Selasa, 28 Maret 2017

Instrumen Akreditasi Sekolah Terbaru Tahun 2017

Oleh:
Adi Saputra, M.Pd
Tulisan berisikan uraian singkat perbedaan istrumen atau perangkat akreditasi sekolah yang lama dengan instrumen atau perangkat yang baru. Instrumen atau perangkat yang dibahas contohnya untuk instrumen atau perangkat akreditasi untuk SMA/MA, namun pada akhir tulisan ini dilengkapi juga instrumen atau perangkat akreditasi untuk SD/MI, SMP/MTs, SMK/MK, dan SMALB. Instrumen akreditasi yang baru berbeda dengan instrument akreditasi yang lama terutama dalam hal kriteria nilai yang semakin tinggi. Pertama perbedaanya dalam hal jumlah pernyataannya instrument yang lama untuk SMA/MA terdiri 165 pernyataan sedangkan yang baru 129 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. Jumlah Butir dan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SMA/MA yang baru untuk masing-masing standar seperti ditunjukkan pada Tabel berikut.
Perbedaan kedua adalah kriteria akreditasinya untuk yang lama Sekolah/Madrasah dinyatakan terakreditasi jika Nilai Akhir kumulatif untuk seluruh komponen akreditasi sekurang-kurangnya 56, dengan ketentuan tidak lebih dari 2(dua) standar yang memperoleh nilai akreditasi komponen (skala ratusan) kurang dari 56, tetapi tidak boleh kurang dari 40. Sedangkan yang baru Sekolah/madrasah dinyatakan terakreditasi apabila:
1. Memperoleh Nilai Akhir Hasil Akreditasi sekurang-kurangnya 71.
2. Memperoleh Nilai Komponen Standar Sarana dan Prasarana tidak kurang dari 61.
3. Tidak ada nilai komponen standar di bawah 50.
Sekolah/madrasah dinyatakan tidak terakreditasi jika sekolah/madrasah tidak memenuhi kriteria di atas. Perbedaan ketiga adalah kriteria pemeringkatan hasil akreditasi, seperti pada tabel dibawah ini.

1 komentar:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus