, soal untuk remidial, soal untuk penilaian tengah semester, dan soal penilaian akhir semester.
Gambar Lembaran Isian Data



Setelah lembaran isian data di isi, maka akan link dengan lembaran soalnya sekaligus dengan lembaran kisi-kisinya.
Gambar Lembaran Soal Penilaian Harian



Gambar Lembaran Kisi-Kisi
Link Download:
Aplikasi Kisi-Kisi dan Soal PH, Remedial, PTS, dan PAS

0 comments:

Posting Komentar