Sabtu, 15 Januari 2022

Aplikasi Nearpod Sebagai Solusi untuk Pembelajaran Paradigma Baru


Selama pembelajaran dalam masa pandemi ini kadang-kadang membuat siswa menjadi bosan sehingga partisipasinya menurun. Penyebab menurunnya partisipasi siswa adalah rasa semangat siswa yang mulai berubah menjadi perasaan jenuh dan bosan dengan rutinitas yang sama yang harus dijalani setiap hari. Siswa juga tidak bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi diantaranya pembelajaran membosankan, motivasi belajar siswa kurang, terlalu banyak tugas, dan suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan. Maka untuk itu guru perlu menggunakan strategi yang lebih mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum paradigma baru termasuk dengan adanya penilaian formatif dan adanya umpan balik atau refleksi setiap kegiatan siswa. Di samping itu juga maka perlu pembelajaran yang susuai dengan bakat, minat, ataupun kecepatan belajar siswa yang kita kenal dengan pembelajaran differensiasi.

Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi dan memberikan pengalaman belajar siswa adalah memanfaatkan Nearpod sebagai media pembelajaranNearpod merupakan sebuah aplikasi pendidikan berbasis web yang dapat membuat pembelajaran tradisional menjadi lebih interaktif serta memberikan respon terhadap siswa secara langsung (Dyer & Hunt, 2015). Media seperti ini sangat penting digunakan karena dapat memberikan iklim afeksi secara individual artinya yang lebih bersifat afektif dengan cara yang lebih individual, tidak membosankan, dapat meningkatkan motivasi belajar, memberikan umpan balik (respon) dan kontrol pemanfaatannya sepenuhnya berada pada penggunanya, dengan waktu yang lebih cepat, dengan tingkat analisis atau keakuratan yang sangat tinggi (Mudani & Yudhi, 2012).

 

Apa itu Nearpod?

Nearpod merupakan platform edukasi berbasis sistem respon siswa yang dapat digunakan untuk menciptakan efek luar biasa di dalam kelas.  Nearpod Juga dapat digunakan untuk mengajar beberapa mata pelajaran dan beberapa kelas. (The Nearpod Team, 2015). Dengan menggunakan Nearpod siswa dapat menjawab pertanyaan, mengambil poling, menggambar, bereksperimen dengan gambar 3D, dan masih banyak lagi. Setiap data atau aktivitas dari siswa disimpan secara langsung dan dapat diunduh oleh guru selama pelajaran berlangsung atau di lain waktu. Nearpod kompatibel dengan perangkat seluler dan komputer serta memiliki lebih banyak fitur Socrative, termasuk fitur menggambar dan laporan analisis data. Karena kemampuannya yang menguntungkan untuk berbagai jenis penilaian formatif, kegiatan Nearpod harus diintegrasikan kedalam kurikulum sekolah (Halloran, 2018).

Nearpod adalah sejenis sistem pembelajaran terintegrasi dengan teknologi yang memungkinkan guru membuat presentasi, aktivitas interaktif, dan penilaian, yang diatur dalam pembelajaran. Sejumlah format didukung (misalnya teks, power point, PDF, gambar, video, termasuk beberapa bentuk pelajaran realitas virtual (VR). Masing-masing dapat dimasukkan ke dalam slide. Pelajaran yang diekspor ke siswa dapat dijalankan sebagai aplikasi seluler atau sebagai klien web. Aktivitas siswa dapat dilacak, misalnya guru dapat melihat penyelesaian aktivitas siswa secara langsung.


Nearpod Silver Edition sepenuhnya gratis dan sebagian besar pengguna kami sangat senang dengannya. Namun disediakan juga versi berbayarnya yang lebih lengkap fiturnya.

Penulisan Bahan Ajar

Pelajaran disusun oleh satu set slide, yaitu prinsip yang dapat ditemukan di dek Powerpoint atau Articulate. 

Setiap slide dapat menyertakan salah satu atau semua:

·         Konten, slide penutup yang dapat diedit secara online, Nearpod 3D, simulasi PHET, field trip Nearpod, video BBC, aplikasi Sway, Slideshow, video, Audio, PDF, dan aliran twitter Life.

·         Konten web: menampilkan halaman web (diperlukan URL).

·         Kegiatan meliputi pertanyaan terbuka, menjodohkan, kuis, menggambar, papan kolaborasi, Polling, Mengisi bagian yang kosong, tes memori.


Guru dapat menguji pelajaran di kedua tampilan siswa dan guru.

Distribusi Penugasan

Setelah pelajaran siap dapat dibagikan dengan siswa, mis. melalui email, jejaring sosial, tautan (mis. di situs web sekolah atau LMS) atau google classroom. Suatu pembelajaran dapat dibuat dalam dua cara: guru memfasilitasi  atau secara mandiri oleh siswa.

Guru memfasilitasi berarti bahwa aktivitas dapat disinkronkan oleh seorang guru. Misalnya. dia dapat meminta siswa memposting catatan ke papan kolaborasi dan mendiskusikannya sebelum melanjutkan. Guru akan memberikan siswa dengan kode yang memungkinkan memulai pelajaran.

Siswa mandiri berarti bahwa pelajar dapat melakukan seluruh pelajaran dengan kecepatan mereka.

Dalam kedua kasus, guru dapat melacak aktivitas siswa.

Nearpod membantu guru membuat pembelajaran menjadi interaktif baik di kelas tatap muka maupun virtual. Konsepnya sederhana. Seorang guru dapat membuat presentasi interaktif yang dapat berisi Kuis, Jajak Pendapat, Video, Papan Tulis Bersama, dan lainnya. Anda dapat mengakses ribuan pelajaran standar untuk SMA yang telah dibuat sebelumnya atau mengunggah pelajaran yang ada dan menjadikannya interaktif.

Siswa dapat mengakses presentasi guru melalui kode dan guru kemudian memindahkan kelas melalui presentasi dan memungkinkan siswa berinteraksi dengan media saat mereka pergi. Guru juga dapat memilih mode Student-Paced, di mana siswa mengontrol alur pelajaran. Mode ini sangat cocok untuk sub hari, hari cuaca, tugas pekerjaan rumah, atau pekerjaan mandiri. Aplikasi ini berbasis web dan berfungsi di perangkat apa pun dengan koneksi internet.

10 Cara Penggunaan Nearpod dalam Pembelajaran

Di bawah ini ada sepuluh cara untuk menggunakan aplikasi multifaset ini untuk pembelajaran Anda di dalam kelas masing-masing:

1.     Penyampaian Presentasi yang Sederhana

Paling sederhana, Anda dapat menggunakan Nearpod sebagai pengganti alat presentasi lainnya. Alih-alih menjalankan Powerpoint atau Google Slide, Anda dapat memanfaatkan Nearpod dan membuat pelajaran lebih interaktif. Anda bahkan dapat 'menyeret dan melepaskan' slide Google, PDF, dan PowerPoint yang ada ke dalam aplikasi agar dapat langsung membuat presentasi Nearpod. Kemudian Anda dapat memilih dari aktivitas interaktif dan penilaian formatif yang tak terhitung jumlahnya. Presentasi akan dikirimkan ke perangkat masing-masing siswa di kelas. Anda juga tidak harus bergantung pada siswa untuk dapat melihat papan tulis.


2.     Ketentuan yang Dipersonalisasi

Melanjutkan ide menggunakan Nearpod sebagai alat presentasi sederhana, Anda dapat mengisolasi penggunaan aplikasi untuk satu anak atau kelompok kecil. Bisa jadi Anda memberikan pelajaran tambahan kepada siswa tertentu selama starter. Ini bisa menjadi mata rantai yang hilang yang memberikan lebih banyak dukungan untuk anak tunanetra. Itu bisa memberikan sedikit bantuan ekstra untuk berprestasi rendah di kelas Anda.

3.     Mendistribusikan Sumber Belajar

Menggunakan aplikasi untuk mendistribusikan sumber belajar adalah cara sederhana lain untuk menggunakannya di kelas. Anda dapat mengisi presentasi Anda dengan gambar atau lembar kerja dan meminta siswa untuk menggunakan Fitur Catatan Siswa untuk menyimpan presentasi ke drive mereka untuk mengakses informasi nanti saat belajar untuk ujian atau menyelesaikan pekerjaan rumah.


4.     Penilaian Formatif Langsung

Aplikasi ini dapat menjadi lebih berguna jika Anda memasukkan salah satu dari banyak aktivitas penilaian formatif Nearpod ke dalam presentasi Anda. Sebagai pengajar, Anda dapat membuat Kuis, Jajak Pendapat, Pertanyaan Terbuka, Pasangan Mencocokkan, dan banyak lagi yang dapat digunakan untuk memeriksa pemahaman siswa secara real-time. Guru dapat langsung memperoleh wawasan tentang pemahaman kelas secara keseluruhan dan melakukan penyesuaian dengan cepat.

 

5.     Penilaian Berkelanjutan

Mengapa tidak memanfaatkan penilaian formatif di Nearpod selama satu periode untuk memastikan data penilaian yang sedang berlangsung? Ketika siswa telah menyelesaikan kuis, Nearpod akan secara otomatis membuat laporan untuk Anda. Anda dapat mengakses laporan secara langsung melalui aplikasi dan mengunduh data sebagai ikhtisar PDF, file CSV (untuk disematkan di Excel) serta laporan masing-masing siswa. Ini benar-benar membantu Anda untuk mendapatkan pemahaman yang benar-benar komprehensif tentang kemajuan berkelanjutan siswa Anda. Dibutuhkan penilaian dari tangan Anda dan melakukannya untuk Anda.

6.     Penilaian Diri

Sudah menjadi praktik umum di sekolah dasar dan menengah bagi siswa untuk menilai diri mereka sendiri dan mengevaluasi tingkat kepercayaan diri mereka sendiri. Ini biasanya dicapai melalui sistem lampu lalu lintas di mana anak-anak didorong untuk menggambar di buku kerja mereka. Merah menunjukkan tingkat kepercayaan yang buruk, kuning menunjukkan pemahaman yang adil dan hijau menunjukkan pemahaman yang sangat baik dari setiap topik pembelajaran yang diberikan. Nearpod berisi opsi untuk memasukkan 'Poll'. Dalam situasi ini, pendapat siswa dipertanyakan. Hal ini membuat alat 'Polling' menjadi fitur yang sempurna untuk digunakan saat 'penerangan lalu lintas' di dalam kelas. Informasi tersebut kemudian disimpan dalam laporan yang disebutkan di atas!

7.     Pemodelan

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang disebut 'Draw It' yang dapat dimasukkan ke dalam presentasi Anda. Ini memancarkan papan tulis interaktif ke perangkat siswa. Perangkat guru akan menampilkan semua 'gambar' siswa dan guru kemudian dapat 'berbagi' papan tulis individu dengan seluruh kelas. Menekan bagikan akan menyebabkan 'gambar' yang dipilih muncul di setiap perangkat. Hal ini memungkinkan guru untuk berbagi pekerjaan yang baik dan model kemajuan yang baik.

 

8.     Tugas Terbuka

Nearpod memungkinkan fleksibilitas kreatif. Fitur 'Pertanyaan Terbuka' memungkinkan guru mengajukan pertanyaan atau menyiapkan skenario untuk ditanggapi oleh siswa. Dengan alat ini, Anda dapat memfasilitasi tugas menulis kreatif. Akibatnya, keuntungan menggunakan sesuatu seperti Nearpod untuk aktivitas semacam ini adalah jawaban 'Terbuka' kemudian secara otomatis masuk dalam laporan.

9.     Mengatur Pekerjaan Rumah

Semua contoh di atas berkisar pada gagasan menggunakan Nearpod dalam sesi Live, tetapi siswa juga dapat terlibat di waktu mereka sendiri. Anda dapat memberikan kode Student-Paced dan mereka dapat mengakses pelajaran Nearpod di rumah, atau di mana saja dengan koneksi internet.

10.     Berbagi dan Menggunakan Sumber Belajar yang Sudah Jadi

Salah satu cara menggunakan Nearpod hampir tidak melibatkan pekerjaan sama sekali. Mengetuk tombol 'Jelajahi' di halaman arahan utama aplikasi akan membawa Anda ke perpustakaan pelajaran Nearpod yang sudah dibuat sebelumnya. Anda dapat menemukan presentasi interaktif di hampir semua hal untuk level sekolah menengah.


Nearpod di Dalam Kelas

Sifat aplikasi yang dapat disesuaikan berarti dapat diterapkan pada semua rentang usia dan konteks pengajaran. Ini menghemat waktu Anda dengan penilaian formatif waktu nyata dan laporan sesi dan membantu membangun budaya yang terhubung di dalam dan di luar kelas. Untuk Bapak/Ibu mau mencoba, silakan meng-klik tautan di bawah ini.

Mulai Mendaftar


0 comments:

Posting Komentar