Senin, 29 Agustus 2016

Kumpulan Perangkat Kurikulum 2013 (Pemetaan KI-KD, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, dan RPP) Kelas X, XI, XII SMA

Di bawah ini terdapat kumpulan perangkat dari berbagai mata pelajaran yang berisikan pemetaan KI-KD, program tahunan, program semester, silabus, dan RPP. Bagi teman-teman yang bahannya terdapat dalam kumpulan perangkat ini mohon izin untuk men-share-nya. Bahan ini bisa dijadikan bahan dasar untuk pengembangan perangkat sesuai dengan aturan yang terbaru. Mudah-mudahan bermanfaat. Maju Bersama, Hebat Semua!

Umum A
1. Pendidikan Agama Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris

Umum B
1. Seni Budaya
3. Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
3. Prakarya dan Kewirausahaan

Peminatan MIPA
1. Matematika
2. Biologi
3. Fisika
4. Kimia

Peminatan IPS
1. Geografi
2. Sejarah
3. Sosiologi
4. Ekonomi

Peminatan Bahasa dan Budaya
1. Bahasa dan Sastra Indonesia
2. Bahasa dan Sastra Inggris
3. Bahasa Asing Lainnya ( Jerman, Perancis, Jepang, Arab, Korea, Mandarin)
4. Antropologi

Sabtu, 27 Agustus 2016

200 Sumber Pembelajaran Gratis untuk Siswa, Orang tua, dan Guru

Tulisan ini menyediakan bahan atau sumber pembelajaran yang bebas untuk diunduh mulai dari bahan atau sumber untuk siswa dari taman kanak-kanak sampai SMA, untuk orang tua, dan guru. Bahan atau sumber ini dapat berupa video, materi pembelajaran/tutorial, aplikasi, buku audio, buku/teksbook, saluran youtube, pembelajaran bahasa asing, materi untuk tes, dan sumber website bebas lainnya.

Buku
1.      Free Audio Books
Koleksi dari website ini lebih dari 450 buku audio termasuk buku anak-anak cerita klasik.The Wizard of Oz, Grimm’s Fairy Tales, The Adventures of Huckleberry Finn and Mark Twain, The Chronicles of Narnia by C.S. Lewis, The Swiss Family Robinson, Gulliver’s Travels, Anne of Green Gables, Aesop’s Fables, The Wizard of Oz series, dan yang lainnya. Anda dapat mengunduh langsung ke computer anda.
2.      Free eBooks:
Koleksi dalam website ini termasuk banyak format buku cerita klasik untuk anak-anak. Anda bias mendownload melalui Kindle, iPad, Nook atau komputer. Video tutorial juga terdapat dalam website ini.

3.      Bartleby.com:
Website ini memberi kita akses untuk mendapatkan bahan klasik secara online yang dapat berupa referensi, literature, dan bahan non fiksi termasuk Strunk & White’s Elements of StyleThe World FactbookThe Oxford Shakespeare, dan The King James Bible.

4.      Calibre:
Website ini memiliki koleksi ebook yang gratis dan juga aplikasi untuk perpustakaan digital, merubah format buku ke format lain, dan menyediakan akses online untuk mendapatkan buku ebook gratis lainnya.

5.      CK-12:
Website ini menyediakan buku teks untuk siswa SMA dari berbagai negara. Bahan-bahannya dengan kualitas yang baik untuk mata pelajaran sains, teknologi, teknik, dan matematika.

6.      ePubBud:
Bahan-bahan disini dapat dipakai untuk buku anak-anak dengan format yang bias digunakan untuk iPad, Nook, Kindle dan yang lainnya.

Website ini menyediakan buku atau ebook yang berkualitas tinggi dari berbagai Negara dengan bahasa yang beraneka ragam seperti bahasa arab, afrika, inggris, Persia, dan lain-lain. Buku untuk anak umur 3-56-9, dan 10-13. Mulai mencari  disini.

8.      Librivox:
Website ini termasuk yang favorit, Librivox menyediakan buku audio gratis dari berbagai domain umum. Anda akan menemukan lebih dari 5000 buku disini di dalam katalog mereka.
9.      OER Commons: 
Temukan koleksi terbaru dari buku gratis dan dapat dipisahkan berdasarkan jenisnya dan tingkatnya.

Website ini merupakan induk dari  semua website ebook gratis dengan lebih dari 40000 buku dan dapat diakses melalui Kindle, Android, iPad, and iPhone.

President Harvard yang berpengaruh, Charles W. Eliot, berkata jika anda membaca secara terus menerus 15 menit setiap hari buku yang baik maka anda akan memberikan dampak pendidikan liberal yang tepat. Dia mempublikasikan 51 seri yang sekarang dikenal sebagai The Harvard Classics, dan anda bias membacanya secara online. Sebaiknya bacaan ini untuk siswa tingkat atas.

Website ini menyediakan koleksi buku baru gratis. Buku ini terdapat dari buku sejarah sampai biologi, matematika, fisika, dan psikologi.

Pusat Fisika, merupakan website dari organisasi fisikawan amerika ( suatu organisasi yang beranggotakan 48000 fisikawan). Mereka telah mendesain buku komik untuk anak-anak agar menyukai fisika. Misalnya komik yang dikenal dengan  Nikola Tesla and the Electric Fair yang bebas secara online.

Selasa, 16 Agustus 2016

KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013

Oleh:
Adi Saputra, M.Pd
Tulisan ini bermaksud untuk meluruskan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di sekolah berdasarkan aturan-aturan yang terdapat dalam kurikulum 2013. Tulisan ini juga dilengkapi pada bagian bawah dengan naskah pedoman pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan, bahan presentasi, dan permendikbud yang mengatur kegiatan ini yang dapat Anda download. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat. Maju Bersama, Hebat Semua!
Pendahuluan
Tahun ini merupakan merupakan tahun ke-empat implementasi kurikulum 2013. Namun masih banyak kendala dalam pelaksanaannya secara utuh walau pun aturannya sudah dibuat. Salah satunya adalah kegiatan kepramukaan, realitanya sekarang pelaksanaan pendidikan kepramukaan di sekolah-sekolah masih jauh dari aturan yang terdapat dalam permendikbud Nomor 63 tahun 2014 tentang kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaannya masih seperti kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu), acara api unggun, bikin tandu atau tali temali, belajar sandi morse atau bendera semaphore serta baris berbaris. Sedangkan pelatih atau pembinanya biasanya adalah para peserta didik senior atau pembina dari gugus depan. Pada hal kegiatan-kegiatan ini malah tidak wajib untuk peserta didik ikuti dan ini merupakan kegiatan yang hanya sekali dilaksanakan atau hanya pilihan sifatnya.
Selanjutnya juga ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan ini dalam kurikulum 2013 merupakan salah satu syarat untuk naik kelas. Peserta didik harus mempunyai minimal baik untuk ekstrakurikuler ini. Tetapi juga menjadi suatu yang  sulit untuk dipahami dari mana para pembina pramuka memberikan nilai minimal baik sehingga peserta didik bisa naik kelas. Pada hal yang dilaksanakan selama ini masih belum sesuai dengan aturan yang ada. Hal ini juga sering penulis alami dalam rangka memberikan pelatihan tentang kurikulum 2013, para pembina pramuka di sekolah-sekolah masih mempunyai pandangan yang berbeda.
Pada Kurikulum 2013, pendidikan Kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Kegiatan ekstrakurikuler adalah program pendidikan yang alokasi waktunya tidak ditetapkan dalam kurikulum dan dilaksanakan dengan tujuan agar  peserta  didik  dapat mengembangkan  kepribadian,  minat,  dan  kemampuannya  di berbagai bidang di luar bidang akademik. Melalui kegiatan ekstrakurikuler tersebut peserta didik dapat belajar dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain serta menemukan dan mengembangkan potensinya. Pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat relevan sebagai wadah penanaman nilai karakter. Nilai karakter yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kepramukaan adalah sebagai berikut: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 
Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kegiatan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib ayat 1 huruf a dan pasal 2 ayat 2 kegiatan ekstrakurikuler wajib diartikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik terkecuali peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk mengikutinya. Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib merupakan proses pembelajaran yang memadukan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Hal ini didasarkan pada dua alasan yaitu: Pertama, Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.  Kedua, pendidikan Kepramukaan mengajarkan banyak nilai-nilai, mulai dari nilai-nilai Ketuhanan, kebudayaan,  kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian. Dari sisi legalitas pendidikan Kepramukaan merupakan imperatif yang bersifat nasional, sebagaimana tertuang dalam Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan
Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib di satuan pendidikan, sejalan dan relevan dengan amanat Sistem Pendidikan Nasional dan secara programatik, pendidikan kepramukan diorganisasikan dalam 3 ( tiga ) model  sebagai berikut: 
  1. Model Blok, merupakan kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberikan penilaian secara umum; 
  2. Model Aktualisasi, sebagaimana merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal;  
  3. Model Reguler, merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus Depan.
Kalau kita hubungkan dengan kegiatan kepramukaan sekarang yang masih banyak dilaksanakan di sekolah-sekolah, maka kegiatan-kegiatan tersebut termasuk dalam kegiatan pada model 1 (blok) dan model 3 (regular). Sedangkan untuk model ke-2 (aktualisasi diri) malah belum dilaksanakan pada kegiatan dalam model ini wajib untuk dilaksanakan.