Jumat, 24 April 2020

Metode Program Video untuk Materi Pesantren Kilat selama Belajar Dirumah


Sebenarnya banyak metode yang bisa digunakan dalam proses kegiatan pesantren kilat, namun untuk kegiatan pesantren kilat tahun ini yang sedang penanganan wabah Covid-19 maka hanya menggunakan pembelajaran jarak  jauh dengan sistem dalam jaringan (Daring). Beberapa alternatif metode yang dapat digunakan dalam proses kegiatan Pesantren Kilat yaitu dengan metode penyampaian:
a.    E-learning: penyampaian dengan komputer atau smart phone dan memanfaatkan teknologi internet serta pemrograman yang memungkinkan para peserta didik untuk berinteraksi dengan bahan-bahan pelajaran melalui chat room (ruang komunikasi), notice board (papan pengumuman), video conferencing, zoom, dan lainnya
b.   Program Video: merupakan suatu seri program video yang dirancang sebagai bahan-bahan pembelajaran. Metode ini dapat berupa penyiaran melalui you tube atau saluran terestrial atau dengan menyediakan video.
c.  Bahan-bahan tertulis: bahan ini dapat berupa bahan teks ditulis secara khusus untuk dengan proses belajar jarak jauh, misalnya lembar kerja yang berisikan tugas-tugas dan latihan-latihan, dimana peserta didik dapat mengerjakannya dengan tingkat kecepatan yang ditentukannya sendiri.
Dari metode-metode pembelajaran pesentren kilat di atas, misalnya kita menggunakan program video sebagai bahan belajar siswa.
Di bawah ini ada contoh video yang bisa digunakan untuk materi pembelajaran pesantren kilat untuk materi ibadah, yakni ibadah shalat. Pada video ini siswa diminta untuk mencari kesalahan gerakan atau sikap shalat. Kemudian dibuat dalam bentuk laporan dalil yang menyatakan gerakan/sikap tersebut adalah salah.
Video 1
 Link Video di You Tube : https://youtu.be/44dOrxxe-L8
Video 2
Link Video di You Tube : https://youtu.be/zpXgzwF5hww
Video 3
Link Video di You Tube : https://youtu.be/8KP1sQ52w38

0 comments:

Posting Komentar